Invertebrata : Pengertian dan Pembagian macam hewan Invertebrata


Pengertian Invertebrata 

Invertebrata atau Avertebrata adalah hewan yang termasuk kedalam jenis hewan yang tidak memiliki tulang punggung antar ruas-ruas tulang belakang. Hewan avertebrata ini terbagi atas beberapa golongan yaitu filum parazoa, Radiata, Aselomata, Pseudoselomata, Selomata: Protostoma, Selomata: Deuterostoma

Tabel  Organisasi filum hewan menurut ciri-ciri utama bangun tubuh

Kategori

Ciri Utama Bangun Tubuh

Filum

1

Parazoa

Multiseluler, tanpa jaringan sejati

Porifera (spons)

 

2

Eumetazoa

Jaringan sejati

Cnidaria (hidra, ubur-ubur, aneom laut, karang)

Radiata

Simetri radial; diploblastik (dua lapisan nuftah: ektoderm, endoderm)

Bilateria

Simetri nilateral; triploblastik (tiga lapisan nuftah: ektoderm, mesoderm, endoderm)

Ctenophora        (ubur-ubur sisir)

3

Aselomata

Tubuh padat, tanpa ronggtubuh

Platyhelminthes      (cacing pipih)

Pseudoselo mata

Pseudoselom (rongga tubuh antara saluran pencernaan dan dindintubuh tidak sepenuhnya dilapisi oleh mesoderm)

Rotifera (rotifer)

Selomata

Rongga tubuh (selom) sepenuhnya dilapisi oleh mesoderm

Nematoda (cacing gilig)

4

Protostoma

Pembelahan spiral dan determinat; mulut berkembang dari blastopori; rongga tubuh

skizoselus (terbentuk dengan cara pembagian massa jaringan mesoderm)

Nemertea (cacing proboscis) (posisi   filogenetik   masih belum pasti)

Lophophorata:      Bryozoa, Brachiopoda, Phoronida (posisi   filogenetik   masih belum pasti)

Mollusca  (remis,  beekicot, ikan gurita)

Annelida                  (cacing bersegmen)

 

 

 

Arthropoda          (krustase, serangga, laba-laba)

Deuterostom a

Pembelahan radial dan indeterminat; anus berkembang dari blastopori; rongga tubuh enteroselus (yanterbentuk melalui pelipatan dinding arkenteron mesoderm)

Echinodermata      (bintang laut, bulu babi)

Chordata              (lancelet, tunikata, vertebrata


a.   Parazoa

Karang memiliki pori banyak,struktur tubuhnya keras, berwarna putih atau bahkan ada yang berwarna merah, coklat dan sebagainya. Bentuknya ada yang seperti batang berongga dan ada juga bentuk lain yang seperti mangkuk atau kipas. Organisme tersebut bernama Porifera atau hewan berpori. Meskipun tampak seperti bebatuan yang tidak hidup, tetapi organisme ini termasuk Kingdom Animalia. Ukuranya biasanya kecil tetapi juga dapat ditemukan ukuran yang besar yang biasanya hidup di laut dalam.

Dari semua hewan yang akan kita bahas, spons (di cabang parazoa pada pohon filogenetik) mewakili garis keturunan terdekat dengan garis organisme multiseluler (protista) yang menjadi kingdom hewan. Lapisan-lapisan sel spons merupakan gabungan sel-sel yang terususun longgar, bukan merupakan jaringan sejati karena sel-sel itu secara relatif belum terspesialisasi. Spons adalah hewan yang sesil (menempel) yang tampak sangat diam bagi mata manusia sehingga orang Yunani kuno meyakini mereka sebagai tumbuhan. Spons tidak memiliki saraf atau otot, tetapi masing-masing sel dapat mengindera dan bereaksi terhadap perubahan lingkungan.

Tinggi spons berkisar dari 1 cm sampai 2 cm. Dari kurang lebih 9000 spesies spons, hanya sekitar 100 yang hidup dalam air tawar; sisanya adalah organisme laut. Tubuh spons sederhana, mirip dengan suatu kantung yang berpori atau berlubang-lubang (Porifera berarti “mengandung pori”). Air akan melewati pori-pori menuju rongga tengah atau spongosel (spongocoel), yang kemudian akan mengalir keluar spons itu melalui suatu lubang yang lebih besar yang disebut oskulum. Spons yang lebih kompleks memiliki dinding tubuh yang melipat, dan banyak diantaranya mengandung saluran air bercabang dan beberapa oskula. Pada kondisi tertentu, sel-sel yang berada di sekitar pori dan oskulum berkontraksi, dan menutup pembukaan atau lubang itu. Perhatikan gambar berikut agar Anda lebih memahami struktur tubuh Porifera.


Gambar  . Struktur tubuh Porifera
Gambar  . Struktur tubuh Porifera
(Longman, 1999) 

Hampir semua spons adalah pemakan suspensi (yang juga dikenal sebagai makan dengan cara memfilter), yaitu hewan yang mengumpulkan partikel makanan dari air yang lewat melalui beberapa jenis perkakas penjerat makanan. Spons menjerat makanan dari air yang bersirkulasi melalui tubuh yang berpori tersebut. Melapisi bagian  dalam  spongosel atau  ruangan air  internal adalah koanosit (coanocyte) berflagela, atau sel-sel colar (untuk menamai kerah bermembran di sekeliling dasar flagela itu). Flagela tersebut akan membangkitkan suatu arus aliran air, colar akan menjerat partikel makanan, dan koanosit akan memfagositosisnya.

Kemiripan diantara koanosit dengan sel-sel koanoflagelata (protista berkoloni) mendukung hipotesis bahwa spons memiliki suatu nenek moyang bersama dengan koanoflagelata. Berdasarkan sistem saluran, berapa banyak tipe yang dimiliki oleh Porifera

Tubuh suatu spons terdiri atas dua lapisan sel-sel yang dipisahkan oleh suatu daerah bergelatin yang disebut mesohil. Didalam mesohil tersebut terdapat sel-sel yang disebut amoebosit(amoebocyte), yang dinamai berdasarkan penggunaan pseudopodianya (kaki semu-nya). Amoebosit memiliki banyak fungsi. Mereka mengambil makanan dari air dan dari koanosit, mencernanya, dan membawa nutrien ke sel lain. Amoebosit juga membentuk serat rangka yang keras di dalam mesohil tersebut. Pada beberapa kelompok spons, serat-serat itu merupakan spikula atau duri tajam yang terbuat dari kalsium karbonat atau silika; spons lain menghasilkan serat yang lebih fleksibel yang terdiri atas kolagen yang disebut spongin.

