Sistem Komputer dan Komponen Sistem Komputer


a.  Sistem Komputer

Sistem Komputer adalah kumpulan perangkat-perangkat komputer yang saling berhubungan  dan  berinteraksi  satu  sama  lain  untuk  melakukan  proses pengolahan data, sehingga dapat menghasilkan informasi yang diharapkan oleh penggunanya. Perangkat yang terdapat pada sistem komputer yakni: hardware, software dan brainware. Saat beroperasinya perangkat-perangkat komputer tersebut akan bekerja dan saling mendukung satu sama lain. Hardware tidak akan berfungsi tanpa adanya software dan juga sebaliknya, dan keduanya tidak akan bermanfaat untuk menghasilkan informasi jika tidak ada brainware atau orang yang mengoperasikan dan memberikan perintah. Jadi dapat dikatakan bahwa komputer bukan sebagai sebuah alat saja tapi juga merupakan sebuah system.


Gambar  Sistem Komputer dan perangkatnya

b.  Komponen Sistem Komputer

1)   Perangkat Keras (Hardware)

Hardware merupakan perangkat komputer yang memiliki wujud fisik, jadi perangkat ini dapat disentuh. Perangkat keras seperti: motherboard, processor, harddisk, memory, keyboard, mouse, monitor, dan power supply. hardware pada umumnya dibagi menjadi empat bagian, yakni:

a)  Input Device

Merupakan perangkat pada hardware komputer yang fungsinya sebagai alat  untuk  memasukkan data-data atau  perintah pada computer, seperti: Keyboard, mouse, web cam, scanner dan lain- lain. Beberapa contoh perangkat input ditunjukkan pada Gambar berikut
Contoh Perangkat Input Komputer

b)  Output Device

Merupakan perangkat pada komputer yang fungsinya untuk menampilkan hasil pemerosesan data-data. Misalnya seperti monitor, printer, projektor dan lain-lain. Berikut ini pada gambar perangkat output.
Beberapa Perangkat Output Komputer

c)  Processing Device

Merupakan perangkat pada hardware komputer yang fungsinya sebagai pusat  pengolahan data.  Perangkat ini  kadang disebut sebagai otak komputer atau disebut sebagai CPU (Central Processing Unit). Processing Device akan melakukan komunikasi dengan perangkat input, output dan storage untuk melaksanakan perintah-perintah   yang   dimasukkan. Menurut   Hisham   (2018), Process Device terdiri dari CPU, Memori, Motherboard, Power Supply, dan VGA. Foto beberapa Processing Device ditunjukkan

pada Gambar berikut.

Foto Beberapa Perangkat Pemrosesan Data


d)  Storage Device (Perangkat penyimpanan)

CPU juga dilengkapi dengan alat penyimpanan data. Terdapat alat penyimpanan    data    dengan    kapasitas    yang    lebih    besar sebagai perangkat penyimpanan utamanya berupa harddisk. Jadi kita dapat menyimpan dan menghapus data sesuai dengan keinginan pengguna. Seiring berkembangnya teknologi computer, media storage device berkembang pula dengan sangat pesat, baik kapasitas maupun bentuknya. Pada computer, storage device dibagi menjadi dua bagian, yaitu penyimpanan internal dan eksternal.

Internal storage berupa harddisk, memiliki kapasitas yang lebih besar karena digunakan sebagai media penyimpanan utama pada computer. Sementara untuk perangkat penyimpanan sementara saat melakukan proses pengolahan data, yaitu RAM (Random Access Memory). Lalu  External Storage yaitu perangkat keras untuk melakukan penulisan, pembacaan, dan penyimpanan data di luar dari perangkat penyimpanan utama. Perangkat   External Storage seperti harddisk external, DVD, flashdisk dan lain-lain. Berikut   ditunjukkan  pada   Gambar   foto   beberapa  perangkat
penyimpanan.

