Ekosistem : Pengertian, Komponen, Interaksi, upaya manusia pemeliharaan dan Memperbaiki Ekosistem


Pengertian Ekosistem

Ekosistem meliputi semua organisme dalam suatu daerah tertentu dan faktor- faktor abiotik yang berinteraksi dengannya, atau suatu komunitas dengan lingkungan fisiknya (Campbell, 2004). 

Ekosistem dapat dipahami dan dipelajari dalam berbagai ukuran, asalkan ada komponen pokok (biotik dan abiotik) yang bekerja bersamaan untuk mencapai semacam kemantapan fungsional. Memang kebanyakan ekosistem tidak pernah dapat ditentukan benar batasan-batasannya. Reiners (1986), dalam Stilling (1992), berpendapat bahwa untuk alasan ini dan yang lainnya ekosistem hendaknya paling sedikit merupakan suatu tingkat organisasi ekologi. Ia menyarankan tentang kekurangan suatu sistem yang logis dari prinsip-prinsip yang berhubungan dan suatu pemahaman yang baik serta keluasan fokus yang diterima. 

Keuntungan yang paling besar dari ekologi ekosistem  adalah  aliran  energi  dan  siklus  nutrien,  dimana  komunitas  dan populasi dapat diperbandingkan satu sama lain dan di dalam tingkatan trofik tertentu.

Makhluk hidup dalam kehidupannya akan melakukan hubungan timbal balik dengan segala sesuatu di lingkungan sekitarnya. Lingkungan tempat hidup makhluk hidup ini juga disebut habitat. Ada berbagai macam habitat tetapi pada dasarnya hanya dua, yaitu habitat aquatik (sungai, danau, dan laut), serta habitat terestrial atau daratan.

Hubungan   timbal   balik   atau   interaksi   antara   makhluk   hidup   dengan lingkungannya terjadi karena makhluk hidup mengambil sesuatu dari lingkungan. Misalnya, makanan, minuman, tempat membuat sarang, dan sebagainya. Sementara organisme juga memberikan atau menempatkan, sesuatu kepada lingkungannya. Apa saja yang diberikan makhluk hidup tersebut terhadap lingkungannya? Makhluk hidup ini selanjutnya kita sebut organisme. Organisme akan mengeluarkan sisa-sisa pencernaan dan lain-lain ke lingkungannya. Ada juga organisme yang mengeluarkan gas ke lingkungannya.

Setiap organisme hidup (biotik) di lingkungan atau di suatu daerah berinteraksi dengan faktor-faktor fisik dan kimia yang biasa disebut faktor biotik (yang tidak hidup).   Faktor   biotik   dengan   abiotik   saling   mempengaruhi   atau   saling mengadakan pertukaran material yang merupakan suatu sistem. Disebut sistem karena penyebaran organisme hidup di dalam lingkungan tidak terjadi secara acak, menunjukkan suatu “keteraturan” sesuai dengan kebutuhan hidupnya. Setiap sistem yang demikian disebut ekosistem. Jadi komunitas dengan lingkungan fisiknya membentuk ekosistem. 

1.  Komponen Ekosistem

Ekosistem merupakan suatu kesatuan dinamis yang terdiri atas komunitas berbagai spesies yang berinteraksi dengan lingkungannya baik biotik maupun abiotik.

a.  Faktor Biotik

Merupakan  bagian  hidup  dari  lingkungan,  termasuk  semua  organisme  yang dapat berinteraksi satu sama lain. Makhluk hidup sebagai komponen biotik terdiri dari individu, populasi dan komunitas.

1)        Individu

Bila kita mengamati organisme satu persatu sebagai individu, maka individu ini dapat kita lihat, dihitung, diukur, dipakai percobaan. Kadang-kadang organisme itu berkelompok menjadi satu sehingga keseluruhannya terlihat sebagai individu. Misalnya binatang karang, rumpun bambu dan lain-lain.

2)        Populasi

Populasi adalah kumpulan individu yang hidup di suatu tempat pada suatu waktu tertentu. Spesies adalah kelompok organisme yang mampu berbiak silang sesamanya   dan menghasilkan keturunan yang fertil (pada kondisi alami). Populasi berhubungan dengan jenis individu, waktu dan tempat. Kepadatan populasi artinya individu-individu dihubungkan dengan ruang yang ditempati, Misalnya, di kelas A 40 orang, dikatakan kepadatan populasi 40 orang tiap kelas.