Berdasarkan sifat spikulanya, Filum Porifera dibagi menjadi 3 kelas, yaitu:

1)        Kelas Calcarea

Anggota kelas ini mempunyai rangka yang tersusun dari zat kapur (kalsium karbonat) dengan tipe monoakson, triakson, atau tetrakson. Koanositnya besar dan biasa hidup di lautan dangkal. Tipe saluran airnya bermacam-macam. Hidup soliter atau berkoloni. Mereka memiliki ciri khusus berupa spikula yang terbuat dari kalsium karbonat dalam bentuk kalsit atau aragonit. Beberapa spesies memiliki tiga ujung spikula, sedangkan pada beberapa spesies lainnya memiliki 2 atau empat spikula.
Contoh  anggota  kelas  ini   adalah Leucosolenia sp., Scypha sp., Cerantia sp., dan Sycon gelatinosum.

2)        Kelas Hexatinellida

Pada anggota Kelas Hexatinellida, spikula tubuh yang tersusun dari zat kersik dengan 6  cabang. Kelas  ini  sering disebut sponge gelas atau  porifera kaca (Hyalospongiae), karena bentuknya yang seperti tabung atau gelas piala. Tubuh berbentuk  silinder  atau  corong,  tidak memiliki  permukaan  epitel.  Contohnya adalah Hyalonema sp., Pheronema sp., dan Euplectella suberea. 

3)        Kelas Demospongia

Kelas ini memiliki tubuh yang terdiri atas serabut atau benang spongin tanpa skeleton. Kadang-kadang dengan spikula dari bahan zat kersik. Tipe aliran airnya adalah leukon. Demospongia merupakan kelas dari Porifera yang memiliki jumlah anggota  terbesar.  Sebagian besar  anggota  Desmospongia  berwarna  cerah, karena mengandung banyak pigmen granula dibagian sel amoebositnya.

Contoh   kelas   ini antara   lain Suberit sp., Cliona sp., Microciona sp., Spongilla lacustris, Chondrilla sp., dan Callyspongia sp. 

Sebagian besar spons adalah hermafrodit (hermaphrodite) (Bahasa Yunani Hermes, seorang dewa, dan Aprodite, seorang dewi), yang berarti bahwa masing- masing individu berfungsi sebagai jantan dan betina dalam reproduksi seksual dengan cara menghasilkan sel-sel sperma dantelur. Gamet muncul dari koanosit atau amoebosit. Telur tinggal dalam mesohil, tetapi sel sperma dibawa oleh spons melalui arus air. Pembuahan silang terjadi akibat beberapa sperma yang tertarik masuk ke dalam individu yang berdekatan. Pembuahan terjadi dalam mesohil, dimana zigot akan berkembang menjadi larva berflagela dan mampu berenang, yang akan menyebar dari induknya. Setelah menempel pada suatu substrat yang cocok, larva akan berkembang menjadi spons dewasa yang menempel diam dan memiliki koanosit internal. Spons mampu melakukan regenerasi ekstensif, yaitu pergantian bagian-bagian tubuh yang hilang. Mereka menggunakan regenerasi bukan hanya untuk perbaikan tetapi juga untuk bereproduksi secara aseksual dari fragmen yang terpotong dari spons induk.

b.        Radiata

Pernahkah Anda melihat hidra, ubur-ubur atau anemon laut? Bagaimana karakteristik dari hewan-hewan tersebut? Bagaimana tipe reproduksinya? Pertanyaan-pertanyaan tersebut akan  kita  pelajari bersama pada  bagian  ini. Pernahkah Anda melihat langsung atau melihat di video tentang sekelompok ubur- ubur yang berenang dan mengeluarkan cahaya dari tubuhnya? Itu adalah salah satu bentuk keajaiban yang Tuhan ciptakan. Pigmen cahaya itu, di era modern saat ini dipakai oleh ahli bioteknologi untuk membuat rekayasa genetika agar tumbuhan atau hewan lain dapat bercahaya pada keadaan gelap. Hewan-hewan tersebut adalah termasuk hewan Cnidaria atau istilah lainnya yaitu Coelenterata
Gambar   Contoh hewan tipe Cnidaria
Gambar   Contoh hewan tipe Cnidaria
(https://ucmp.berkeley.edu, 2019) 

Mewakili garis keturunan lain yang bercabang sangat awal dalam sejarah hewan (eumetazoa), hewan radiata adalah hewan diploblastik (hanya memiliki ektoderm dan endoderm) dan memiliki simetri radial. Kedua filum cabang radiata adalah Cnidaria dan Ctenophora. Hewan Cnidaria (hidra, ubur-ubur, anemon laut, dan karang), tidak  memiiki  mesoderm dan  memiliki  konstruksi tubuh  yang  relatif sederhana. Namun demikian, mereka adalah suatu kelompok yang beraneka ragam dengan lebih dari 10.000 spesies yang masih hidup dan sebagian besar di antaranya adlah spesies organisme laut. 
Gambar  . Filogeni Cnidaria

Gambar  . Filogeni Cnidaria
(https://ucmp.berkeley.edu, 2019)

Bangun dasar tubuh Cnidaria adalah suatu kantung dengan kompartemen tengah untuk pencernaan, yaitu rongga gastrovaskuler(gastrovascular cavity). Sebuah bukaan pada rongga ini berfungsi sekaligus sebagai mulut dan anus. Bangun dasar tubuh ini memiliki dua variasi: polip yang sesil dan medusa yang mengambang. Polipadalah bentuk-bentuk silindris yang menempel ke substrat melalui sisi aboral (berlawanan arah dengan mulut) tubuhnya dan menjulurkan tentakelnya, menunggu mangsa. Contoh-contoh bentuk polip adalah hidra dan anemon laut. 

Suatu medusa adalah suatu versi polip dengan mulut di bawah dan bentuk yang lebih rata. Medusa bergerak secara bebas dalam air dengan kombinasi pergeseran pasif saat terbawa arus air dan konstraksi tubuhnya yang berbentuk lonceng. Hewan yang umumnya kita sebut ubur-ubur adalah tahap medusa. Tentakel suatu ubur-ubur akan menjuntai dari permukaan mulut, dan menunjuk ke arah bawah. Beberapa hewan Cnidaria hanya ada sebagai polip, yang lain hanya ada sebagai medusa, dan masih ada juga yang melewati tahapan medusa dan tahapan polip dalam siklus hidupnya secara berurutan.

