Teori Permintaan : Pengertian, Faktor, Jenis, Fungsi Dan elastisitas permintaan


Pengertian Teori Permintaan 

Permintaan  dan  penawaran  dalam  ilmu  ekonomi  merupakan  suatu penggambaran atas hubungan-hubungan di pasar, antara para calon pembeli dan penjual terhadap suatu barang. Permintaan adalah jumlah barang dan jasa tertentu  yang diminta  (dibeli)  pada berbagai  kemungkinan  tingkat harga  dan dalam waktu tertentu. Permintaan tercipta apabila pembeli memiliki keinginan untuk membeli barang dan jasa yang disertai oleh kemampuan untuk membayarnya.

Teori permintaan adalah teori yang menjelaskan sifat hubungan antara jumlah barang yang diminta/dibeli oleh masyarakat dengan berbagai faktor yang mempengaruhinya. Permintaan seseorang atau sebuah masyarakat dipengaruhi oleh berbagai macam faktor. Sebagai contoh, ketika seseorang hendak membeli sebuah rumah, disamping harga rumah, ia biasanya akan mempertimbangkan lingkungan sosial di mana rumah tersebut berada, jarak rumah tersebut dari tempat-tempat pelayanan masyarakat seperti: angkutan umum, supermarket, sekolah, pasar dan sebagainya, fasilitas umum di sekitar rumah tersebut. 

Faktor  Yang Mempengaruhi Permintaan

Secara umum,  para  ekonom  telah  menentukan  beberapa  faktor  terpenting  yang biasanya mempengaruhi permintaan suatu masyarakat atas suatu barang atau jasa. Faktor-faktor tersebut adalah:

•  Harga barang/jasa itu sendiri.

•  Harga barang lain.

•  Pendapatan masyarakat.

•  Distribusi Pendapatan

•  Cita rasa masyarakat.

•  Ramalan mengenai keadaan di masa yang akan datang.

Jika ditulis dalam sebuah fungsi, maka jumlah barang yang diminta merupakan fungsi dari keseluruhan faktor tersebut diatas dan akan terlihat seperti dibawah ini:

Namun sangat sulit untuk menganalisis pengaruh faktor-faktor diatas secara sekaligus dalam menentukan permintaan terhadap barang/jasa . Oleh karena itu dalam teori permintaan, para ekonom biasanya membuat analisis yang  lebih sederhana, yaitu jumlah permintaan atas barang/jasa dipengaruhi oleh harga dari barang/jasa  tersebut,  dan  mengasumsikan  faktor-faktor  lain  tidak  berubah (ceteris paribus).

Qd=f(p)

Pengaruh dari faktor-faktor lain tersebut kemudian dianalisis dengan mengasumsikan bahwa harga tidak berubah, misalnya bagaimana perubahan pendapatan  masyarakat  akan  merubah  (menambah/mengurangi)  permintaan atas suatu barang,. 

1. Harga Barang/Jasa itu Sendiri.

Harga barang/jasa dianggap sebagai faktor terpenting dalam menentukan jumlah permintaan terhadap barang/jasa. Oleh karena itu  dalam  Hukum  Permintaan yang  dibahas  adalah  hubungan  antara  jumlah  barang  yang  diminta  dengan harga barang tersebut. Hukum Permintaan menyatakan “semakin tinggi harga suatu barang, semakin sedikit permintaan terhadap barang tersebut. Sebaliknya, semakin  rendah  harga  suatu  barang,  semakin  banyak  permintaan  terhadap barang tersebut,  ceteris paribus”. Dengan demikian  terdapat hubungan  yang berbanding terbalik antara harga dan jumlah barang yang diminta. Jika digambarkan dalam sebuah kurva pada sumbu X dan Y, permintaan akan menurun dari kiri atas ke kanan bawah seperti gambar dibawah ini:
Gambar   Kurva Permintaan
Gambar   Kurva Permintaan

Kurva permintaan adalah kurva yang menggambarkan sifat hubungan antara harga  suatu  barang dengan  jumlah barang tersebut  yang  diminta  oleh  para pembeli. Kurva permintaan dibuat berdasarkan sebuah daftar permintaan yaitu yang berupa sebuah tabel yang memberi gambaran dalam angka -angka tentang hubungan antara harga dengan jumlah barang yang diminta oleh masyarakat. Contoh daftar permintaan adalah untuk kurva diatas adalah seperti berikut: 
Tabel  Daftar Permintaan

