Tahapan dan Teknik Konseling Berorientasi Perilaku


 

Tahapan dan Teknik Konseling Berorientasi Behavior

Tahapan Konseling Berorientasi Perilaku

Konseling Rational Emotive Behavior dilakukan dengan menggunakan prosedur yang bervariasi dan sistematis yang secara khusus dimaksudkan untuk mengubah tingkah  laku dalam  batas-  batas  tujuan  yang  disusun  secara  bersama  oleh konselor dan konseli. Proses Konseling Rational Emotive Behavior memiliki karakteristik tahapan atau prosedur yang dielaborasi dari prosedur yang dikemukakan oleh Hansen (1982) dan Seligman (2006) adalah: 

(1)Pembinaan hubungan konseling.

Pada tahap ini, konselor menciptakan suasana kondusif bagi konseling  yang ditandai adanya penerimaan, pemahaman, dan ketulusan sehingga timbul rasa percaya konseli kepada konselor

(2) Tahap pengelolaan pemikiran dan cara pandang.

Tahap ini konselor memiliki empat hal yang perlu dilakukan, meliputi:

(a) Mengidentifikasi, menerangkan dan menunjukkan masalah (dalam sudut pandang teori A-B-C) yang dialami oleh konseli seiring dengan adanya keyakinan irasional dalam dirinya.
(b) Mengajarkan dan memberikan informasi mengenai masalah yang dialaminya dilihat dari peranan keyakinan (Belief) baik rasional maupun irasional dan bagaimana peranan peristiwa pemicu (A/activating event) maupun dampak yang mengikutinya (C/consequence) dalam masalah konseli 
(c) Mendiskusikan  dan   menetapkan  tujuan  konseling  bersama konseli (apa yang ingin dicapai atau diupayakan teratasi dalam proses konseling).
(d) Menerapkan berbagai teknik untuk mendebat atau menentang (dispute) keyakinan-keyakinan irasional dalam diri konseli antara lain dengan menerapkan teknik konfrontasi, merekstrukturisasi pola berpikir (kognitif), menghentikan cara berpikir irasional (thought stopping), dan lain sebagainya.

(3) Tahap Pengelolaan emosi atau afektif

Pada tahap ini konselor melanjutkan tahap sebelumnya terkait dengan pengelolaan pemikiran. Dalam hal ini konselor memusatkan perhatiannya pada proses pengelolaan emosi atau afeksi konseli sebagai kondisi yang mendukung kemantapan proses perubahan pemikiran atau keyakinan irasional (irrational belief) ke arah keyakinan yang lebih adaptif atau rasional (rational belief). Ada tiga hal yang perlu dilakukan oleh konselor dalam mengaplikasikan tahap ini, yaitu:

a) Konselor meminta persetujuan konseli atas arah perubahan- perubahan kecil atau sederhana yang mungkin telah terjadi pada dirinya.
b) Konselor berupaya untuk memfasilitasi dan memelihara suasana proses konseling agar tetap kondusif bagi terjadi perubahan emosi yang mendukung perubahan pemikiran. Hal ini dapat dilakukan antara lain dengan menerapkan teknik humor, teknik metafora, dan lain sebagainya.
c)  Selain itu, konselor juga dapat menerapkan teknik-teknik relaksasi atau meditasi agar mengurangi ketegangan fisik maupun psikis sebagai dampak dari pemikiran irasional dalam masalah yang dihadapi konseli.

(4) Tahap pengelolaan tingkah laku

Sebelum masuk pada tahap pengelolaan tingkah laku, maka konselor  konselor  perlu  mengamati  lebih  lanjut  kondisi  konseli 
apabila ia telah menampakkan isyarat terkait dengan (1) persetujuan konseli atas perubahan yang dikehendaki dalam proses konseling, (2) adanya perubahan- perubahan pemikiran/kognitif maupun afektif meskipun kecil dan (3) adanya perubahan sikap emosional yang mengarah pada perubahan perilaku, dengan demikian konselor mengajak konseli masuk pada tahap pengelolaan tingkah laku. Pada tahap ini konselor melakukan beberapa hal, yaitu:

a) Menganjurkan konseli untuk bertindak dan memberikan balikan atas apa yang akan dilakukan sebagai konsekuensi pemecahan masalahnya
b) Menunjukkan contoh tingkah laku yang adaptif, cocok, dan pantas antara lain menerapkan teknik modeling, latihan asertif, dan sebagainya
c) Mengajak  dan  memandu  konseli  untuk  merumuskan kalimat- kalimat rasional sebagai wicara diri (self-talk atau self-instruction) agar konseli lebih memantapkan diri secara personal dengan “membisikkan pada dirinya sendiri

atau memerintahkan pada dirinya sendiri” untuk melakukan hal- hal yang lebih adaptif dan rasional.

Teknik Konseling Berorientasi Perilaku


Teknik konseling dengan pendekatan Rational Emotive Behavior (REB) dapat dikategorikan menjadi tiga kelompok, yaitu: teknik kognitif, teknik emotif, dan teknik behavior (tingkah laku).

(1)   Teknik Kognitif


Praktisi REBT biasanya menggabungkan metodologi kognitif yang kuat dalam proses konseling. Mereka menunjukkan kepada konseli secara  cepat  dan langsung tentang apa yang diketahui oleh diri mereka sendiri. Kemudian diajarkan bagaimana menangani pernyataan tentang diri sehingga mereka tidak lagi mempercayainya, mendorong untuk  memperoleh filsafat  didasarkan  pada  realitas. Konseling     REB     menaruh     kepercayaan     pada     pemikiran, mempertanyakan, memperdebatkan, menantang, menafsirkan, menjelaskan, dan  mengajarkan. Berikut  adalah  beberapa  teknik kognitif tersedia untuk konselor.

(a) Mempertanyakan keyakinan irasional

Metode kognitif yang paling umum dari konseling REB terdiri dari aktivitas konselor dalam mempertanyakan keyakinan irasional konseli dan mengajarkan bagaimana cara menantangnya tanpa bantuan orang lain. Berikut adalah beberapa contoh pertanyaan atau pernyataan konseli belajar untuk memberitahu diri mereka sendiri:  "Mengapa orang  harus  memperlakukan saya  dengan adil?"

(b) Pekerjaan rumah kognitif

Konseli pada konseling REB diharapkan untuk membuat daftar masalah mereka, mencari keyakinan mutlak, dan mempertanyakan keyakinan ini. Pekerjaan rumah adalah cara melacak "seharusnya" dan "keharusan" yang merupakan bagian dari pesan diri yang internalisasi. Sebagai contoh, konseli dengan bakat akting yang takut berakting didepan penonton karena takut gagal. Konseli diinstruksikan untuk menggantikan  "Saya akan terlihat bodoh,

" atau "Tidak ada yang akan menyukai saya" menjadi pesan yang lebih positif seperti "Saya bisa berakting”. Saya akan melakukan yang terbaik yang saya bisa. Konseli didorong untuk melaksanakan tugas tertentu selama konseling dan khususnya dalam keseharian. Dengan cara ini konseli secara bertahap belajar untuk mengatasi kecemasan dan menantang pemikiran irasional dasar. Konselor mendengarkan dan mengevaluasi rekaman sesi  konseling mereka sendiri. Membuat perubahan butuh kerja keras, dan melakukan pekerjaan di luar sesi adalah nilai nyata dalam merevisi pemikiran konseli, perasaan, dan perilaku. 

(c) Mengubah gaya berbahasa seseorang

Konseling REB berpendapat  bahwa bahasa  yang  tidak  tepat adalah salah satu penyebab dari kesalahan proses berpikir seseorang. Konseli belajar bahwa "harus," "seharusnya," dan "harus" dapat digantikan. "Ini akan benar-benar mengerikan jika...,” Mereka belajar untuk mengatakan" Ini akan nyaman jika ”

(d) Metode Pendidikan Psikologi

REB dan  sebagian besar program konseling perilaku kognitif lainnya  memperkenalkan konseli  dalam  berbagai  pendidikan. Konselor mendidik konseli tentang sifat mereka dan bagaimana pengobatan lanjutan. Konseli dimungkinkan bekerja sama dengan program pengobatan jika mereka memahami bagaimana proses konseling bekerja dan jika mereka memahami teknik tertentu yang digunakan (Ledley, Marx, & Heimberg, 2005).