Cnidaria adalah karnivora yang menggunakan tentakel yang tersusun dalam suatu cincin disekitar mulut untuk menangkap mangsa dan mendorog makanan kedalam gastrovaskuler, tempat pencarnaan dimulai. Sisa-sisa makanan yang tidak tercerna dikeluarkan melalui anus atau mulut. Tentael dipersenjatai dengan deretan cnidosit, sel-sel khas yang berfungsi dalam pertahanan dan penangkapan mangsa. Cnidosit mengandung cnidae, organel (kapsul) yang mampu membalik, yang menyebabkan filum tersebut dinamai Filum Cnidaria (Bahasa Yunani cnide, “sengat”).  

Cnidae  yang  disebut  nematosisa(nematocyst) adalah  kapsul  yang menyengat. Otot dan saraf terdapat dalam bentuk paling sederhana pada hewan Cnidaria. Sel- sel epdermis (lapisan paling luar) dan gastrodesmis (lapisan dalam) memiliki berkas filamen yang tersusun menjadi serat-serat kontraktil. Jaringan otot sejati berkembang dari mesoderm dan tidak terlihat pada hewan diploblastik. Rongga gastrovaskuler bertindak sebagai kerangka hidrostatik yang bekerja sama dengan sel-sel kontraktil. Ketika hewan itu menutup mulutnya, volume rongga itu akan tetap, dan kontraksi sel-sel tertentu akan menyebabkan hewan itu mengubah bentuknya. Pergerakan dikoordinasikan oleh suatu jaringan saraf.

 Hewan Cnidaria tidak memiliki otak, dan jaring saraf yang tidak terpusat itu dikaitkat dengan reseptor sensorik sederhana yang tersebar secara radial disekitar tubuh. Dengan demikian, hewan itu dapat mendeteksi dan memberikan respon terhadap rangsangan dengan merata dari segala arah. Filum Cnidaria dibagi kedalam tiga kelas utama: Hydrozoa, Scyphozoa, dan Anthozoa. Berikut disajikan tabel tentang kelas-kelas pada filum Cnidaria.

Tabel   Kelas-kelas filum Cnidaria

Kelas daContoh

Karakteristik Utama

Contoh

Hydrozoa (Portuguese man-of- war,   hidra,   Obelia, beberapa karang)

Sebagian besar hidup di laut, hanya sedikit hidup di air tawar; baik tahapan polip dan medusa di temukan pada sebagiabesar spesies; tahapan polip sering kali membentuk koloni.


Hidra

Scyphozoa (ubur- ubur,  ubur-ubur kotak beracun, sea nettle)

Semuanya hidup di laut; tahapapolip tereduksi; bebas berenang; diameter medusa mencapai 2 m

 

Ubur-ubur

Anthozo(anemon laut, sebagian besar karang, karang berkoloni seperti kipas)

Semuanya hidup di laut; tahapan medusa sama sekali tidak ada; hidup sesil, dan banyak jenis membentuk koloni

 

 

Anemon laut

1)        Kelas Scypozoa

Medusa umumnya bertahan lebih lama dalam siklus hidup Kelas Scypozoa. Medusa dari sebagian besar spesies hidup diantara plankton sebagai ubur-ubur. Sebagian besar dari hewan Schypozoa yang hidup di pantai akan melalui tahapan polip kecil selama sisa hidupnya, tetapi ubur-ubur yang hidup di laut terbuka umumnya tidak melalui tahapan polip yang sesil. 

2)        Kelas Anthozoa

Anemon laut dan karang termasuk ke dalam Kelas Anthozoa (“hewan berbunga”). Mereka hanya ditemukan sebagai polip. Hewan karang hidup soliter atau dalam koloni dan mensekresikan kerangka eksternal yang keras dari kalsium karbonat. Setiap generasi polip mamanfaatkan sisa-sisa kerangka generasi sebelumnya untuk membangun “batu” dengan bentuk yang khas sesuai spesiesnya. Kerangka inilah yang disebut karang. 

3)        Kelas Hydrozoa

Sebagian besar hidrozoa melakukan pergiliran bentuk antara polip dan medusa, seperti pada siklus hidup Obelia. Tahapan polip, suatu koloni polip yang saling berhubungan pada kasus Obelia, lebih mudah ditemukan dibandingkan dengan tahap medusa. 

Gambar   Hewan kelas Hydrozoa

Gambar   Hewan kelas Hydrozoa
(http://coldwater.science/, 2003)

Hidra, salah satu dari beberapa hewan Cnidaria yang ditemukan hidup di air tawar, adalah anggota Kelas Hydrozoa yang unik karena mereka hanya ditemukan dalam bentuk polip. Ketika kondisi lingkungan memungkinkan, hidra akan bereproduksi secara aseksual denga cara pertunasan (budding), yaitu pembentukan suatu penonjolan yang kemudian melepaskan diri dari induk untuk hidup bebas. Ketika kondisi lingkungan buruk, hidra bereproduksi secara seksual, dan membantuk zigot resisten yang tetap dorman sampai kondisi membaik.

Ubur-ubur sisir  atau  hewan  Ctenophora, sangat  menyerupai medusa hewan Cnidaria. Akan tetapi, hubungan antara hewan Ctenophora dan hewan Cnidaria masih belum jelas. Hanya ada sekitar 100 spesies ubur-ubur sisir, dan semuanya adalah hewan laut. Hewan Ctenophora memiliki diameter yang berkisar dari 1 sampai 10 cm. Sebagian besar diantaranya berbentuk bulat atau oval, tetapi ada juga yang berbentuk memanjang dan seperti pita yang mencapai panjang 1 m. 

