Perbedaan Antara Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Dan Survei Karakter (SK)


Perbedaan Antara Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Dan Survei Karakter (SK)
Perbedaan Antara Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Dan Survei Karakter (SK)

Ujian kelulusan siswa sekolah SD/MI, SMP/MTs, maupun SMA/STM/MA, tidak lagi dengan UN melainkan dengan AKM dan SK, Sebagai pengganti Ujian Nasional (UN),  Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Dan Survei Karakter (SK) masih manjadi pertanyaan yang terkadang membuat bingung apa itu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Dan Survei Karakter (SK), apa perbedaan antara AKM dan SK ?. Saking bingung dengan pengertian antara Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Dan Survei Karakter (SK), tidak sedikit guru bahkan pelajar sering terbalik dengan arti Pengertian Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Dan Survei Karakter (SK). 

Pengertian AKM / Asesmen Kompetensi Minimum

AKM Merupakan rangkaian dari Asesmen Nasional yaitu program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. 

penialaian Mutu satuan pendidikan berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar di bidang literasi, numerasi, dan karakter serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei lingkungan belajar. 

sedangkan yang dimaksud dengan 'minimum' pada Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)yaitu Konten yang diukur pada literasi membaca dan numerasi adalah konten yang bersifat esensial serta berkelanjutan lintas kelas maupun jenjang. Tidak semua konten pada kurikulum diujikan, sehingga sifatnya minimum

Asesmen Kompetensi Minimum yang memiliki arti asesmen yang mengukur kemampuan minimal yang dibutuhkan para siswa. Sebagaimana kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (mendikbud), Nadiem Anwar Makarim, penguasaan konten materi yang dinilai adalah literasi dan numerasi.

Pengertian Survei Karakter (SK)

SK adalah singkatan dari Survei Karakter berarti upaya untuk mengetahui kondisi ekosistem karakter para murid di sekolah terkait apakah azas Pancasila benar-benar dirasakan para murid dalam interaksi di sekolah.

Apa Perbedaan Antara Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Dan Survei Karakter (SK) ?

AKM mengukur hasil belajar kognitif yang mengukur literasi dan numerasi para murid. Sementara Survei Karakter mengukur hasil belajar emosional yang mengacu pada Profil Pelajar Pancasila dimana pelajar Indonesia memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. (Beriman, bertakwa, berakhlak mulia; Berkebhinekaan Global; Bergotong royong; Bernalar kritis; Mandiri; Kreatif)



Baca Juga

Bagikan Artikel



Komentar