Keadaan

Harga

Jumlah

1

6.000

100

2

5.000

130

3

4.000

190

4

3.000

280

5

2.000

400

6

1.000

600

Dalam menganalisis permintaan, perlu dibedakan antara istilah “PERMINTAAN” dan “JUMLAH BARANG YANG DIMINTA”. “Permintaan”/Demand (D) adalah keseluruhan dari kurva permintaan. Sedangkan “jumlah barang yang diminta”/Quantity Demanded (Qd) adalah banyaknya barang yang diminta pada suatu tingkat harga.

Sesuai  dengan  hukum  permintaan,  Harga  barang/jasa  akan  berpengaruh terhadap jumlah barang yang diminta (Qd) , sedangkan faktor-faktor selain harga akan berpengaruh terhadap kurva permintaan (D) secara keseluruhan. Dengan kata   lain,   perubahan   harga   menimbulkan   pergerakan   sepanjang   kurva permintaan, seperti diilustrasikan dengan gambar dibawah ini:
Gambar   Pergerakan (movement) sepanjang kurva permintaan


Gambar   Pergerakan (movement) sepanjang kurva permintaan

Sementara  perubahan faktor selain harga akan menggeser kurva permintaan ke kanan atau ke kiri, seperti gambar dibawah ini: 
Gambar   Pergeseran (shifting) kurva permintaan

Gambar   Pergeseran (shifting) kurva permintaan

2. Harga Barang/jasa Lain

Hubungan antara suatu barang/jasa dengan barang/jasa lain dapat dikategorikan menjadi 3: barang/jasa pengganti (substitute), barang/jasa pelengkap (complementer), dan barang netral. Suatu barang/jasa dikatakan sebagai barang/jasa pengganti jika ia dapat menggantikan fungsi barang/jasa yang digantikan.  Sebagai contoh adalah, jasa transportasi daring. Jasa transportasi Maxim dapat menggantikan fungsi-fungsi jasa transportasi Grab. Harga barang/jasa pengganti dapat mempengaruhi permintaan atas barang/jasa yang mempunyai fungsi yang sama. Karena itu, jika harga Maxim naik, permintaan terhadap Grab akan meningkat walaupun harganya tidak berubah. Sebaliknya, jika  harga  Maxim  turun,  maka  permintaan  terhadap  Grab  akan  menurun walaupun harganya tetap. Dalam contoh dibawah ini, saat harga Maxim naik dari P1 menjadi P2 jumlah Maxim yang diminta turun dari Q1 menjadi Q2. Hal ini menyebabkan kurva permintaan terhadap Grab bergeser ke kanan (jumlah Grab yang diminta meningkat), yaitu dari Q1 menjadi Q2, walaupun harga Grab tetap (P).

Gambar   Kurva permintaan Maxim dan Grab

Gambar   Kurva permintaan Maxim dan Grab

Barang/jasa pelengkap adalah barang/jasa yang dibutuhkan agar barang/jasa lain bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Contohnya, pulsa adalah barang pelengkap bagi  telepon genggam  atau sebaliknya. Jika  permintaan  terhadap telepon genggam meningkat, maka permintaan terhadap pulsa juga akan meningkat (kurva bergeser ke kanan). Sebaliknya, jika permintaan terhadap telepon genggam menurun, maka permintaan pulsa akan berkurang (kurva bergeser ke kiri). Barang netral adalah barang yang tidak mempengaruhi permintaan terhadap barang lain, contohnya adalah sepatu dan kopi, semakin tinggi harga sepatu tidak akan berpengaruh terhadap permintaan terhadap kopi.

3. Pendapatan Masyarakat

Pendapatan dari masyarakat merupakan salah satu faktor yang penting dalam menentukan jumlah permintaan terhadap suatu produk. Jika suatu barang adalah barang normal, umumnya kenaikan pendapatan masyarakat akan meningkatkan permintaan   terhadap   barang   tersebut.   Contohnya   adalah   laptop.   Jika pendapatan masyarakat meningkat, permintaan terhadap laptop akan meningkat (kurva bergeser ke kanan) meskipun harga laptop tidak berubah. Namun, jika jenis barang adalah barang inferior, peningkatan pendapatan masyarakat cenderung akan menyebabkan penurunan permintaan terhadap barang tersebut. Kompor minyak tanah adalah barang inferior jika dibandingkan dengan kompor gas, sehingga  saat pendapatan masyarakat meningkat, permintaan  terhadap kompor minyak tanah akan turun.