Ctenophora berarti “mengandung sisir”, dan hewan ini dinamai menurut kedelapan baris lempengan yang mirip sisir, yang terdiri atas silia yang menyatu. Mereka adalah hewan terbesar yang menggunakan silia untuk pergerakan. Suatu organ sensoris aboral (terletak berlawanan arah dari mulut) berfungsi dalam menentukan orientasi, dan syaraf yang merambat dari organ sensoris sampai ke sisir silia berfungsi untuk mengkoordinasikan pergerakan. Sebagian besar ubur-ubur sisir memiliki sepasang tentakel panjang dan dapat ditarik kembali. Tentakel tersebut mengandung struktur lengket yang disebut dengan koloblas(colloblast), yang juga disebut sel lasso. Ketika mangsa (sebagian besar adalah plankton kecil) menyentuh tentakel, koloblas akan membuka secara mendadak. Suatu benang lengket yang dibebaskan oleh masing-masing koloblas akan menangkap makanan, yang kemudian akan disapu oleh tentakel ke dalam mulut. 

c.        Aselomata

Aselomata mewakili satu percabangan awal hewan bersimetri bilateral, aselomata tidak memiliki rongga tubuh, yaitu ruang antara dinding tubuh dan saluran pencernaan. Aselomata mewakili beberapa perkembangan evolusi dibandingkan dengan hewan radiata. Sama dengan semua hewan bilateral, aselomata adalah tripoblastik (memiliki ektoderm, mesoderm, dan endoderm). Sebagai hewan bilateral, aselomata menunjukkan pergerakan maju ke depan dan sefalisasi dalam sejumlah tingkatan.

Terdapat sekitar 20,000 species cacing pipih yang hidup di habitat air laut, air tawar, dan daratan yang lembap. Selain memiliki banyak bentuk yang hidup bebas, cacing pipih meliputi banyak pula spesies parasit, seperti cacing pipih dan cacing pita. Cacing pipih disebut demikian karena tubuhnya tipis di antara permukaan dorsal dan ventral (yang pipih secara dorsoventral; platyhelminth artinya “cacing pipih”). Ukurannya berkisar antara spesies hidup bebas yang mikroskopis hingga cacing pita yang panjangnya lebih dari 20 meter.

Lapisan embrionik ketiga, mesoderm, memberikan sumbangan kepada perkembangan organ yang lebih kompleks dan sistem organ, dan jaringan otot sejati. Dengan demikian, cacing pipih secara struktural lebih kompleks dibandingkan dengan hewan Cnidarian atau Ctenophora. Namun demikian, sama dengan hewan radiata, cacing pipih memiliki suatu rongga gastrovaskuler dengan hanya satu bukaan. Cacing pita sama sekali tidak memiliki keseluruhan saluran pencernaan dan menyerap nutrientmelalui permukaan tubuhnya

Cacing pipih dibagi ke dalam 4 kelas: Turbellaria (yang sebagaian besar adalah cacing pipih yang hidup bebas), Monogenea, Trematoda (atau fluke), dan Cestoidea (Cacing pita). Cacing pipih parasit (terutama Monogenea, Trematoda, dan Cacing pita) terkenal karena penyakit yang disebabkan oleh beberapa species yang tergolong cacing pipih, dan banyak cacing pipih memainkan peranan penting dalam struktur dan fungsi ekosistem. Berikut disajikan tabel tentang kelas-kelas pada Filum Platyheminthes. 

Tabel   Kelas-kelas Filum Platyhelmithes

Kelas daContoh

Karakteristik Utama

Contoh

Turbellari(sebagian besar adalah cacing pipih yang hidup bebas; misalnyDugesia)

Sebagian  besar  adalah hewan laut, beberapa hidup di air tawar, hanya sedikit yang hidup di darat: predator dan pemakan bangkai; permukaan tubuh bersilia

 

 

Dugesitigrina

Monogenea

Parasit laut dan air tawar: sebagian besar menginfeksi permukaan eksternal ikan; sejarah hidup sederhana; larva bersilia, memulai infeksi pada inang


 

Monogenea

Trematoda    (disebut juga cacing fluke)

Parasit, hampir selalu pada vertebrata; dua penghisap menempel pada inang; sebagian besar sejarah hidup melibatkan inang perantara

 


Cacing fluke

Cestoidea      (cacing pita)

Parasit vertebrata; skoleks yang bertaut dengan inang; proglotid menghasilkan telur dan pecah setelah fertilisasi; tidak ada kepala atau sistem pencernaan; sejarah hidup dengan satu atau lebih inang perantara.


 

Cacing pita

1)        Kelas Turbellaria

Hampir semua Turbellaria hidup bebas (bukan parasit) dan sebagian besar adalah hewan laut. Anggota genus Dugesia, yang umumnya dikenal sebagai planaria, berlimpah dalam kolam dan aliran sungai yang tidak terpolusi. Planaria adalah karnivora yang memangsa hewan lebih kecil atau memakan hewan-hewan yang sudah mati. Planaria dan cacing pipih lainnya tidak memiliki organ yang khusus untuk pertukaran gas dan sirkulasi. Bentuk tubuhnya yang pipih itu menempatkan semua sel-sel berdekatan dengan air sekitarnya, dan percabangan halus rongga gastrovaskuler mengedarkan makanan ke seluruh tubuh hewan tersebut.Buangan bernitrogen dalam bentuk ammonia akan berdifusi secara langsung dari sel-sel ke dalam air di sekitarnya. Cacing pipih juga memiliki perkakas ekskretoris yang relatif sederhana  yang  terutama  berfungsi  untuk  mempertahankan  keseimbangan 

Planaria bergerak menggunakan silia pada epidermis ventral, bergeser di sepanjang lapisan lendir tipis yang mereka sekresikan sendiri. Beberapa cacing Turbellaria juga menggunakan ototnya untuk berenang melalui air dengan gerakan yang mengombak naik turun.Seekor planaria memiliki kepala (atau tersefalisasi) dengan sepanjang bintik mata yang mendeteksi cahaya dan penjuluran lateral yang berfungsi terutama untuk penciuman. Sistem saraf planaria lebih kompleks dan lebih terpusat dibandingkan dengan sistem jaringan saraf hewan Cnidaria. Planaria dapat belajar memodifikasi responsnya terhadap stimuli. Planaria dapat berproduksi secara aseksual melalui regenerasi. Induknya akan menyempit di bagian tengah, dan masing-masing paruhan beregenerasi untuk mengganti ujung yang hilang. Reproduksi seksual juga terjadi. Meskipun planaria juga adalah hermaprodit, pasangan kawin yang berkopulasi mengadakan pembuahan silang.

osmoticantara hewan tersebut dan lingkungan sekitarnya. Sistem ini terdiri atas sel-sel bersilia yang disebut dengan sel api atau flame cell yang mengalirkan cairan melalui saluran bercabang yang membuka ke bagian luar. Evolusi struktur osmoregulatoris merupakan faktor utama yang memungkinkan beberapa cacing Turbellaria memasuki ekosistem air tawar dan bahkan lingkungan darat yang lembap.

