Latar Belakang Munculnya Orde Baru


 

Latar Belakang Munculnya Orde Baru

Orde Baru adalah sebutan bagi masa pemerintahan Presiden Suharto diIndonesia. Lahirnya Orde Baru diawali dengan dikeluarkannya Surat Perintah Sebelas Maret 1966. Masa orde baru berlangsung dari tahun 1966 sampai tahun 1998. Dalam jangka waktu tersebut, pembangunan nasional berkembang pesat.

Pasca penumpasan G 30 S/PKI, pemerintah ternyata belum sepenuhnya berhasil melakukan penyelesaian politik terhadap peristiwa tersebut. Hal inimembuat situasi politik tidak stabil. Kepercayaan masyarakat terhadap Presiden Soekarno semakin   menurun.   Pada   saat  bersamaan,  Indonesia   menghadapi   situasi ekonomi yang terus memburuk mengakibatkan harga-harga barang kebutuhan pokok melambung tinggi. Kondisi   ini mendorong para pemudadan mahasiswa melakukan aksi-aksi demonstrasi menuntut penyelesaian yangseadil-adilnya terhadap pelaku G 30 S/PKI dan perbaikan ekonomi.

Pada tanggal 12 Januari 1966 pelajar, mahasiswa, dan masyarakan mengajukan Tiga Tuntutan Rakyat (Tritura) Isi Tritura tersebut, yaitu:

1) Bubarkan PKI.

2) Bersihkan Kabinet Dwikora dari unsur-unsur Gerakan 30 September.

3) Turunkan harga.

Tuntutan rakyat agar membubarkan PKI ternyata tidak dipenuhi. Untuk menenangkan rakyat Presiden Soekarno mengadakan perubahan Kabinet Dwikora menjadi Kabinet 100 Menteri. Perubahan ini belum dapat memuaskan hati rakyat karena di dalamnya masih terdapat tokoh-tokoh yang terlibat dalam peristiwa G 30 S/PKI. Pada saat pelantikan Kabinet 100 Menteri pada tgl 24Februari 1966, para mahasiswa, pelajar dan pemuda memenuhi jalan- jalanmenuju Istana Merdeka. Aksi itu dihadang oleh pasukan Cakrabirawa sehingga menyebabkan bentrok antara pasukan Cakrabirawa dengan para demonstran yang menyebabkan gugurnya mahasiswa Universitas Indonesia bernama Arief Rachman Hakim. Insiden berdarah yang terjadi ternyata menyebabkan krisis politik semakin memuncak.

Guna   memulihkan    keamanan   negara,   pada    tanggal   11    Maret   1966 Presiden Soekarno mengeluarkan surat perintah kepada Letjen Soeharto untuk mengambil segala tindakan yang dianggap perlu dalam rangka memulihkan keamanan dan kewibawaan pemerintah. Surat itu dikenal sebagai Surat Perintah 11 Maret, atau SP 11 Maret, atau Supersemar. Isi Supersemar adalah pemberian mandat kepada Letjen. Soeharto selaku Panglima Angkatan Darat dan Pangkopkamtib untuk memulihkan keadaan dan kewibawaan pemerintah.Keluarnya Supersemar dianggap sebagai tonggak lahirnya Orde Baru.Dalam rangka memulihkankeamanan, ketenangan, dan stabilitas pemerintahan, keesokan harinya setelahmenerima Supersemar Letjen Soeharto membubarkan dan melarang PKI beserta ormas-ormas yang bernaung atausenada dengannya di seluruh Indonesia,terhitung sejak tanggal 12 Maret 1966.

Letjen. Soeharto juga menyerukan kepada pelajar dan mahasiswa untuk kembali ke sekolah. Selanjutnya padatanggal 18 Maret 1966, Letjen. Soehartomenahan 15 orang menteri yang dinilai terlibat dalam G 30 S/PKI. Setelahitu, Letjen Soeharto memperbaharui kabinet dan membersihkan lembaglegislatif, termasuk  MPRS  dan DPR-Gotong  Royong  dari  orang-orang yang dianggap terlibat G30S/PKI.

Pada  tanggal  12  Maret  1967  Sidang  Istimewa  MPRS  menetapkan  Letjen Soeharto   sebagai   pejabat   presiden.   Kemudian   pada   tanggal   27   Maret 1968, MPRS mengukuhkannya sebagai presiden penuh. Dengan dikukuhkannya Letjen Soeharto sebagai  presiden, Indonesia memasuki masa  kepemimpinan yang baru, yaitu masa Orde Baru. Setelah memperoleh kekuasaan sepenuhnya,pemerintah Orde Baru melaksanakan penataan stabilitas politik. 


source : modul belajar mandiri pppk Pembelajaran 4. Kehidupan Bangsa Indonesia Masa Revolusi, Orde Lama, Orde Baru hingga Reformasi , kemdikbud
Baca Juga

Bagikan Artikel



Komentar