3)        Komunitas

Kelompok organisme yang hidup bersama-sama terdiri dari bermacam-macam populasi disebut komunitas. Suatu komunitas biotik terdiri dari tumbuh-tumbuhan, hewan dan manusia.

Setiap makhluk hidup mempunyai fungsi dan tugas yang berbeda dalam lingkungannya. Secara garis besar jabatan atau fungsi organisme dalam suatu komunitas dibedakan menjadi 4 kelompok, yaitu produsen, konsumen, pengurai, dan detritivor.

Produsen atau penghasil terdiri atas organisme autotrof, yaitu organisme yang dapat mensintesis (membuat) makanan sendiri. Organisme autotrof menyusun senyawa organik dari senyawa anorganik melalui fotosintes atau kemosintesis. 

Organisme autotrof biasanya adalah tumbuhan berklorofil, beberapa jenis bakteri dan ganggang biru.

Konsumen atau pemakai terdiri atas organisme heterotrof, yaitu organisme  yang menggunakan senyawa organik yang dihasilkan oleh produsen. Termasuk ke dalam konsumen adalah hewan dan manusia.

Pengurai disebut juga perombak atau dekomposer, adalah organisme heterotrof yang menguraikan produsen dan konsumen yang sudah mati. Dalam penguraiannya materi organik yang kompleks akan diubah menjadi materi yang lebih  sederhana  dan  akhirnya  menjadi  mineral-mineral  yang  dimanfaatkan kembali oleh produsen. Pengurai umumnya berupa mikroorganisme seperti bakteri dan jamur.

Selain   pengurai   ada   kelompok   mikroorganime   yang   termasuk   detritivor. Detritivor adalah organisme yang memakan bahan organik (sampah-serasah) menjadi partikel-partikel yang lebih kecil (detritus), misalnya cacing tanah, serangga tanah, siput, keluwing dan teripang.

b.   Faktor Abiotik

Abiotik merupakan komponen fisik atau bagian yang tidak hidup dari lingkungan. Kemampuan  organisme  untuk  hidup  dan  berkembang  biak  tergantung  pada faktor fisika dan kimia lingkungannya. Misalnya air, tanah, suhu, cahaya, udara, tekanan udara, topografi, tekanan udara.

1)    Air

Air diperlukan oleh tumbuhan untuk fotosintesis. Selain itu, juga air berguna untuk melarutkan mineral dalam tanah sehingga mudah diserap oleh akar tumbuhan, dan menjaga kesegaran tumbuhan. Bagi hewan darat air berguna untuk minum, bagi hewan air untuk melarutkan oksigen. Sebagian besar tubuh mahluk  hidup  terdiri  dari  air  dan  setiap  hari  membutuhkan  air.sedang  air berfungsi: a) sebagai pelarut zat yang diperlukan tubuh, b) sebagai alat transpor zat dalam tubuh, c) mengatur suhu tubuh, d) tempat bereaksinya zat dalam tubuh.

2)  Tanah

Tanah selain berfungsi sebagai tempat berpijaknya makhluk hidup juga bertindak sebagai substrat atau tempat hidup organisme. Tanah juga menyediakan kebutuhan makhluk hidup seperti unsur hara dan mineral. Suatu jenis individu mungkin tidak cocok hidup di sembarang tanah,  sebab tanah yang berbeda mungkin memiliki pH yang berbeda, kelembapan yang berbeda maupun tingkat kesuburan yang berbeda.

3)  Suhu

Makhluk hidup dapat hidup dengan suhu tertentu, yaitu:

a)    Suhu maksimum: suhu yg paling tinggi yang masih memungkinkan untuk hidup.

b)    Suhu optimum: suhu yang paling baik untuk hidup. 

c)    Suhu minimum: suhu yg paling rendah yg masih memungkinkan untuk hidup.

4)  Cahaya

Cahaya matahari, merupakan sumber energi di bumi. Semua mahluk hidup baik langsung  maupun  tak  langsung  energinya  berasal  dari  matahari.  Cahaya matahari merupakan komponen abiotik yang berfungsi sebagai energi primer bagi ekosistem. Sebagai sumber energi utama, cahaya penting untuk proses fotosintesis.

5)  Udara

Komponen udara yang terpenting adalah O2 (Oksigen) untuk proses pembakaran zat dalam tubuh, sedangkan CO2 (karbon dioksida) bahan mentah dalam proses asimilasi.

6)  Tekanan udara

Faktor  ini  tidak  berpengaruh  secara  langsung  pada  mahluk  hidup,  karena makhluk hidup dapat menyesuaikan diri.

