Pengertian Ekonomi Dan Pengklasifikasian Ilmu Ekonomi


Pengertian Ekonomi Dan Pengklasifikasian Ilmu Ekonomi
Pengertian Ekonomi Dan Pengklasifikasian Ilmu Ekonomi

Pengertian Ekonomi

Pengertian ekonomi, diperkenalkan pertama sekali oleh ahli filsafat yang berasal dari Yunani bernama Xenophone. Yang terdri dari kata Oikos yang berarti keluarga atau rumah tangga dan Nomos yang berarti peraturan, aturan, dan hukum. Dengan demikian, secara sederhana ekonomi dapat diartikan secara sederhana sebagai kaidah-kaidah, aturan- aturan, cara pengelolaan rumah tangga.

Dapat diartikan secara luas ilmu ekonomi merupakan ilmu yang mempelajari perilaku individu dan masyarakat yang kebutuhannya tidak terbatas,  sedangkan alat  pemuas kebutuhan sifatnya  sangat  terbatas. Sedangkan Pengertian Ekonomi makro atau makroekonomi adalah studi tentang ekonomi secara keseluruhan. Makroekonomi menjelaskan perubahan ekonomi yang mempengaruhi banyak masyakarakat, perusahaan, dan pasar. Ekonomi makro dapat digunakan untuk menganalisis cara terbaik untuk memengaruhi target-target kebijaksanaan seperti pertumbuhan ekonomi, stabilitas harga, tenaga kerja dan pencapaian keseimbangan neraca yang berkesinambungan.

Meskipun ekonomi makro merupakan bidang pembelajaran yang luas, ada dua area penelitian yang menjadi ciri khas disiplin ini: kegiatan untuk mempelajari sebab dan akibat dari fluktuasi penerimaan negara jangka pendek (siklus bisnis), dan kegiatan untuk mempelajari faktor penentu dari pertumbuhan ekonomi jangka panjang (peningkatan pendapatan nasional). Model makroekonomi yang ada dan prediksi- prediksi yang ada jamak digunakan oleh pemerintah dan korporasi besar untuk membantu pengembangan dan evaluasi kebijakan ekonomi dan strategi bisnis.

Pengklasifikasian Ilmu Ekonomi

Alferd W. Stonier mengelompokkan 3 Ilmu EKonomi, yaitu (1) Ilmu Ekonomi Deskriptif; (2) Ilmu Ekonomi Terapan; (3) Ekonomi Teori. Agar lebih jelas saudara memahaminya. Ikutilah uraian berikut ini.

1. Ekonomi Deskriptif

Ekonomi Deskriptif, yaknii lmu ekonomi yang mendiskripsikan data-data yang menjelaskan berbagai fenomena dan kenyataan yang terjadi.Contoh: jumlah angkatan kerja, struktur serikat, asal usul serta sejarah lembaga ekonomi. Pada ekonomi deskriptif tidak ada penjelasan mengapa fakta-fakta tersebut terjadi dan tidak ada pernyataan evaluatif atau penilaian pada fakta-fakta itu.

2. Ekonomi Terapan

Ekonomi  Terapan,  yakniilmu  ekonomi  yang mempergunakan rangka dasar umum dan analisis yang diberikan oleh teori ekonomi untuk menerangkan sebab-sebab dan arti pentingnya kejadian- kejadian yang dilaporkan oleh para ahli ekonomi deskriptif. Ada 8 pembagian ekonomi terapan yaitu : (1) Ilmu Ekonomi Moneter; (2) Ilmu Ekonomi Publik; (3) Ilmu Ekonomi Industri; (4) Ilmu Ekonomi Internasional; (5) Ilmu Ekonomi Regional; (6) Ilmu Ekonomi Sumberdaya Alam; (7) Ilmu Ekonomi Sumberdaya Manusia; (8) Ilmu Ekonomi Syariah.

3. Teori Ekonomi

Teori   Ekonomi,   yakni   ilmu   ekonomi   yang   memberikan penjelasan yang disederhanakan tentang caranya suatu sistem ekonomi bekerja dan ciri-ciri yang penting dari sistem seperti itu. Teori ekonomi dibagi dalam dua jenis, yaitu (1) Teori Ekonomi Mikro, (2) Teori Ekonomi Makro.

Pengertian ekonomi mikro dan contohnya. Yang dimaksud dengan ekonomi mikro adalah suatu ilmu ekonomi yang melihat dan menganalisis   kegiatan-kegiatan   ekonomi   dengan   menganalisis bagian-bagian yang kecil dari keseluruhan kegiatan ekonomi. Atau definisi ekonomi mikro yang lain yaitu merupakan suatu cabang ilmu ekonomi yang mempelajari mengenai perilaku konsumen dan perodusen serta penentuan dari harga pasar maupun kuantitas faktor input, produk dan jasa yang diperjualbelikan dalam pasar.  Kegiatan ekonomi mikro umumnya mengacu kepada ruang lingkup yang lebih kecil seperti misalnya: rumah tangga dan perusahaan. Contoh yang mendasar seperti interaksi di pasar yaitu kegiatan jual-beli antara penjual dan pembeli atau konsumen dan produsen. Pada dasarnya konsumen selalu berusaha untuk memuaskan seluruh keperluan atau kebutuhannya  dan  penjual  selalu  berusaha  untuk  mendapatkan keuntungan yang maksimal.




sumber : modul belajar mandiri pppk Ekonomi , Pembelajaran 1. Konsep Dasar Ekonomi Mikro, kemdikbud 
Baca Juga

Bagikan Artikel



Komentar