(2) Teknik Emotif


Konseli diajarkan tentang nilai dari penerimaan tanpa syarat. Meskipun perilaku mereka mungkin sulit untuk diterima, mereka dapat memutuskan untuk melihat diri mereka sebagai orang yang berguna. Teknik konseling yang emotif dan evokatif:

(a) Imajinasi rasional emotif

Teknik ini merupakan bentuk latihan mental yang intens yang dirancang untuk membangun pola emosi baru (lihat Ellis, 2001a,
2001b). Konseli membayangkan diri berpikir, merasakan, dan berperilaku tepat seperti yang mereka inginkan dalam berpikir, merasakan, dan berperilaku dalam kehidupan nyata (Maultsby,
1984). Ellis  (2001a, 2008) menyatakan bahwa jika  kita  terus mempraktikan imajinasi rasional emotif beberapa kali dalam seminggu selama beberapa minggu, kita bisa mencapai titik dimana kita tidak lagi merasa marah atas peristiwa negatif. 

(b) Penggunaan kekuatan dan ketegaran

Ellis telah menyarankan penggunaan kekuatan dan energi sebagai cara untuk membantu konseli beranjak dari pemahaman intelektual ke emosional. Konseli juga ditunjukkan bagaimana cara menggunakan dialog yang kuat dengan diri mereka sendiri dimana mereka mengungkapkan keyakinan irasional dan kemudian mempertanyakannya. Konseli akan melakukan hal-hal baru dan sulit, dan dengan cara ini mereka menempatkan wawasan mereka untuk menggunakan dalam bentuk tindakan nyata. Dengan bertindak secara berbeda, mereka juga cenderung untuk menggabungkan keyakinan fungsional.

(c) Kartu kontrol emosional

Merupakan alat yang dapat membantu konseli menguatkan dan memperluas praktik konsleing rational emotive behavior (REB). Biasanya digunakan untuk memperkuat proses belajar, secara lebih  khusus perasaan marah (anger), kritik  diri,  kecemasan, depresi. Teknik ini berisi dua kategori perasaan yang pararel, yaitu perasaan yang seharusnya atau yang merusak diri dan perasan yang sesuai atau tidak merusak diri.

(d) Proyeksi waktu

Meminta konseli untuk menvisualisasikan kejadian yang tidak menyenangkan ketika kejadian itu terjadi, setelah itu membayangkan 

seminggu kemudian, sebulan kemudian, setahun kemudian, dst. Bagaimana konseli merasakan perbedaan tiap waktu yang dibayangkan. Konseli dapat melihat bahwa hidup berjalan terus dan membutuhkan penyesuaian.

(e) Teknik melebih-lebihkan

Meminta konseli membayangkan kejadian yang menyakitkan atau kejadian yang menakutkan, kemudian melebih-lebihkannya sampai pada taraf yang paling tinggi. Hal ini bertujuan agar konseli dapat mengontrol ketakutannya.

(3) Teknik Behavior


(a) Teknik Reinforcement

Teknik yang digunakan untuk mendorong konseli ke arah perilaku yang lebih rasional dan logis dengan jalan memberikan pujian verbal (reward) ataupun punishment. Bila perilaku konseli mengalami kemajuan dalam arti positif, maka ia dipuji “baik”, bila mundur dalam arti negatif, maka dikatakan “tidak baik”. Teknik ini dimaksudkan untuk membongkar sistem nilai yang positif.