Gambar   Struktur dan regenerasi pada Planaria
Gambar   Struktur dan regenerasi pada Planaria
(Campbell, Reece & Mitchell, 2003) 

2)        Kelas Monogenea dan Trematoda

Monogenea dan Trematoda (sering disebut fluke) hidup sebaga parasit di dalam atau pada hewan lain. Banyak di antaranya memiliki penghisap untuk menempelkan diri ke organ internal atau permukaan luar inangnya, dan semacam kulit keras yang membantu melindungi parasit itu. Organ reproduksi mengisi hampir keseluruhan bagian interior cacing ini. 

Sebagai suatu kelompok, cacing Trematoda memparasiti banyak sekali jenis inang, dan sebagian besar spesies memiliki siklus hidup yang kompleks dengan adanya pergiliran tahap seksual dan aseksual. Banyak trematoda memerlukan suatu inang perantara atau intermedia tempat larva akan berkembang sebelum menginfeksi inang  terakhirnya (umumnya vertebrata), tempat  cacing  dewasa hidup. Sebagai contoh, Trematoda yang memparasiti manusia menghabiskan sebagian dari sejarah hidupnya di dalam bekicot. Sekitar 200 juta penduduk di seluruh dunia yag terinfeksi fluke darah (Schistosoma) menderita nyeri badan, anemia, dan disentri. 

Gambar Fluke darah (Schistosoma)

Gambar Fluke darah (Schistosoma)
(Campbell, Reece & Mitchell, 2003)

Sebagian besar  dari  Monogenea adalah  parasit  eksternal  pada  ikan.  Siklus hidupnya relatif sederhana, dengan larva bersilia dan berenang bebas yang memulai suatu infeksi pada inang. Meskipun Monogenea secara tradisional telah disejajarkan dengan Trematoda, beberapa bukti-bukti struktural dan kimiawi menyarankan bahwa mereka lebih dekat hubungannya dengan cacing pita.

3)        Kelas Cestoidea

Cacing pita (Kelas Cestoidea) juga merupakan parasit. Hewan dewasa sebagian besar hidup pada vertebrata, termasuk manusia. Kepala cacing pita, atau skoleks, dipersenjatai dengan penghisap dan seringkali dengan kait sangat tajam yang mengunci cacing itu ke lapisan intestinal inang. Ke arah posterior dari skoleks adalah pita panjang serangkaian unit-unit yang disebut proglotid, yang sedikit lebih besar dari kantung organ kelamin. Cacing pita tidak memiliki saluran pencernaan. Cacing pita menyerap makanan yang telah dicerna terlebih dahulu oleh inang. 

Proglotid dewasa, yang dipenuhi dengan ribuan telur, dibebaskan dari ujung posterior cacing pita dewasa dan meninggalkan tubuh inang bersama feses. Dalam salah satu jenis siklus hidup, feses manusia mengkontaminasi makanan atau air inang perantara, seperti babi atau sapi, dan telur cacing pita itu berkembang menjadi larva yang terbungkus dalam sista dalam otot hewan itu. Manusia dapat terinfeksi larva dengan cara memakan daging yang kurang matang dan terkontaminasi dengan sista, dan cacing itu berkembang menjadi dewasa di dalam tubuh manusia. Cacing pita besar, yang panjangnya dapat mencapai 20 m atau lebih, bisa menyebabkan penyumbatan usus dan dapat mengambil cukup banyak nutrien dari inang manusianya untuk dapat menyebabkan defisiensi nutrisi. 

d.     Pseudoselomata

Bangun tubuh psudoselomata telah dievolusikan pada beberapa filum hewan kecil. Hubungan evolusionernya dengan kelompok lain dan di antara mereka sendiri masih belum jelas. Kemungkinan, kondisi pseudoselomata muncul secara independen beberapa kali. Kita akan membahas di sini hanya dua dari semua filum itu: Rotifera dan Nematoda.

Rotifer (sekitar 1800 spesies) adalah hewan yang sangat kecil yang terdapat paling banyak di air tawar, beberapa di antaranya hidup di laut atau di dalam tanah lembap. Ukurannya berkisar dari sekitar 0,5 sampai 2,0 mm, lebih kecil dari banyak Protista, namun demikian Rotifer adalah hewan multiseluler dan memiliki sistem organ khusus, termasuk saluran pencernaan sempurna (suatu saluran pencernaan dengan mulut dan anus yang terpisah). Organ internal terletak di dalam pseudoselom. Cairan dalam pseudoselom berfungsi sebagai kerangka hidrostatik dan sebagai medium untuk transport internal nutrien dan buangan pada hewan yang sangat kecil tersebut. Pergerakan tubuh rotifer menyebarkan cairan di dalam pseudoselom, sehingga rongga tubuh dan cairannya sebagai sistem sirkulasi. 

Kata Rotifer, yang berasal dari Bahasa Latin, berarti “pembawa roda”, yang mengacu ke mahkota silia yang menarik putaran air ke dalam mulut. Ke arah posterior dari mulut, suatu daerah saluran pencernaan yang disebut faring mengandung rahang (trophi) yang akan menggerus makanan, yang sebagian besar berupa mikroorganisme yang tersuspensi dalam air.

Reproduksi Rotifer adalah unik. Beberapa spesies hanya terdiri atas betina yang menghasilkan lebih banyak betina lagi dari telur yang tidak dibuahi, suatu jenis reproduksi yang disebut partenogenesis. Spesies menghasilkan dua jenis telur yang berkembang dengan cara partenogenesis, satu jenis membentuk betina dan jenis lain berkembang menjadi jantan yang berdegenerasi yang bahkan tidak dapat mencari makanannya sendiri. Jantan bertahan hidup cukup lama untuk menghasilkan sperma yang membuahi telur, dan membentuk zigot resisten yang dapat bertahan hidup ketika kolam mengering. Ketika kondisi menjadi baik lagi, zigot tersebut mengakhiri masa dormansinya dan berkembang menjadi suatu generasi betina baru yang kemudian bereproduksi melalui parthenogenesis sampai kondisi menjadi tidak menguntungkan lagi. Perhatikan gambar berikut.

