Gangguan dan Kelainan Sistem Rangka Manusia


 

Gangguan dan Kelainan Sistem Rangka Manusia

1) Kelainan Tulang Belakang

Kelainan tulang belakang adalah kondisi yang terjadi ketika tulang belakang melengkung melebihi batas normal atau tidak selaras sehingga terlihat bengkok. Padahal seharusnya tulang belakang itu berbentuk lurus. Ada tiga jenis kelainan tulang belakang yang paling umum, yaitu:

Lordosis:  kondisi  saat  tulang  belakang  melengkung  ke  depan  secara berlebihan. Biasanya lordosis memengaruhi punggung bawah dan leher.
⮚   Kifosis: kondisi saat lengkungan pada punggung atas lebih dari 50 derajat. Biasanya   orang   dengan   kifosis   postur   tubuhnya   terlihat   seperti membungkuk.
Skoliosis: kondisi saat lengkungan tulang belakang justru menyamping, terkadang berbentuk seperti huruf S atau C. Seseorang dikatakan mengalami skoliosis ketika sudut lengkungannya mencapai lebih dari 10 derajat. Orang dengan skoliosis umumnya terlihat dari bahu atau pinggulnya yang tidak rata. 

2) Fraktur

Fraktur merupakan kerusakan tulang bisa berupa retak atau patah sehingga memengaruhi fungsinya.

3) Osteomielitis

Osteomielitis adalah infeksi pada tulang. Infeksi bisa terjadi karena adanya infeksi pada bagian tubuh lain yang menyerang tulang, atau karena komplikasi dari operasi.

4) Rakitis

Rakitis merupakan pertumbuhan abnormal pada anak yang disebabkan kekurangan vitamin D.

5) Osteoporosis

Osteoporosis lebih mengancam wanita karena jumlah sel tulang wanita lebih sedikit daripada pria. Menopause juga berperan dalam meningkatnya risiko terkena osteoporosis.

6) Akromegali

Akromegali  disebabkan oleh  kelebihan  jumlah  hormon  pertumbuhan (growth hormone) dalam tubuh. Akibatnya, terjadi pertumbuhan berlebihan pada tulang, terutama pada wajah, lengan, dan kaki.

7) Fibrous Dysplasia

Kelainan tulang langka di mana jaringan seperti luka tumbuh pada tulang yang normal. Jaringan ini dapat melemahkan tulang dan mengakibatkan kerusakan jaringan.

8) Osteogenesis Imperfecta

Penyakit akibat kelainan genetik yang menyebabkan seseorang terlahir dengan tulang yang rapuh dan tidak terbentuk dengan baik. Kelainan langka ini bersifat turunan. 

9) Kanker tulang

Umumnya kanker tulang berasal dari kanker pada organ lain, seperti prostat, paru- paru, ginjal, atau payudara, yang kemudian menyebar ke tulang.


sumber: modul belajar mandiri pppk ips biologi , Pembelajaran 1. Sel, Organ, dan Kelangsungan Hidup, Kemdikbud
Baca Juga

Bagikan Artikel



Komentar