2)   Perangkat Lunak (Software)

Perangkat lunak sering disebut set program atau instruksi yang digunakan dengan perangkat keras,  mengenai proses yang  akan dilakukan untuk berkomunikasi. Software dapat diartikan juga sebagai suatu kumpulan data elektronik yang tersimpan dan diatur oleh komputer, bisa berupa program ataupun koneksi untuk menjalankan berbagai macam instruksi perintah untuk mengontrol perangkat keras. Software dibedakan menjadi beberapa macam, yakni: sistem operasi, program aplikasi, program tambahan, dan bahasa pemrogmanan. 

a)   Sistem Operasi

Sistem Operasi komputer merupakan program dasar pada komputer yang umumnya berfungsi untuk menghubungkan pengguna dengan hardware. Dapat dikatakan juga sistem operasi yaitu perangkat lunak yang bertugas untuk melakukan kontrol dan memanajemen perangkat keras dan operasi-operasi yang dilakukan pada sistem, termasuk juga menjalankan aplikasi- aplikasi yang dapat melakukan pengolahan data. Contoh sistem operasi komputer misalnya seperti Microsoft Windows, Linux, Mac OS, dan lain-lain.

b)   Program Aplikasi

Program aplikasi merupakan perangkat lunak yang siap untuk dipakai. Program aplikasi digunakan untuk membantu pekerjaan pengguna komputer dalam mengolah berbagai macam data. Pada sebuah komputer perangkat lunak ini sering disiapkan sesuai dengan selera dan kebutuhan penggunanya. Misalnya seperti Microsoft Excel, Microsoft Word, Microsoft Access, Photo Shop, Chrome, Mozilla dan lain-lain.

c)   Program Tambahan

Merupakan perangkat lunak yang fungsinya untuk menjalankan tugas-tugas tambahan, disebut juga sebagai program dukungan dan memiliki fungsi tertentu. Misalnya seperti program yang disediakan oleh sistem operasi seperti Data recovery, Disk Defragmenter, Sceensever, Backup, dan lain-lain.

d)   Bahasa Pemrograman

Merupakan bahasa yang dapat digunakan pengguna komputer untuk  berkomunikasi dengan  komputer,  dapat  dikatakan  juga sebagai standar bahasa instruksi untuk berkomunikasi dan memberikan perintah pada komputer. Beberapa contoh bahasa pemerograman diantaranya seperti PHP, Java, Python, C, Perl dan lain-lain. 

3)   Pengguna (Brainware)


Brainware yaitu orang yang menjalankan atau mengoperasikan komputer. Brainware sangat  penting karena  komputer tidak  dapat bermanfaat jika tidak dioperasikan oleh manusia. Jadi brainware merupakan setiap orang yang terlibat dalam kegiatan-kegiatan pemanfaatan komputer. Pengguna komputer umumnya dibagi kedalam

4  (empat) macam, anatara  lain:  programer, tenaga  analis  sistem, administrator, dan operator atau pemakai.

a)  Programer

Merupakan orang yang mempunyai keahlian menguasai banyak ataupun salah satu bahasa pemerograman, beberapa bahasa pemerograman yang sering digunakan misalnya seperti PHP, Java, Phyton, C dan lain-lain.

b)  Tenaga Analis Sistem

Merupakan orang yang memiliki tanggung jawab terhadap penelitian, perencanaan, penkoordinasian dan merekomendasikan pilihan software, hardware dan sistem yang sesuai dengan kebutuhan penggunanya (perorangan, organisasi dan perusahaan). Seorang sistem analis perlu memiliki 4 (empat) keahlian seperti analisis, teknis, manajerial dan cara berkomunikasi dengan orang lain atau interpersonal.

c)  Administrator

Merupakan orang yang tugasnya mengelola suatu sistem operasi dan juga beberapa program yang sedang berjalan pada sistem komputer.

d)  Operator

Merupakan orang yang memanfaatkan sistem komputer yang telah ada atau dia hanya menggunakan aplikasi-aplikasi tertentu saja untuk mengolah data.


source: modul 1 pembelajaran pppk informatika kemdikbud

Baca Juga

Bagikan Artikel



Komentar