Gambar   Struktur tubuh cacing gilig (Nematoda)
Gambar   Struktur tubuh cacing gilig (Nematoda)
(Campbell, Reece & Mitchell, 2003)

Di  antara semua hewan yang  paling  tersebar luas,  cacing gilig  (Nematoda) ditemukan pada sebagian besar habitat akuatik, di dalam tanah lembap, di dalam jaringan lembap tumbuhan, dan di dalam cairan tubuh dan jaringan hewan. Sekitar 90.000 spesies kelas ini telah diketahui, dan yang sebenarnya ada mungkin mencapai 10 kali jumlah tersebut. Panjang cacing gilig berkisar antara kurang dari
1 mm hingga lebih dari 1 m. Tertutupi oleh kutikula keras dan transparan, tubuhnya yang silindris dan tak bersegmen itu meruncing membentuk ujung yang sangat halus ke  arah  posterior dan  menjadi suatu ujung buntu pada ujung kepala. Nematoda memiliki saluran pencernaan yang sempurna. Mereka tidak memiliki sistem sirkulasi, tetapi nutrien diangkut ke seluruh tubuh melalui cairan dala pseudoselom. Otot nematoda semuanya longitudianal, dan kontraksinya menghasilkan gerakan mendera.

Reproduksi Nematoda umumnya adalah secara seksual. Jenis kelamin umumnya terpisah pada sebagaian besar spesies, dan betina umumnya berukuran lebih besar dibandingkan dengan jantan. Fertilisasi terjadi secara internal, dan seekor betina dapat meletakkan 100.000 atau lebih telur yang terbuahi per hari. Zigot sebagian besar spesies adalah sel resisten yang mampu bertahan hidup pada lingkungan yang tidak bersahabat.

Filum Nematoda juga meliputi banyak hama pertanian yang menyerang akar tumbuhan. Spesies lain cacing gilig memparasiti hewan. Manusia menjadi inang bagi paling tidak 50 spesies Nematoda, termasuk berbagai cacing jarum (pinworm) dan cacing kait (hookworm). Salah satu Nematoda yang sangat berbahaya adalah Trichinella spinalis, cacing yang menyebabkan trikhinosis. Manusia tertular Nematoda tersebut dengan cara memakan daging babi atau daging lain yang terinfeksi dan kurang matang, yang mengandung cacing juvenile terbungkus sista dalam jaringan otot. Didalam usus manusia, juvenil tersebut akan berkembang menjadi cacing dewasa secara seksual. Betina akan menggali lubang di dalam otot usus halus dan menghasilkan lebih banyak lagi juvenil, yang nantinya membor tubuh manusia atau mengembara dalam pembuluh limfa untuk membungkus dirinya dengan sista dalam organ lain, termasuk otot rangka. 

e.        Selomata: Protostoma

Garis keturunan Protostoma hewan selomata terbagi menjadi beberapa filum, yang meliputi Mollusca, Annelida, dan Arthropoda.

1)        Filum Nemertea

Anggota filum Nemertea disebut dengan cacing proboscis atau cacing berbelalai. Posisi filum tersebut di pohon filogenetik saat ini masih diperedebatkan, meskipun sistematika molekuler mendukung bukti-bukti anatomis bahwa mereka berhubungan dengan garis keturunan protostoma. Tubuh cacing proboscis secara struktural adalah aselomata, seperti struktur tubuh cacing pipih, tetapi pada tubuh cacing proboscis terdapat kantung kecil yang penuh cairan yang dianggap oleh beberapa ahli biologi sebagai struktur yang homolog dengan rongga tubuh (selom) protostoma. Kantung dan cairan secara hidrolik mengoperasikan suatu proboscis yang dapat dipanjangkan sebagai alat bagi cacing tersebut untuk menangkap mangsanya.

2)        Filum-filum Lophophorata

Secara kolektif filum Bryzoa, Phoronida, dan Brachiopoda disebut hewan lofoforata karena memiliki struktur yang khas, yaitu lofofor. Lofofor adalah lipatan berbentuk tapal kuda atau sirkuler pada dinding tubuh dan mengandung tentakel bersilia yang mengelilingi mulut. Anus terletak di luar lilitan tentakel.

Bryozoa adalah hewan berkoloni yang sangat menyerupai lumut (moss). Bryozoa artinya “hewan lumut”. Pada sebagian besar spesies, koloni terbungkus dalam eksoskeleton keras berpori. Lofofor akan menjulur melalui pori-pori tersebut. Dari antara 5.000 spesies Bryozoa, sebagian besar hidup dalam laut, dimana mereka merupakan hewan sesil yang paling banyak dan luas penyebarannya. Beberapa spesies merupakan pembangun terumbu karang yang penting.

Phoronida adalah cacing laut yang tinggal dalam tabung yang panjangnya berkisar dari 1 mm sampai 50 cm. Beberapa diantaranya hidup terkubur dalam pasir di dalam tabung yang terbuat dari kitin, dan menjulurkan lofofornya dari pembukaan tabung dan menariknya ke dalam tabung ketika berada dalam keadaan terancam. 

Hanya terdapat sekitar 15 spesies cacing Phoronida yang terbagi dalam dua genus.
Brachiopoda atau lamp shell (cangkang lampu) sangat menyerupai remis dan moluska bercangkang dua, tetapi kedua paruh cangkang Brachiopoda adalah bagian dorsal dan ventral hewan tersebut dan bukan lateral, seperti pada remis. Hewan Brachiopoda hidup menempel pada substratnya melalui suatu tangkai, dan membuka cangkangnya sedikit untuk memungkinkan air mengalir diantara cangkang dan lofofor. Brachiopoda adalah hewan laut. Brachiopoda yang masih hidup adalah sisa-sisa dari masa lalu yangg jauh lebih jaya; hanya sekitar 330 spesies tersebut  yang  diketahui, tetapi  terdapat 30.000  spesies  fosil  zaman Paleozoikum dan Mesozoikum.

3)        Filum Mollusca

Keong atau bekicot dan slug (sejenis siput tak bercangkang), tiram, remis, gurita, dan cumi-cumi adalah hewan Mollusca. Secara keseluruhan, anggota filum Mollusca memiliki lebih dari 150.000 spesies yang telah diketahui. Sebagian besar Mollusca adalah hewan laut, meskipun beberapa diantaranya hidup di air tawar, serta ada juga keong dan slug yang hidup di darat. Mollusca adalah hewan berbadan lunak (Latin molluscus berarti “lunak”), tetapi sebagian besar terlindungi oleh suatu cangkang keras yang mengandung kalsium karbonat. Slug, sumi-cumi, dan gurita memiliki cangkang yang tereduksi, dimana sebagian besar diantaranya adalah cangkang internal, atau mereka telah kehilangan keseluruhan cangkang selama proses evolusinya.