(b) Teknik Social modeling

Teknik yang digunakan untuk membentuk perilaku-perilaku baru pada konseli. Teknik ini dilakuakan agar konseli dapat hidup dalam suatu model sosial yang diharapkan dengan cara mengimitasi, mengobservani dan menyesuaikan dirinya dengan social model yang dibuat itu. Dalam teknik, konselor mencoba mengamati bagaimana proses konseli mempersepsi, menyesuaikan dirinya dan menginternalisasikan norma- norma dalam sistem model sosial dengan masalah tertentu yang telah disiapkan konselor. Model-model dalam social model, antara lain: 

1.  Live models

Digunakan untuk menggambarkan perilaku-perilaku tertentu, khususnya situasi-situasi interpersonal yang kompleks dalam bentuk percakapan sosial, interaksi dengan orang tua, orang dewasa, guru, atau dengan teman-teman sekelompoknya. Dalam live models ini,

konseli dilatih untuk mengidentifikasikan dirinya dengan orang- orang tertentu yang menjadi model untuk kehidupan dan perilakunya.

2.  Filmed models

Suatu model perilaku yang difilmkan, sehingga konseli dapat mengimentasiken dan  mengidentifikasikan dirinya dengan model perilaku yang dimunculkan dalam film.

3.  Audio tape recorde models

Digunakan dengan maksud agar konseli dapat mempelajari tingkah laku baru dengan melihat dan mendengarkan orang lain menyatakan perilaku dalam situasi tertentu.

(c) Dispute tingkah laku (Behavioral Disputation)

Behavioral Disputation atau risk taking, yaitu memberi kesempatan kepada konseli untuk mengalami kejadian yang menyebabkanya berpikir irasional dan  melawan keyakinannya tersebut. Contoh, bila konseli memiliki keyakinan bahwa ia harus sempurna mengerjakan tugas, maka konseli diminta untuk mengerjakan tugas seadanya.

(d) Bermain peran (Role Playing)

Dengan bantuan konselor konseli melakukan role playing tingkah laku baru yang sesuai dengan keyakinan yang rasional.

(e) Peran rasional terbalik (Rational Role Revesal) 

Meminta konseli untuk memainkan peran yang memiliki keyakinan rasional sementara konselor memainkan peran konseli yang irasional. Konseli melawan keyakinan irasional konselor dengan keyakinan rasional yang diverbalisasikan.

(f) Pengalaman langsung (Exposure)

Konseli secara sengaja memasuki situasi yang menakutkan. Proses ini dilakuakan melalui perencanaan dan penerapan keterampilan mengatasi masalah (coping skills).

(g) Latihan menyerang rasa malu

Melakukan konfrontasi terhadap ketakutan untuk malu dengan secara sengaja bertingkah laku yang memalukan dan mengundang ketidaksetujuan lingkungan sekitar. Dalam hal ini konseli diajarkan mengelola dan mengatisipasi perasaan malunya. Ellis (1999b, 2000, 2001a, 2001b) mengembangkan latihan untuk membantu orang mengurangi rasa malu atas perilaku tertentu. Titik utama dari latihan ini, yang biasanya melibatkan komponen baik emosi dan perilaku adalah bahwa konseli bekerja merasa malu bahkan ketika orang lain jelas tidak menyetujui mereka. Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan penerimaan diri dan tanggung jawab yang matang, serta membantu konseli melihat bahwa banyak dari yang mereka anggap sebagai yang memalukan harus dilakukan dengan cara mendefinisikan realitas untuk diri mereka sendiri.

(h) Teknik Imitasi

Teknik yang digunakan dimana konseli diminta untuk menirukan secara terus menerus suatu model perilaku tertentu dengan maksud melawan perilakunya sendiri yang negatif. 




Daftar Pustaka

Isrofin, Binti. 2019. Modul 1 Asesmen Kebutuhan Peserta Didik dan Sekolah. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sunawan, Ph.D. 2019. Modul 2 Materi Bidang Layanan Bimbingan dan Konseling. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sugiyo ; Amin Nurul Z. 2019. Modul 3 Perencanaan dan Evaluasi Layanan Bimbingan dan Konseling Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Nugraheni Prafitra E. Modul 5 Strategi Layanan Responsif. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Nugraheni  Prafitra  E.  Modul  5  Strategi  Layanan  Responsif.  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Baca Juga

Bagikan Artikel



Komentar