4. Distribusi Pendapatan

Selain pendapatan masyarakat , distribusi pendapatan juga mempengaruhi corak permintaan masyarakat. Sebagai contoh, seandainya pemerintah menaikkan pajak pendapatan terhadap orang-orang dengan penghasilan tinggi, kemudian pajak tersebut sebagian digunakan untuk menaikkan pendapatan golongan masyarakat berpenghasilan rendah, maka dapat terjadi perubahan permintaan ke atas beberapa jenis barang/jasa. Barang-barang yang biasanya dibeli oleh golongan masyarakat berpenghasilan tinggi yang harganya relatif mahal   akan berkurang,  sebaliknya  barang-barang  yang  biasanya  dikonsumsi  oleh masyarakat berpenghasilan rendah yang harganya relatif mahal akan meningkat.

5. Selera Masyarakat

Jika masyarakat secara umum  lebih menyukai produk tertentu  (X) dibanding produk  lain  yang  sejenis,  maka  permintaan  terhadap  produk  X  tersebut cenderung meningkat  meskipun harga tetap. Misalnya, jika  masyarakat lebih menyukai mobil buatan Jepang karena lebih irit BBM dibanding mobil buatan Amerika atau Eropa, maka kurva permintaan terhadap mobil Jepang tersebut akan bergeser ke kanan.

6. Prediksi Mengenai Keadaan di Masa Yang Akan Datang.

Jika ada prediksi bahwa harga BBM akan meningkat beberapa bulan ke depan, maka permintaan terhadap BBM akan meningkat meskipun harga BBM tidak berubah, hal ini akan menyebabkan kurva permintaan BBM akan bergeser kekanan. Sebaliknya, jika para pengamat ekonomi memprediksi bahwa dalam beberapa bulan ke depan akan terjadi resesi ekonomi, maka masyarakat akan cenderung mengurangi konsumsi, termasuk konsumsi BBM. Akibatnya, permintaan terhadap BBM akan berkurang meskipun harga BBM tetap (kurva permintaan BBM bergeser ke kiri).

Jenis-jenis Permintaan

Permintaan dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, antara  lain permintaan berdasarkan daya beli dan jumlah subjek pendukung. Berdasarkan daya belinya, permintaan dibagi menjadi tiga jenis, yaitu permintaan efektif, permintaan potensial, dan permintaan absolut.

1.  Permintaan absolut.

Permintaan absolut adalah permintaan atas barang atau jasa yang tidak diiringi dengan kemampuan untuk membeli, sehingga lebih merupakan angan-angan. Permintaan absolut ini dimiliki oleh semua orang. Misalnya, seseorang ingin membeli sepatu olah raga yang harganya Rp. 1.500.000 tapi tidak memiliki cukup uang untuk membelinya.

2.  Permintaan potensial.

Yaitu permintaan atas suatu barang atau  jasa yang didukung dengan adanya kepemilikan sejumlah uang atau kemampuan daya beli, namun pembelian atas barang/jasa tersebut masih berupa rencana membeli karena adanya beberapa alternative barang/jasa. Orang-orang yang mempunyai kemampuan   untuk membeli ini biasanya menjadi sasaran iklan  untuk  mempengaruhi  agar  mereka  melakukan  pembelian  atas produk tertentu. Misalnya, seorang yang memiliki sisa uang Rp 2.000.000 berencana   membeli   sepasang   sepatu   dengan   kisaran   harga   Rp 1.500.000, namun masih belum memutuskan sepatu merk apa yang akan dibeli.

3.  Permintaan efektif.

Yaitu  permintaan atas suatu produk barang atau  jasa  yang  dilakukan sesuai dengan daya beli yang dimiliki. Misalnya seseorang pada contoh nomor 2 diatas (permintaan potensial) akhirnya membeli sepatu merk “Nyaman”, seharga Rp 1.600.000.