7)  Topografi

Topografi meliputi faktor altitude, yaitu ketinggian suatu tempat yang diukur dari permukaan   laut   dan   latitude,   yaitu   letak   lintang   yang   diukur   dari   garis khatulistiwa. Topografi mempunyai pengaruh yang besar terhadap penyebaran. makhluk   hidup   yang   tampak   jelas   pada   penyebaran   tumbuhan.   Hal   ini disebabkan adanya perbedaan topografi yang mengakibatkan intensitas cahaya, suhu, dan curah hujan berbeda-beda di setiap tempat.

8)  Iklim

Iklim merupakan komponen abiotik yang terbentuk sebagai hasil interaksi berbagai komponen abiotik lainnya, seperti kelembaban udara, suhu dan curah hujan. Iklim sangat memengaruhi kesuburan tanah, tetapi kesuburan tanah tidak berpengaruh terhadap iklim. 

2. Interaksi dalam ekosistem

Tuhan menciptakan alam semesta beserta hukum alam (sunnatullah) yang mengaturnya. Salah satu hukum alam adalah terjadinya hubungan yang saling mempengaruhi. Ekosistem merupakan suatu kesatuan yang lengkap, yang di dalamnya terdapat berbagai komunitas yang saling mempengaruhi (berinteraksi). 

interaksi dalam ekosistem dapat terjadi antar organisme maupun antara organisme dengan lingkungannya. Hubungan antar organisme dapat bersifat saling menguntungkan, merugikan, bahkan saling berkompetisi. Pola-pola interaksi dalam ekosistem dapat berupa interaksi antar faktor biotik maupun antara faktor biotik dengan faktor abiotik, baik dalam tingkat spesies, populasi, maupun komunitas.

a. Interaksi Antara Faktor Biotik dengan Abiotik

Keberadaan faktor biotik atau organisme baik secara langsung maupun tidak langsung dipengaruhi oleh faktor abiotik. Faktor abiotik yang mempengaruhi organisme antara lain berupa kondisi tanah, kandungan unsur hara, iklim (kelembaban, suhu), kandungan air, dan topografi.

Suatu contoh yang sangat nyata, di daerah-daerah yang curah hujannya tinggi mempunyal jenis tumbuhan yang berbeda dengan daerah yang curah hujannya rendah. Hewan dan tumbuhan yang hidup di hutan berbeda dengan hewan atau tumbuhan yang hidup di padang rumput atau di gurun.

Selain itu, faktor abiotik juga dapat mempengaruhi populasi organisme. Misalnya populasi nyamuk akan meningkat sangat drastis pada musim hujan, beberapa tumbuhan akan semakin cepat bertambah populasinya pada musim hujan. Sebaliknya, pada musim kemarau beberapa tumbuhan, misalnya rumput mengalami penurunan populasi.

b. Interaksi Antar Faktor Biotik

Interaksi antar faktor biotik dapat terjadi pada tingkat individu atau spesies, populasi dan komunitas. lnteraksi tersebut dapat berupa kompetisi, predasi, dan simbiosis.

1)  Kompetisi

Kompetisi adalah bentuk hubungan antara spesies yang satu dengan yang lain jika terjadi persaingan di antara mereka. Persaingan dapat terjadi karena faktor makanan, tempat hidup, atau pasangan hidup. 

Contoh:

a) Kompetisi  antara  kambing,  kerbau,  dan  sapi  dalam  usaha  memenuhi kebutuhan makan yang berupa rumput.

b) Kompetisi antara tanaman jagung dengan rumput dalam memenuhi unsur hara dalam tanah.

2)  Simbiosis

Simbiosis  adalah  hubungan  erat  antara  dua  organisme  dan  spesies  yang berbeda yang hidup bersama di suatu daerah. Simbiosis dapat digolongkan menjadi tiga sebagal berikut.

a) Simbiosis mutualisme, jika kedua organisme mendapatkan keuntungan dari hubungan tersebut.

Contoh:

(1)       Simbiosis antara Iebah dengan tanaman berbunga. Lebah mendapatkan makanan berup nektar, sebaliknya lebah membantu penyerbukan.

(2)       Simbiosis   antara   tanaman   Leguminosa   dengan   bakteri   Rhizobium radicicolla.  Rhizobium  radicicolla  mampu  menambat  oksigen  bebas  untuk sumber energi. Gas nitrogen akan mengalami oksidasi menjadi ion nitrat, yang dapat diserap oleh tumbuhan Leguminosa.