Meskipun terdapat perbedaan yang jelas, semua Mollusca memiliki kemiripan dalam bangun tubuh. Tubuh Mollusca memiliki tiga bagian utama: kaki berotot, umumnya digunakan untuk pergerakan; massa viseral yang mengandung sebagian besar organ-organ internal; dan mantel, suatu lipatan jaringan yang menutupi massa  viseral  dan  mensekresi cangkang (jika  ada).  Pada  banyak Mollusca, mantel meluas melebihi massa viseral, dan menghasilkan suatu ruang yang penuh air, atau rongga mantel (mantle cavity), yang menampung insang, anus, dan pori ekskretoris. Banyak Mollusca mengambil makanan menggunakan organ kasar mirip tali karet yang disebut radula untuk mengorek makanan. 

Gambar   Struktur tubuh bekicot

Gambar   Struktur tubuh bekicot
(Campbell, Reece & Mitchell, 2003)

Bangun dasar tubuh Mollusca telah berkembang dengan berbagi cara pada kelas yang berlainan dalam suatu filum. Di antara delapan kelas, kita akan mengkaji empat yaitu Polyplacophora (chiton), Gastropoda (bekicot dan slug), Bivalvia (remis, tiram, dan bivalvia lainnya), dan Cephalopoda (cumi-cumi, gurita, dan Nautilus). 

4)        Filum Annelida

Annelida berarti “cincin kecil”, dan tubuh bersegmen yang mirip dengan serangkaian cincin yang menyatu merupakan ciri khas filum Annelida. Terdapat sekitar 15.000 spesies filum Annelida, yang panjangnya berkisar antara kurang dari 1 mm sampai 3 m pada cacing tanah raksasa Australia. 

Anggota filum Annelida hidup di laut, sebagian besar habitat air tawar dan tanah lembap. Beberapa hewan Annelida akuatik berenang untuk mencari makan, tetapi sebagian besar tinggal di dasar dan bersarang di dalam pasir   dan endapan lumpur; cacing tanah merupakan pembentuk sarang dalam lubang. Filum Annelida dibagi ke dalam tiga kelas: Oligochaeta (cacing tanah dan kerabatnya), Polychaeta, dan Hirudinea (lintah). Berikut disajikan tabel tentang karakteristik kelas-kelas Filum Annelida. 

5)        Filum Arthropoda

Diperkirakan bahwa populasi Arthropoda dunia, Hampir 1 juta spesies Arthropoda telah dideskripsikan, dan sebagian besar adalah serangga. Pada kenyataannya, dua dari setiap tiga organisme yang dikenal adalah hewan Arthropoda, dan anggota filum tersebut ada hampir pada semua habitat yang ada di biosfer. Berdasarkan kriteria keanekaragaman, penyebaran dan jumlah spesies, filum Arthropoda harus dianggap sebagai yang paling berhasil di antara semua filum hewan.

Gambar  . Struktur tubuh belalang

Gambar  . Struktur tubuh belalang
(Campbell, Reece & Mitchell, 2003)

Arthropoda berarti “kaki bersendi”. Kelompok segmen dan anggota badannya telah terspesialisasi untuk berbagai ragam fungsi. Tubuh Arthropoda sepenuhnya ditutupi oleh kutikula (cuticle), suatu eksoskeleton (kerangka eksternal) yang dibangun dari lapisan-lapisan protein dan kitin. Kutikula itu dapat merupakan pelindung yang tebal dan keras di atas beberapa bagian tubuh, dan setipis kertas dan fleksibel pada lokasi lain, seperti persendian. Arthropoda memiliki sistem sirkulasi terbuka (open circulatory system) dimana cairan yang disebut hemolimfa didorong oleh suatu jantung melalui arteri pendek dan kemudian masuk ke dalam ruang yang disebut sinus yang mengelilingi jaringan dan organ.

Dalam hal keanekaragaman spesies, serangga (Kelas Insecta) melebihi jumlah semua bentuk kehidupan lain digabungkan bersama-sama. Mereka hampir pada setiap habitat terestrial dan dalam air tawar, dan serangga terbang mengisi udara. Serangga jarang ditemukan di laut, dimana Crustacea merupakan Arthropoda yang dominan meskipun bukan berarti tidak ada sama sekali. Anatomi internal suatu serangga meliputi beberapa sistem organ kompleks. Sistem pencernaan yang sempurna dan terspesialisasi secara regional, dengan organ yang jelas yang berfungsi dalam perombakan makanan dan penyerapan zat-zat makanan. Sisa metabolisme dibuang dari hemolimfa melalui organ ekskretoris yang unik yang disebut  tubulus  Malphigi,  yang  merupkan  kantung  luar  saluran  pencernaan. 

Pertukaran gas pada serangga dilakukan melalui sistem trakea tabung bercabang yang dilapisi kitin yang menginfiltrasi tubuh dan membawa oksigen secara langsung ke sel. Sistem saraf serangga terdiri atas pasangan tali saraf ventral dengan beberapa ganglia segmnetal.

Banyak serangga mengalami metamorfosis dalam  perkembangannya. Dalam metamorfosis tak sempurna (incomplete metamorphosis) belalang dan beberapa ordo lain, hewan muda mirip dengan hewan dewasa tetapi berukuran lebih kecil dan memiliki perbandingan tubuh yang berbeda. Hewan itu akan mengalami serangkaian pergantian kulit atau molting, setiap kali setelahnya hewan itu kelihatan lebih mirip hewan dewasa, sampai ia  mencapai ukuran penuhnya. Serangga dengan metamorfosis sempurna (complete metamorphosis) memiliki tahapan larva yang dikhususkan untuk makan dan tumbuh yang dikenal dengan nama seperti belatung (maggot), tempayak (grub), atau ulat (caterpillar). Tahapan larva tampak berbeda sama sekali dari tahapan dewasa, yang dikhususkan untuk penyebaran dan reproduksi. 

Metamorfosis dari tahapan larva sampai dewasa terjadi selama tahapan pupa.

Fosil serangga tertua berasal dari masa Devon, yang dimulai sekitar 400 juta tahun silam. Entomologi, kajian mengenai serangga, adalah suatu bidang yang luas dengan banyak subspesialisasi, yang meliputi fisiologi, ekologi, dan taksonomi. Kelas Insecta dibagi menjadi sekitar 26 ordo

f.         Selomata: Deuterostoma

Apakah Anda pernah melihat bintang laut, bintang ular laut atau lili laut? Apa karakteristik dari hewan-hewan tersebut? Ya benar, salah satu ciri yang dapat terlihat langsung yaitu adanya duri. Hewan-hewan tersebut adalah anggota dari Filum Echinodermata.