Sedangkan permintaan menurut subjek pendukungnya dibagi menjadi dua jenis, yaitu individual dan kolektif/pasar.

1)  Permintaan  individu  yaitu  permintaan  yang  dilakukan  oleh  seorang pembeli terhadap barang dan jasa yang akan digunakan untukmemenuhi kebutuhannya. 

2) Permintaan kolektif/pasar yaitu permintaan yang dilakukan olehkonsumen secara keseluruhan di dalam pasar.

Seperti   telah   dijelaskan   sebelumnya,   bahwa   salah   satu   faktor   yang mempengaruhi  jumlah barang  yang diminta adalah  harga  barang  itu  sendiri, maka dapat dikatakan antara harga dengan jumlah barang yang diminta mempunyai hubungan yang erat. Untuk melihat bagaimana hubungan antara harga barang dengan jumlah barang yang diminta perlu dibuat asumsi bahwa faktor-faktor  lain  yang  memengaruhi  permintaan  tidak  berubah  atau  dalam kondisi ceteris paribus.

Bunyi hukum permintaan yaitu “Jika harga suatu barang meningkat, maka jumlah barang yang diminta akan turun. Sebaliknya, jika harga suatu barang turun, maka jumlah barang yang akan diminta akan meningkat (Cateris Paribus)” Untuk lebih jelasnya lagi bisa dilihat pada video hukum permintaan pada link berikut: https://bit.ly/2KnB6H9  (Nisa, 2019, Awaluddin dan Wijayati 2018).
Gambar   Kurva permintaan berdasarkan tabel permintaan

Gambar   Kurva permintaan berdasarkan tabel permintaan

fungsi permintaan

Hubungan  antara  harga  dengan  jumlah  barang  yang  diminta  bisa  diketahui melalui fungsi permintaan. Fungsi permintaan mengikuti hukum permintaan yaitu apabila harga suatu barang naik maka permintaan akan barang tersebut juga menurun dan sebaliknya  apabila harga barang turun maka  permintaan  akan barang tersebut meningkat. Jadi, hubungan antara harga dan jumlah barang yang diminta oleh konsumen memiliki hubungan yang terbalik, sehingga gradien dari fungsi permintaan (b) akan selalu negatif.

Bentuk  umum  fungsi  permintaan  dengan  dua  variabel  adalah  sebagai berikut:

Qd = a – bPd


Keterangan:

a dan b = konstanta, dimana b harus bernilai negatif

b = ∆Qd / ∆Pd

Pd = harga barang per unit yang diminta Qd = banyaknya unit barang yang diminta Syarat, P ≥ 0, Q ≥ 0, serta dPd / dQ < 0


Rumus fungsi permintaan:  

Keterangan:
Pd1 = harga awal Qd1 = kuantitas awal Pd2 = harga akhir Qd2 = kuantitas akhir

Untuk lebih jelasnya mengenai fungsi permintaan bisa dipelajari lebih lanjut melalui link video berikut https://youtu.be/psV1orh-OoM (soal perhitungan fungsi permintaan dan fungsi penawaran) (Nisa, 2019).

Elastitisitas Permintaan

Jika seseorang bertanya, untuk menaikkan hasil penjualan/keuntungan, apakah saya harus menaikkan harga jual ataukah menurunkannya? Jawabannya adalah tergantung dari elastisitas permintaan barang tersebut. Elastisitas permintaan harga (selanjutnya disebut elastisitas permintaan) adalah ukuran mengenai seberapa responsif jumlah barang yang diminta terhadap perubahan harga. Hukum permintaan menyatakan bahwa kenaikan harga akan menyebabkan penurunan  jumlah barang yang diminta. Namun, hukum  permintaan  tersebut tidak bisa menjawab pertanyaan “berapa penurunan jumlah barang yang diminta jika terjadi kenaikan harga sebanyak 10%?” pertanyaan tersebut dapat dijawab jika koefisien elastisitas permintaan (Ed) diketahui.

Faktor penting mengenai konsep permintaan adalah elastisitas permintaan. Elastisitas permintaan (Ed) adalah derajat kepekaan yang disebabkan oleh perubahan harga barang sehingga terjadi perubahan pada kuantitas barang yang diminta. Pengukuran elastisitas permintaan adalah dengan tingkat koefisien elastisitas.   Elastisitas   permintaan   juga   diartikan   sebagai   perbandingan persentase perubahan kuantitas barang yang diminta dengan persentase perubahan harga barang itu sendiri.