(3)       Simbiosis antara rayap dengan sejenis Flagellata yang hidup di dalam usus rayap. Flagellata yang hidup dalam usus rayap membantu pencernaan selulosa, dalam rangka memenuhi kebutuhan makannya.

b) Simbiosis    komensalisme,    jika    salah    satu    organisme    mendapat keuntungan, sedang organisme yang lain tidak dirugikan.

Contoh:

(1)  Simbiosis antara ikan remora dengan ikan hiu. Ikan remora mendapatkan sisa-sisa makanan dan ikan hiu.

(2)    Simbiosis antara tanaman epifit dengan tumbuhan bertajuk tinggi.

Tumbuhan menyediakan medium tumbuh atau tempat menempel bagi tanaman epifit.

(3)   Simbiosis antara ikan badut dengan anemon laut. Anemon laut menyediakan persembunyian atau perangkap makanan bagi ikan badut. 

c) Simbiosis parasitisme, jika salah satu organisme mendapat keuntungan, sedang organisme yang lain dirugikan. Organisme yang mendapat keuntungan dinamakan parasit, sedang yang mendapat kerugian dinamakan inang atau hospes. Organisme parasit mendapat keuntungan karena mendapat zat-zat makanan dan tubuh inang.

Contoh:

(1)  Kutu rambut pada kepala manusia (ektoparasit). 

(2)  Pinjal pada kulit anjing (ektoparasit).

(3)  Cacing perut (Ascaris lumbricoides) dan cacing pita  dalam  usus manusia (endoparasit).

d)        Antibiosis

Antibiosis  adalah  hubungan  antara  dua  organisme  yang  satu  menghambat pertumbuhan organisme yang lainnya.

Contoh:

(1)    Jamur   Penicillium   menghambat   pertumbuhan   bakteri   dengan mengeluarkan zat antibiotik penisilin.

(2)    Jamur   Aspergillus   flavus   menghasilkan   aflatoksin   yang   dapat menghambat pertumbuhan bakteri.

e)  Predasi

Predasi adalah hubungan antara pemangsa (predator) dengan mangsa. Predasi dapat dilihat dengan jelas pada rantai makanan atau jaring-jaring makanan, yaltu antara  konsumen  I  dengan  konsumen  II  atau antara  konsumen  II     dengan konsumen III. Organisme yang memakan organisme lain disebut predator. Perhatikan peristiwa predasi pada rantai makanan di bawah ini.



3. Pola Makan

a)  Rantai Makanan dan Jaring-Jaring Makanan

Selain terjadi interaksi antar faktor biotik di dalam rantai makanan terjadi pula interaksi faktor biotik-abiotik. Hubungan antar faktor biotik yang menyusun rantai makanan dengan faktor abiotik (lingkungan) dapat terjadi secara langsung maupun tidak langsung. Ketersediaan unsur hara dalam tanah sangat mempengaruhi kehidupan tumbuhan (produsen). 

Kelangsungan hidup secara langsung mempengaruhi kehidupan konsumen I, sebaliknya ketersediaan unsur hara dalam tanah tidak berpengaruh secara langsung terhadap konsumen. Hal yang sama dapat juga terjadi pada jaring-jaring makanan. Jaring-jaring makanan adalah sekumpulan rantai makanan yang saling berhubungan satu sama lain.

Pada hutan muda, jumlah total bahan organik makin meningkat setiap tahun dengan meningkatnya ukuran pohon. Ini pun merupakan penyimpanan, tetapi jika hutan menjadi dewasa, bahan organik akan hilang karena kematian dan kehancuran. Energi yang hilang (hancur) tersebut, jika ditambahkan dengan kehilangan karena dimakan hewan, maka jumlahnya sama dengan produk bersih tumbuhan. Dalam hal ini tidak ada pertambahan lebih lanjut dalam biomassa dari tahun ke tahun. Istilah biomassa digunakan untuk melukiskan seluruh bahan organik yang terdapat dalam satu ekosistem.

Jika sebagian biomassa suatu tumbuhan dimakan, energi itu diteruskan ke suatu heterotrof.   Pada   belalang   misalnya,   untuk   tumbuh   dan   melaksanakan kegiatannya berkat energi yang tersimpan dalam tumbuhan yang dimakannya.

Pada   gilirannya,   herbivora   akan   menyediakan   makanan   untuk   karnivora. Belalang tadi dapat dimakan oleh katak. Proses pemindahan energi dari makhluk ke makhluk dapat berlanjut. Katak dapat dimakan oleh ular, yang pada gilirannya ular dimakan oleh burung elang.