Deuterostoma hewan selomata memiliki ciri khas yaitu pembelahan secara radial, perkembangan selom dari arkenteron, dan pembentukan mulut pada ujung embrio yang berlawanan arah dengan blastopori. Anggota hewan ini yaitu Filum Echinodermata dan Filum Chordata. Anggota Filum Echinodermata memiliki sistem pembuluh air dan simetri radial sekunder. Anggota Filum Chordata meliputi dua subfilum yaitu Invertebrata dan Vertebrata (ikan, amfibia, reptilia, burung, dan mamalia).

Anggota filum Echinodermata memiliki sistem pembuluh air dan simetri radial sekunder. Bintang laut dan sebagian besar Echinodermata (dari bahasa Yunani ehcin “berduri” dan derma “kulit”) adalah hewan sesil atau hewan yang bergerak lamban  dengan  simetri  radial  sebagai  hewan  dewasa.  Bagian  internal  dan eksternal hewan ini menjalar dari tengah atau pusat, seringkali berbentuk lima jari- jari. Kulit tipis menutupi eksoskeleton yang terbuat dari lempengan keras. Sebagian besar hewan Echinodermata bertubuh kasar karena adanya tonjolan kerangka dan duri yang memiliki berbagai fungsi. Yang khas dari Echinodermata adalah sistem pembuluh air  (water vascular system), suatu jaringan saluran hidrolik yang bercabang menjadi penjuluran yang disebut kaki tabung (tube feet) yang berfungsi dalam lokomasi, makan, dan pertukaran gas.

Di antara 7.000 atau lebih anggota filum Echinodermata, semuanya adalah hewan laut, dibagi menjadi enam kelas: Asteroidea (bintang laut), Ophiuroidea (bintang mengular), Echinoidea (bulu babi dan sand dollar), Crinoidea (lili laut dan bintang bulu), Holothuroidea (timu laut), dan Concentrychycloidea (aster laut). Aster laut yang baru ditemukan baru-baru ini, hidup pada kayu yang terendam air di laut dalam.

1)        Kelas Asteroidea

Bintang laut memiliki lima lengan (kadang-kadang lebih) yang memanjang dari suatu cakram pusat. Permukaan bagian bawah lengan itu memiliki kaki tabung, yang masing-masing dapat bertindak seperti suatu cakram penyedot. Bintang laut mengkoordinasikan kaki tabungnya untuk lekat menempel pada batuan dan atau untuk merangkak secara perlahan-lahan sementara kaki tabung tersebut memanjang, mencengkeram, berkontraksi, melemas, memanjang, dan mencengkeram seklai lagi. Bintang laut juga menggunakan kaki tabungnya untuk menjerat mangsa, seperti remis atau tiram. 

Gambar   Bintang laut


Gambar   Bintang laut                   
(https://australianmuseum.net.au/, 2018) 

2)        Kelas Ophiuroidea

Bintang mengular memiliki cakram tengah yang jelas terlihat, tangannya panjang dan sangat mudah bergerak. Kaki tabungnya tidak memiliki pemyedot, mereka bergerak dengan mencambukkan lengannya. Beberapa spesies adalah pemakan suspensi; yang lain adalah predator atau pemangsa bangkai

3)        Kelas Echinoidea

Bulu babi (sea urchin) dan dollar pasir (sand dollar) tidak memiliki lengan, akan tetapi mereka memiliki lima baris kaki tabung yang berfungsi dalam pergerakan lambat. Bulu babi juga memiliki otot untuk memutar durinya yang panjang, yang membantu dalam pergerakan. Mulut bulu babi dilingkari oleh struktur kompleks mirip rahang yang telah beradaptasi untuk memakan ganggang laut dan makanan lain. Bulu babi secara kasar bentuknya agak bulat, sementara tubuh dollar pasir pipih dan berbentuk cakram.

4)        Kelas Crinoidea

Lili laut menempel ke subtratum melalui batang; bintang bulu merangkak dengan menggunakan lengannya yang panjang dan fleksibel. Sebagai suatu kelompok, anggota kelas ini menggunakan lengannya dalam proses memakan suspensi. Lengan itu  mengelilingi mulut, yang diarahkan ke  atas, menjauhi subtratum. Crinoidea adalah suatu kelas purba yang tidak banyak berubah selama proses evolusinya; lili laut yang memfosil dengan umur sekitar 500 juta tahun hampir tidak dapat dibedakan dari anggota modern kelas tersebut


5)        Kelas Holothuroide

Pada pengamatan sepintas, ketimun laut (sea cucumber) tidak terlihat mirip dengan hewan Echinodermata lainnya. Mereka tidak memiliki duri dan endoskeletonnya yang keras sangat tereduksi. Tubuh ketimun laut memanjang sepanjang sumbu oral-aboral, sehingga memberikan bentuk ketimun seperti namanya dan yang selanjutnya membedakan hubungan mereka dengan bintang laut atau bulu babi. Namun demikian, pengamatan lebih dekat memperlihatkan adanya lima baris kaki tabung, bagian dari sistem pembuluh air yang hanya ditemukan pada hewan Echinodermata. Beberapa kaki tabung yang ada di sekitar mulut dikembangkan menjadi tentakel untuk makan.

Anggota filum Chordata meliputi dua subfilum invertebrata dan semua vertebrata. Filum ini terdiri atas dua subfilum Invertebrata ditambah subfilum Vertebrata, hewan yang memiliki tulang belakang. Pengelompokkan Chordata dengan Echinodermata  sebagai  deuterostoma  berdasarkan  kemiripan  perkembangan embrionik awal tidak berarti bahwa satu filum berkembang dari filum yang lain. Chordata dan Echinodermata telah ada sebagai filum yang berbeda paling tidak selama setengah miliar tahun; jika kemiripan dalam perkembangan bersumber dari nenek moyang yang sama, maka jalur evolusi kedua filum itu pasti telah memisah sangat dini.




sumber: modul belajar mandiri pppk ipa biologi , Pembelajaran 2. Keanekaragaman Makhluk Hidup dan Ekologi, Kemdikbud
Baca Juga

Bagikan Artikel



Komentar