Koefisien elastisitas permintaan secara matematis dirumuskan seperti berikut:

Hasil yang diperoleh dari perhitungan koefisien elastisitas adalah bernilai negatif. Mengapa? Karena harga dan jumlah barang yang diminta berbanding terbalik (mengalami arah yang berbalikan). Hasilnya, penurunan harga menaikkan permintaan   atau   kenaikan   harga   akan   menurunkan   permintaan.   Namun, biasanya tanda negatif diabaikan dalam menghitung koefisien elastisitas. Untuk lebih jelasnya lagi dalam menghitung elastisitas permintaan dengan fungsi simak video dalam link berikut: https://youtu.be/o4kvqO39eho. (Nisa, 2019) 

Ada lima jenis elastisitas permintaan:

1) Permintaan elastis: elastisitas > 1.

Prosentase perubahan kuantitas permintaan > prosentase perubahan harga. Ini sering terjadi pada produk yang mudah dicari substitusinya. Misalnya saja pakaian, makanan ringan, barang mewah dan lain sebagainya. Ketika harganya naik, konsumen akan dengan mudah menemukan barang penggantinya.
Gambar   permintaan elastis

Gambar   permintaan elastis

2) Permintaan tidak elastis: elastisitas < 1.

Prosentase perubahan kuantitas permintaan < dari prosentase perubahan harga. Contoh permintaan tidak elastis ini dapat dilihat diantaranya pada produk kebutuhan. Misalnya beras, meskipun harganya naik, orang akan tetap  membutuhkan  konsumsi  beras  sebagai  makanan  pokok. Karenanya, meskipun mungkin dapat dihemat penggunaannya, namun cenderung tidak akan sebesar kenaikan harga yang terjadi. Sebaliknya pula,   jika   harga   beras   turun   konsumen   tidak   akan   menambah konsumsinya sebesar penurunan harga. Ini karena konsumsi beras memiliki keterbatasan (misalnya rasa kenyang).

Contoh  lainnya  yang  sejenis  adalah  bensin.  Jika  harga  bensin  naik, tingkat penurunan penggunaannya biasanya tidak sebesar tingkat kenaikan harganya. Ini karena kita tetap membutuhkan bensin untuk bepergian. Sama halnya, ketika harganya turun, kita juga tidak mungkin bepergian  terus  menerus  demi  menikmati  penurunan  harga  tersebut. 

Karakteristik produk yang seperti ini mengakibatkan permintaan menjadi tidak elastis.
Gambar  Permintaan tidak elastis

Gambar  Permintaan tidak elastis

3) Permintaan uniter elastis: elastisitas = 1.

Prosentase perubahan kuantitas permintaan = prosentase perubahan harga. Contoh produk yang elastisitasnya uniter tidak dapat disebutkan secara spesifik. Jenis permintaan ini sebenarnya lebih sebagai pembatas antara permintaan elastis dan tidak elastis, sehingga belum tentu ada produk yang dapat dikatakan memiliki permintaan uniter elastis. Contoh: barang-barang elektronik.
Gambar  Permintaan tidak elastis

Gambar  Permintaan tidak elastis 

4) Permintaan elastis sempurna: elastisitas tak terhingga.

Dimana pada suatu harga tertentu pasar sanggup membeli semua barang yang ada di pasar. Namun, kenaikan harga sedikit saja akan menjatuhkan permintaan menjadi 0. Dengan demikian, kurvanya berbentuk horisontal. Contoh produk yang permintaannya bersifat tidak elastis sempurna diantaranya barang/jasa yang bersifat komoditi, yaitu barang/jasa yang memiliki karakteristik dan fungsi sama meskipun dijual di tempat yang berbeda atau diproduksi oleh produsen yang berbeda.