Lintasan  konsumsi  makanan  di  sebut  Rantai Makanan, atau food chains makanan berasal dari organisme autotrofik. Organisme yang langsung memakan tumbuhan disebut herbivor (konsumen primer), yang memakan herbivor disebut karnivor (konsumen sekunder), dan yang memakan konsumen sekunder disebut konsumen tersier. Setiap tingkatan organisme dalam satu rantai makanan disebut tingkatan tropik.

b)  Piramida Makanan

Pada ekosistem yang mantap jumlah produsen lebih besar daripada konsumen. Apabila dirinci Iebih lanjut, jumlah produsen Iebih besar daripada konsumen I, konsumen I Iebih besar daripada konsumen II, konsumen II Iebih besar daripada konsumen III, demikian seterusnya. Apabila keadaan tersebut kita gambarkan akan  membentuk  suatu  piramida  makanan,  seperti  terlihat  pada  gambar  di bawah. Piramida makanan yaitu tingkatan organisasi makhluk hidup yang didasarkan atas hubungan makan memakan.

Setiap kelompok organisme di dalam piramida makanan menempati tingkat tertentu,  yang  disebut  tingkat  trofik.  Produsen  selalu  menempati  trofik  I, konsumen primer menempati trofik II, konsumen sekunder menempati trofik III, demikian   seterusnya.   Semakin   rendah   tingkat   trofiknya,   semakin   besar kandungan energi atau biomassanya.



Gambar   Piramida Makanan

(Sumber : Estella Lavelin at.al. 1998. Botani Visual Resource Library. Mc.Graw Hill Co.)

Piramida makanan disebut juga piramida jumlah dan merupakan salah satu jenis piramida ekologi. Menurut fungsinya, piramida ekologi terbagi menjadi beberapa macam yaitu piramida jumlah, piramida energi, dan piramida biomassa.

c)  Aliran Energi

Dalam suatu rantai makanan terjadi peristiwa makan dan dimakan antara produsen  dan  konsumen.  Perhatikan  lagi  gambar  rantai  makanan  di  depan. Ketika tikus makan padi, terjadi perpindahan materi kimia dan padi (produsen) ke tubuh tikus (konsumen). 

Demikian juga ketika tikus dimakan ular, terjadi perpindahan materi atau energi dan tikus (konsumen I) ke ular (konsumen II). Demikian seterusnya hingga materi kembali lagi ke alam, yaitu saat hewan mati dan diuraikan menjadi materi yang Iebih sederhana oleh jasad pengurai. Dengan demikian, dalam peristiwa makan dan dimakan terjadi aliran energi . 

Di alam aliran energi berjalan dan lingkungan abiotik (matahari), organisme (produsen) konsumen kembali ke alam (udara, air, dan tanah).



Gambar  Hubungan antara aliran energi, daur materi dan rantai makanan

(sumber: Biologi BSE kelas X, 2009)

Tidak semua energi berpindah dari trofik satu ke trofik berikutnya, karena sebagian energi itu telah digunakan untuk melakukan kegiatan hidup oleh organisme dalam trofik tersebut. Jadi, energi yang diteruskan dan organisme satu (produsen) menuju organisme yang lain (konsumen) selalu lebih kecil. Apabila digambarkan, aliran energi dan trofik yang Iebih rendah menuju trofik yang lebih tinggi merupakan piramida, dan disebut piramida energi.

Piramida energi merupakan piramida yang ideal untuk menunjukkan hubungan antar  organisme  pada tiap  tingkatan  trofik.  Hal  ini  karena  adanya  beberapa kelebihan piramida energi, yaitu sebagai berikut:

1)    Mempertimbangkan kecepatan produksi.

2)  Berat dua spesies yang sama tidak berarti memiliki energi yang sama.

3)  Dapat digunakan untuk membandingkan berbagai ekosistem.

4)  Mementingkan kedudukan populasi dalam suatu ekosistem.

5)  Dapat mengetahui konsumen yang paling produktif ditinjau dari sisi keluaran energi. 

4. Siklus Biogeokimia

Daur biogeokimia adalah siklus yang melibatkan senyawa kimia yang berpindah tempat melalui organisme sebagai perantara kemudian senyawa ini kembali ke lingkungan fisiknya. Pembangun tubuh organisme adálah materi yang tersusun dan unsur-unsur kimia. Unsur-unsur yang ada di alam ini tidak mungkin habis karena mengalami daur ulang (siklus zat). Beberapa siklus unsur atau zat kimia yang penting antara lain siklus nitrogen (N), siklus karbon (K), dan siklus air.

a.  Siklus Nitrogen

Tahapan siklus nitrogen berlangsung sebagai berikut.

