Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Maksud, Tujuan dan Fungsi jurnal umum dalam siklus akuntansi

Maksud Tujuan dan Fungsi jurnal umum dalam siklus akuntansi

Pencatatan transaksi dilakukan dalam ayat jurnal umum yang merupakan media dalam proses akuntansi untuk menampung akun-akun transaksi. Setelah dianalisis, transaksi akan dicatat dalam jurnal umum. Sehingga jurnal merupakan catatan akuntansi pertama setelah bukti transaksi, dengan fungsinya adalah menyediakan catatan yang lengkap dan permanen dari semua transaksi perusahaan yang disusun secara sistematis dan kronologis. 

Maksud dari pencatatan jurnal secara sistematis adalah terkait dengan proses pendebitan dan pengkreditan dari transaksi keuangan yang telah terjadi serta penjelasannya. Proses pendebitan dan pengkreditan transaksi dilakukan menurut kaidah pencatatan debit dan pencatatan kredit yang berlaku secara umum, dimana pencatatan debit harus dilakukan lebih dulu baru kemudian pencatatan kredit.  Dengan demikian hasil analisis  dari  bukti  transaksi tersebut selalu berkaitan dengan dua akun, yaitu akun yang dicatat di sisi debit dan akun yang dicatat di sisi kredit. Pencatatan debit dan pencatatan kredit ini merupakan kegiatan dalam jurnal yang biasanya juga disebut sebagai  pencatatan ayat-ayat jurnal. Sedangka maksud dari pencatatan jurnal secara kronologis adalah terkait dengan proses pencatatan transaksi yang harus di lakukan secara berurutan [kronologis] menurut tanggal kejadiannya.

Tujuan dilakukannya pencatatan transaksi ke dalam jurnal adalah untuk menunjukkan bagaimana pengaruh setiap transaksi ke dalam akun perusahaan, sedangkan fungsi jurnal umum dalam siklus   akuntansi memiliki lima (5) fungsi penting untuk sebuah perusahaan jasa, yaitu sebagai berikut :

1.   Fungsi historis

Makna dari fungsi historis ini adalah bahwa pencatatan  setiap transaksi harus  dilakukan berdasarkan tanggal terjadinya transaksi, dimana jurnal menggambarkan kegiatan perusahaan sehari-hari secara berurutan dan terus menerus yang   harus dilakukan pencatatannya secara sistematis dan kronologis.

2.   Fungsi pencatatan

Makna dari fungsi pencatatan ini adalah bahwa jurnal umum digunakan untuk mencatat setiap transaksi yang terjadi dalam perusahaan. Tiap perubahan yang terjadi pada aset, hutang, modal, pendaptan dan biaya harus terlebih dahulu dicatat ke dalam jurnal umum, agar pembuatan laporan keuangan perusahaan dapat dilakukan secara lengkap.

3.   Fungsi analisis

Makna dari fungsi analisis ini adalah bahwa pencatatan dalam jurnal umum merupakan hasil analisis transaksi melaui proses pendebitan dan pengkreditan akun yang terpengaruh. Analisis ini berkaitan dengan proses penggolongan nama akun, pencatatan dalam pendebitan ataupun pengkreditan beserta jumlahnya.

4.   Fungsi instruksi

Makna dari fungsi instruksi ini adalah bahwa catatan dalam jurnal umum merupakan perintah untuk mendebit dan mengkredit akun sesuai dengan catatan dalam jurnal. Dengan demikian, pencatatan dalam jurnal umum bukan hanya sebatas dokumen transaksi dalam perusahaan  tetapi  bersifat  instruksi,  artinya jurnal  umum  berfungsi memberikan perintah atau petunjuk dalam proses memasukkan data ke buku besar.

5.   Fungsi informatif

Makna dari fungsi informatif ini adalah bahwa catatan dalam jurnal umum memberikan penjelasan ataupun keterangan mengenai bukti pencatatan transaksi yang terjadi dari waktu ke waktu.

Pada umumnya, jurnal umum ini dipergunakan dalam akuntansi perusahaan jasa karena pada prinsipnya segala transaksi dalam perusahaan jasa dapat dicatat secara kronologis, sedangkan pada akuntansi perusahaan dagang lebih efektif menggunakan jurnal khusus. Disamping itu baik untuk perusahaan jasa ataupun perusahaan dagang terdapat konsep jurnal lainnya yang   mempunyai fungsi serta tujuan yang berbeda-beda, yaitu jurnal penyesuaian (adjustment journal), jurnal penutup dan jurnal pembalik.

Jurnal umum sendiri merupakan jurnal standar yang berbentuk secara umum. Jurnal ini  sering juga disebut sebagai jurnal memorial. Umumnya buku jurnal atau buku harian menggunakan bentuk jurnal umum dua kolom.

Posting Komentar untuk "Maksud, Tujuan dan Fungsi jurnal umum dalam siklus akuntansi"