Dengan demikian, secara nalar barang/jasa tersebut seharusnya memiliki harga yang sama pula. Misalnya saja paperclip dan pen tinta biasa (seperti pen merek S dan P yang rata-rata berharga 1000-1500). Jika kita pergi ke supermarket untuk membeli paperclip, misalnya, kita cenderung tidak akan memperhatikan perbedaan merek. Satu-satunya yang sering kita jadikan bahan perbandingan adalah harga, dimana kita akan membeli paperclip yang harganya paling murah (atau pada harga rata-rata yang diterima pasar). Akibatnya, bagi perusahaan yang menjual paperclip diatas harga rata-rata, permintaan akan barangnya akan turun ke nol. Ini karena semua paperclip, meskipun harganya berbeda -beda, memberikan fungsi yang sama. Contoh: bumbu dapur.
Gambar   Permintaan elastis sempurna

Gambar   Permintaan elastis sempurna

5) Permintaan tidak elastis sempurna: elastisitas = 0.

Perubahan   harga   tidak  mempengaruhi  jumlah   yang  diminta.   Dengan demikian, kurvanya berbentuk vertikal. Kurva berbentuk vertikal ini berarti bahwa berapapun harga yang ditawarkan, kuantitas barang/jasa tetap tidak berubah. Contoh barang yang permintaannya tidak elastis sempurna adalah tanah  (meskipun  harganya   naik  terus,  kuantitas  yang   tersedia  tetap terbatas), lukisan milik pelukis yang telah meninggal (berapapun harga yang ditawar  atas  lukisan,  pelukis  tersebut  tidak  akan  mampu  menambah kuantitas lukisannya), dan contoh lainnya yang sejenis obat-obatan pada waktu sakit.
Gambar   Permintaan elastis sempurna

Gambar   Permintaan elastis sempurna

Pada waktu harga smartphone Rp 4.000.000 per unit, jumlah smartphone yang dibeli  masyarkat  adalah  10.000  unit.  Pada  waktu  harga  smartphone  turun menjadi Rp 3.000.000 per unit, jumlah smartphone yang dibeli konsumen 15.000 unit. Hitunglah nilai koefisien elastisitas dari permintaan smartphone tersebut.

Nilai  negatif pada koefisien elastisitas permintaan  akan  selalu  terjadi  karena harga dan jumlah barang yang diminta selalu bergerak kearah yang berlawanan.

Faktor penentu elastisitas permintaan atas suatu barang ada tiga, yaitu:

1.  Banyaknya barang pengganti.

Semakin banyak barang yang dapat menggantikan barang tertentu (X), maka semakin elastis barang X tersebut dan sebaliknya. Jika barang X memiliki banyak pengganti, kenaikan harga barang X yang sedikit dapat menyebabkan banyak konsumen meninggalkan barang X dan beralih ke produk lain yang sejenis. Sebaliknya, jika tidak banyak produk yang dapat menggantikan barang X, walaupun harga X  meningkat secara signifikan, permintaan terhadap X tidak akan berkurang banyak.

2.  Prosentasi pendapatan yang dibelanjakan.

Prosentasi harga barang terhadap penghasilan masyarakat ikut menentukan  elastisitas  barang  tersebut.  Contoh,  jika  harga  sebatang coklat seharga Rp. 5.000 naik 10% menjadi Rp. 5.500, kenaikan itu tidak akan banyak mengurangi jumlah permintaan terhadap coklat tersebut karena harga coklat tersebut sangat kecil dibandingkan dengan pendapatan rata-rata masyarakat. Namun, jika harga sebuah laptop naik 10% dari Rp. 3.000.000 menjadi Rp. 3.300.000, maka sangat mungkin jumlah permintaan terhadap laptop tersebut akan berkurang, konsumen akan mencari laptop merek lain yang lebih murah. Hal ini adalah karena harga laptop tersebut memiliki prosentase yang cukup besar terhadap pendapatan rata-rata masyarakat.

3.  Jangka waktu analisis.

Semakin lama jangka waktu analisis terhadap permintaan suatu barang, semakin elastis sifat permintaan tersebut. Hal ini terjadi karena dalam jangka waktu yang singkat, perubahan-perubahan harga yang terjadi di pasar belum banyak diketahui oleh masyarakat, sehingga mereka cenderung membeli barang yang biasanya dibeli. Namun dalam jangka panjang, dimana pembeli sudah memiliki pengetahuan mengenai perubahan harga, mereka akan mencari produk dengan harga terendah. 


modul belajar mandiri ppppk ekonomi Pembelajaran 3. Permintaan, Penawaran, dan Struktur Pasar, Kemdikbud

Baca Juga

Bagikan Artikel



Komentar