1) Atmosfer   mengandung   80%   nitrogen   bebas   (N2)   tumbuhan   dapat menyerap nitrogen dalam bentuk nitrat (NO3).

2) Beberapa bakteri pada bintil akar Leguminosae dan beberapa ganggang dapat memfiksasi N2   dan udara.

3) Halilintar juga menghasilkan bentuk senyawa N2 dan O senyawa tersebut terbawa air hujan berupa nitrat dan nitrit.

4) Mikroorganisme mengurai bangkai dan kotoran menjadi amonium, bakteri denitrifikasi, dalam tanah mengurai nitrat menjadi N bebas ke udara.

Siklus Karbon

Tahapan siklus karbon berlangsung sebagai berikut.

1)    Karbon di udara dalam bentuk CO2  dan dapat terlarut datam air.

2) Pada tumbuhan darat maupun fitoplankton di dalam air CO2 diubah menjadi karbohidrat melalui proses fotosintesis. Dalam fotosintésis, dihasilkan pula O2   yang dilepas ke udara.

3) Karbohidrat       digunakan      oleh    konsumen      untuk  mendapatkan energi,  Konsumen  juga  melakukan  respirasi  serta  melepas  CO2 ke udara.

4)    Bakteri dan jamur saat mengurai bangkai melepaskan CO2   ke udara.

5) Penguraian  oleh  bakteri  yang  berjalan  lambat  dapat  mengakibatkan penumpukan karbon bentuk batu bara dan minyak bumi.

b.  Siklus Air

Bumi dikenal sebagai ’planet air’ karena komposisi airnya yang sangat banyak dibanding  planet  lainnya  di  sistem  tata  surya.  Akan  tetapi  makhluk  hidup termasuk manusia tidak bisa mengkonsumsi air laut yang asin. Namun kita patut bersyukur kepada Tuhan, siklus air membantu tersedianya air tawar yang bermanfaat bagi makhluk hidup. Tahapan siklus Air berlangsung sebagai berikut.

1) Air di bumi dapat berupa air permukaan (rawa, danau, lautan) maupun air tanah.

2)     Siklus air dibedakan menjadi dua yaitu siklus pendek dan panjang.

3) Siklus air pendek yaitu air laut menguap, uap air di udara dingin mengalami kondensasi  menjadi  titik-titik  air  dan  jatuh  sebagai  hujan,  selanjutnya kembali ke laut.

4) Siklus  air  panjang  yaitu  uap  air  yang  berasal  dan  berbagai  proses penguapan, jatuh sebagai hujan di daratan kemudian melalui sungai atau air tanah kembali ke laut.

c.   Siklus Fosfor

Fungsi fosfor bagi makhluk hidup, antara lain fosfor dalam bentuk Adenosin Trifosfat (ATP) merupakan bahan bakar (energi) bagi makhluk hidup. Cadangan fosfat yang dapat larut, dapat digunakan langsung sebagai zat hara primer dalam sintesis protein oleh tumbuhan. Melalui rantai makanan fosfat dapat beralih ke tingkat tropik yang lebih tinggi. Jika organisme mati, fosfor dikembalikan ke tanah melalui proses penguraian

Kelebihan fosfat yang diekskresikan burung dan ikan dalam tinjanya juga mengembalikan fosfor ke lingkungan. Guano (deposit kotoran burung) juga merupakan akumulasi fosfor yang dikembalikan ke daratan.

d.  Sulfur/ Belerang

Sulfur  terdapat  dalam  bentuk  sulfat  anorganik.  Sulfur  direduksi  oleh  bakteri menjadi sulfida dan kadang-kadang terdapat dalam bentuk sulfur dioksida atau hidrogen sulfida. Hidrogen sulfida ini sering kali bersifat mematikan makhluk hidup di perairan, pada umumnya dihasilkan dari penguraian bahan organik yang mati. lon sulfat kemudian diserap tumbuhan dan diubah menjadi protein. Jika jaringan tumbuhan atau binatang mati akan mengalami proses penguraian. Beberapa  jenis  bakteri  dapat  mengoksidasi  hidrogen  sulfida  menjadi  sulfat kembali.   Besi   (Fe)   dalam   sedimen   bereaksi   dengan   sulfida   membentuk ferosulfida (FeS) yang mengendap. 

