Masalah Sosial : Pengertian, Faktor Penyebab, Bentuk, contoh, dan Dampak Permasalahan Sosial


Masalah Sosial : Pengertian, Faktor Penyebab, Bentuk, contoh, dan Dampak Permasalahan Sosial

1. Pengertian Masalah Sosial

Kartini Kartono mendefinisikan permasalahan sosial sebagai bentuk tingkah laku yang melanggar adat istiadat masyarakat. Sebagian besar masyarakat menganggap permasalahan sosial mengganggu, tidak dikehendaki, berbahaya, dan merugikan banyak orang. Oleh karena itu, permasalahan sosial tidak diharapkan masyarakat.

2. Bentuk Permasalahan Sosial


Permasalahan sosial dibedakan menjadi dua bentuk sebagai berikut. 

1) Manifest social problem merupakan masalah sosial yang dampaknya langsung dirasakan masyarakat.
2)  Latent  social  problem  merupakan  masalah  sosial  yang  tidak  tampak
(tersembunyi)    sehingga    dampaknya    tidak    langsung    dirasakan masyarakat

3. Faktor Penyebab Munculnya Permasalahan Sosial

Permasalahan sosial dalam masyarakat dipengaruhi oleh beberapa faktor berikut.
1) Faktor   biologis   merupakan   penyebab   permasalahan   sosial   yang berkaitan dengan gangguan fisik atau penyakit tertentu.
2) Faktor   ekonomi   merupakan   penyebab   permasalahan   sosial   yang berkaitan dengan pendapatan, kekayaan, dan upaya pemenuhan kebutuhan hidup.
3) Faktor  psikologis  merupakan  penyebab  permasalahan  sosial  yang berkaitan dengan gangguan kejiwaan seseorang.
4) Faktor  budaya  menunjukkan  latar  belakang  terjadinya  permasalahan sosial berkaitan dengan unsur-unsur nilai dan norma sosial seperti adat istiadat dan kebiasaan di lingkungan masyarakat.

4. Contoh Permasalahan Sosial

Beberapa contoh permasalahan sosial dalam masyarakat sebagai berikut.
1) Kenakalan Remaja
Kenakalan remaja merupakan perilaku menyimpang yang dilakukan oleh remaja. Contoh kenakalan remaja yaitu perkelahian, tawuran, penyalahgunaan narkoba dan miras.
2) Delinkuensi Anak
Delinkuensi anak merupakan penyimpangan sosial yang dianggap melanggar  nilai dan norma masyarakat.  Delinkuensi  anak dapat terjadi karena  faktor  dari  dalam  dan  faktor  dari  luar.  Delinkuensi  anak  dapat berupa keterlibatan anak dalam aktivitas yang bertentangan dengan nilai dan norma. Penyimpangan sosial juga dapat dilakukan secara individu.
3) Kemiskinan 
Menurut Soerjono Soekanto (2002), kemiskinan merupakan suatu keadaan ketika seseorang tidak mampu memelihara dirinya sendiri sesuai taraf kehidupan kelompok. Adapun salah satu parameter kemiskinan yaitu ketidakmampuan seseorang mencukupi kebutuhan primer.
4) Tindak Kriminal
Tindak  kriminal  merupakan  perilaku  melanggar  norma  hukum.  Pelaku tindak kriminal akan mendapat hukuman berupa denda dan pidana. Contoh tindak kriminal yaitu pencurian, pembunuhan, dan korupsi.
5) Kesenjangan Sosial
Jika ditinjau dari teori sistem sosial yang dikemukakan Talcott Parsons, kesenjangan sosial merupakan ketidaksesuaian antara realitas sosial dan fungsi dalam sistem sosial. Kesenjangan sosial dapat muncul akibat terganggunya keseimbangan sistem sosial.
6)  Cyber Crime
Cyber  crime  merupakan  tindak  kejahatan  yang  terjadi  di  dunia  maya melalui  koneksi  internet.  Kejahatan  di  dunia  maya  dapat  berbentuk penipuan online, cyberbullying, penipuan kartu kredit, pornografi, atau peretasan situs-situs penting.
7) Penyimpangan Seksual
Penyimpangan seksual dianggap melanggar nilai dan norma sosial serta dapat menimbulkan permasalahan. Adapun bentuk-bentuk penyimpangan seksual di antaranya pedofilia, eksibisionisme, fetisisme dan LGBTQ.

5. Dampak Permasalahan Sosial

Dampak permasalahan sosial dalam masyarakat sebagai berikut.
1.  Meningkatnya Angka Kriminalitas
Kasus  kriminalitas  seperti  begal,  jambret,  dan  pencurian  yang  tidak segera ditangani dapat meningkatkan angka kriminalitas. Meningkatnya angka kriminalitas menimbulkan keresahan dan menjadi ancaman bagi masyarakat.
2.  Konflik Sosial
Permasalahan sosial dapat menyebabkan konflik sosial apabila tidak segera diatasi secara optimal. Permasalahan yang menimbulkan konflik sosial antara lain tawuran pelajar, demo buruh menuntut kenaikan UMR, dan tuntutan warga terhadap pemerintah mengenai kenaikan BBM.
3.  Kenyamanan dan Keamanan Terganggu
Permasalahan sosial seperti tawuran pelajar, begal, geng motor, masalah sampah, hingga banjir dapat mengganggu kehidupan masyarakat. Masyarakat tidak dapat hidup tenang karena terancam dan terganggu.
4.  Menimbulkan Kerusakan Fisik
Beberapa permasalahan sosial seperti tawuran dan vandaiisme menyebabkan rusaknya fasilitas umum yang berguna bagi masyarakat. Selain itu, tawuran dapat menimbulkan kerusakan fisik berupa Iuka- Iuka dan hingga jatuh korban jiwa.



sumber : modul belajar mandiri pppk ips sosiologi, Pembelajaran 5. Perubahan Sosial dan Pemberdayaan Komunitas, kemdikbud

Baca Juga

Bagikan Artikel



Komentar