Rangkuman Dan Rangkuman Materi Ekologi Biologi Populasi dan Konservasi


Rangkuman Ekologi Biologi Populasi 

●     Dua karakteristik penting pada populasi adalah kepadatan dan penyebaran.

Kepadatan adalah jumlah individu per satuan luas daerah atau volume dan penyebaran adalah jarak individu.

Populasi akan meningkat ukurannya dengan terjadinya kelahiran dengan imigrasi individu populasi lain, sedangkan populasi menurun ukurannya dengan terjadinya kematian dan dengan emigrasi individu dari populasi tersebut.

Variasi genetik terjadi disebabkan oleh adanya mutasi (perubahan dalam urutan nukleotida DNA) dan rekombinasi seksual.Seleksi alam dapat mempengaruhi frekuensi suatu sifat  yang  dapat diturunkan dalam suatu populasi dalam tiga cara yaitu menstabilkan, mengarahkan atau menganekaragamkan.

Interaksi antarspesies dapat berpengaruh positif, negatif atau netral terhadap kepadatan suatu populasi dengan digambarkan simbol (+, -  dan 0).Interaksi antarspesies dapat menjadi faktor seleksi yang kuat dalam evolusi. Koevolusi, (interaksi timbal balik resiprokal) antara dua spesies yang menghasilkan suatu rentetan adaptasi dan kontraadaptasi, hubungan pemangsa dengan mangsa, mutualisme, dan hubungan inang dengan parasit.

Rangkuman Ekologi Biologi Konservasi

Aktivitas  manusia  terutama  pertanian  dan  rumah  tangga  menyebabkan terjadinya eotrofikasi yang mengakibatkan banyaknya pupolasi hewan dan tumbuhan tidak bisa bertahan hidup pada wilayah perairan karena persaingan untuk mendapatkan cahaya dan O2. Aktivitas manusia dari penggunaan bahan bakar fosil yang semakin meningkat menyebabkan suhu bumi semakin panas yang berakibat pada perubahan pola iklim, naiknya permukaan air laut dan semakin seringnya bencana yang disebabkan oleh angin topan. Diperlukan peran pemerintah untuk mengatur penggunaan bahan bahan kimia yang dapat mencemari lingkungan merupakan upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah kerusakan lingkungan yang lebih buruk.

Ledakan    populasi    manusia    mengubah    habitat    dan    mengurangi keanekaragaman biologis di dunia yang dapat dicegah dengan melakukan konservasi pada tingkat gen, spesies, komunitas, ekosistem dan bentang alam

Nitrogen memasuki ekosistem melalui dua jalur ilmiah, yaitu deposit pada atmosfer dan melalui fiksasi nitrogen. Siklus fosfor tidak meliputi pergerakan melalui atmosfer, karena tidak ada gas yang mengandung fosfor secara signifikan. Fosfor hanya ditemukan dalam satu bentuk anorganik penting, fosfat (PO43-) yang diserap oleh tumbuhan dan digunakan untuk sintesis organik.




sumber: modul belajar mandiri pppk ipa biologi , Pembelajaran 2. Keanekaragaman Makhluk Hidup dan Ekologi, Kemdikbud
Baca Juga

Bagikan Artikel



Komentar