5. Suksesi

Proses perubahan dalam  komunitas yang berlangsung  menuju  ke  satu  arah secara teratur disebut suksesi. Suksesi terjadi akibat dari perubahan lingkungan fisik dalam komunitas. Proses suksesi berakhir dengan sebuah komunitas atau ekosistem klimaks. Dikatakan klimaks karena ekosistem tersebut sudah stabil atau tidak akan berubah lagi.

a.      Faktor Internal dalam Penyebab Suksesi

Contoh  klasik  untuk  menggambarkan  peristiwa  suksesi  adalah  kejadian  di gunung  Krakatau,  Jawa Barat.  Pada tahun 1883  Gunung  Krakatau  meletus, semua kehidupan di gunung tersebut musnah. Seratus tahun kemudian ternyata di tempat tersebut sudah terbentuk hutan kembali.

Mula-mula yang berkoloni adalah sejenis lumut kerak (lichen) dan beberapa jenis lumut tertentu. Asam-asam yang dieksresi oleh Lichen itu menghancurkan substrat   batuan   dan  menyediakan sedikit   tanah.   Partikel   tanah tambahan terbentuk karena penghancuran oleh iklim dan terbawa angin. Penghancuran dan pembusukan terhadap lichen dapat menambahkan sedikit humus, sehingga lumut lain menetap. Setiap musim terdapat pertumbuhan baru yang lama membusuk (menyediakan humus). Tidak lama kemudian tersedia cukup tanah untuk paku-pakuan dan kemudian tumbuh rerumputan, kemudian semak (perdu). Keadaan ini menyediakan kondisi pertumbuhan yang amat baik untuk biji-biji tumbuhan tinggi (pohon).



Gambar   Suksesi tumbuhan dalam suatu rawa yang dimulai dengan batang tumbuhan rawa, yang tumbuh keluar daridalam air, rnaka terbentuk selapis vegetasi yang makin lama makin tebal sesuai dengan tahun-tahun yang berlalu dan area perairan terbuka makin menciut
(Chaerun dkk. 2002). 

Biji, spora dan benih dalam bentuk lain datang dari luar dan sampai ke substrat baru dibawa oleh angin, air atau hewan. Tumbuhan atau organisme lain yang mampu menghuni untuk pertama kali disebut tumbuhan pelopor (vegetasi perintis). Disebut vegetasi perintis karena organisme tersebut mampu  membuka lahan untuk hidupnya organisme lain. Suksesi yang terjadi pada   suatu lahan yang rusak total ( tidak ada organisme yang hidup) disebut suksesi primer . Jenis suksesi yang kedua adalah suksesi sekunder. Suksesi sekunder  terjadi  jika  suatu  komunitas  atau  ekosistem  alami  terganggu,  baik secara alami maupun buatan. Banjir, kebakaran, angin kencang, gelombang laut, dan penebangan hutan merupakan contoh-contoh gangguan tersebut.

b.   Faktor-Faktor Eksternal Penyebab Suksesi

Selain  disebabkan oleh peristiwa  suksesi alam,  perubahan-perubahan lingkungan disebabkan oleh ulah manusia. Bahkan ulah manusia sangat besar peranannya dalam mengubah keseimbangan lingkungan.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi memberi kemudahan kepada manusia memperlakukan lingkungan sesuai kehendaknya. Penebangan hutan menjadi semena-mena. 

Pembukaan lahan untuk kepentingan-kepentingan tertentu seperti real estate, villa, atau bahkan pabrik-pabrik industri dilakukan tanpa perhitungan yang matang. Penggunaan dinamit atau trawl (pukat harimau) dalam menangkap ikan dan masih banyak lagi.
Berikut ini adalah beberapa kenyataan perubahan lingkungan yang terjadi akibat ulah manusia:

1)        Menciutnya Areal Hutan

Banyak hal yang dapat menyebabkan bekurangnya areal hutan, antara lain:

a)  Penebangan liar

Menurut   penelitian   tahun   1986/1987,   penebangan   kayu   untuk   tujuan komersial mencapai 80 ribu hektar/tahun.

b)  Kebakaran hutan

Walaupun kebakaran hutan dapat terjadi secara alami, tetapi ulah manusia kadang-kadang dapat memicu peristiwa. Kebakaran hutan akan menurunkan kualitas tanah tersebut, sehingga sulit untuk ditanami lagi. Dalam periode
1979- 1984 kebakaran hutan mencapai 70 ribu hektar/tahun. Pembukaan hutan untuk tujuan proyek-proyek pembangunan    pada periode yang sama mencapai   250   hektar/tahun.   Akibat   konversi   lahan   untuk   perkebunan termasuk peladangan berpindah (di Sumatera, Kalimantan, dan Irian Jaya)

2)        Meningkatnya Pencemaran

Menurut   Supardi   (1994)   yang   dimaksud   pencemaran   lingkungan   adalah terjadinya pencemaran yang dapat menyebabkan penurunan kualitas lingkungan dan terganggunya kesehatan serta ketenangan makhluk hidup. Sedangkan menurut Sasatra Wijaya (1991) pencemaran lingkungan terjadi apabila ada penyimpangan dari lingkungan yang disebabkan oleh pencemaran dan berakibat jelek terhadap lingkungan.

6. Upaya manusia dalam pemeliharaan Ekosistem


Tanah  air  Indonesia  kaya  dengan  sumber  daya  alam  yang  terbentang  dari sabang  sampai  Merauke.  Di  dalamnya  terdapat  air,  udara,  dan  tanah  serta apapun yang ada yang terkandung sebagai sumber daya alam   (SDA)   yang diakui milik bersama. Penyalahgunaan SDA ”milik bersama” tersebut disebabkan oleh diabaikannya biaya-biaya lingkungan hidup yang timbul di dalam aktivitas pembangunan, misalnya pabrik semen tidak memikirkan pencemaran udara, karena fungsinya memproduksi semen. 

Nelayan hanya memikirkan bagaimana mendapatkan ikan sebanyak-banyaknya, pengusaha hutan hanya memikirkan kayu sebanyak-banyaknya. Contoh lain sebuah pabrik tekstil meminimalkan ongkos dengan cara membuang limbahnya langsung ke sungai. 

Sungai tercemar dan masyarakat yang menanggung ongkos pembersihannya. Bertolak dari asas lingkungan hidup adalah milik bersama, berarti pemeliharaannya juga harus dilaksanakan bersama. Upaya ini juga merupakan pengejawantahan dari rasa cinta tanah air dengan cara yang bisa dilakukan oleh setiap orang.

7. Upaya Memperbaiki Ekosistem


Beberapa upaya yang perlu dilakukan untuk menjaga atau memperbaiki kerusakan ekosistem:

a.    Tidak  menebang  hutan  sembarangan.  Penebangan  hutan  harus  sesuai dengan peraturan HPH yang berlaku. Syarat penebangan hutan antara   lain harus menggunakan sistem "tebang pilih",  dan harus menanam  kembali setelah menebang. 

b.    Menggalakkan penghijauan/reboisasi 

c.    Mencegah kebakaran hutan.
Kebakaran hutan mungkin dapat dicegah antara lain dengan membuat menara-  menara pengawas,  agar  pengawas dapat  mengawasi  kejadian- kejadian dengan segera, menghindari pembuatan api di hutan.

d. Membuat suaka margasatwa, cagar alam, taman nasional, taman burung, hutan lindung dan sebagainya

e. Penataan tata ruang wilayah perlu direncanakan. Setiap daerah dibangun sesuai dengan zona peruntukannya seperti zona industri, pemukiman, perkebunan, dan pertanian.

f. Proyek pembangunan yang berdampak negatif harus dikendalikan melalui penerapan AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan).

g. Pengendalian  kerusakan  lingkungan  melalui  pengelolaan  daerah  aliran sungai (DAS), rehabilitasi bekas pembangunan dan bekas galian tambang dan pengelolaan wilayah pesisir dan lautan.

h.    Penanggulangan pencemaran tanah, air, dan udara, misalnya:

1)  tidak menggunakan pestisida, fungisida dan herbisida tanpa aturan;

2)  mencari pestisida pengganti (pengendalian hama secara biologi);

3)  tidak membuang limbah sembarangan;

4)  pengembangan baku mutu air dan udara;

5)  menggunakan pupuk buatan sesuai aturan;

i. mengelola sampah/limbah dengan prinsip 3 R:

1)    Reduce yaitu mengurangi pengguraan jenis barang yang banyak sampah

2) Reuse, yaitu menggunakan kembali barang atau kemasan barang yang sudah dipakai
3)    Recycle, yaitu mendaur ulang sampah yang dihasilkan

j. Pengembangan peraturan perundang-undangan mengenai lingkungan hidup k. Penerapan hukum yang tegas bagi pelanggar peraturan. 










Sumber: Modul PKB (Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan) Biologi SMA Kelompok Kompetensi A, Bab Ekosistem

Penulis: Zaenal Arifin, M. Si


Baca Juga

Bagikan Artikel



Komentar