Perbedaan Antara Komponen Autotrofik dan Heterotrofik Beserta Contohnya


Perbedaan Antara Komponen Autotrofik dan Heterotrofik Beserta Contohnya
Perbedaan Antara Komponen Autotrofik dan Heterotrofik Beserta Contohnya

Berdasarkan segi trofik atau nutrisi, maka komponen biotik dalam ekosistem terdiri atas dua jenis yaitu  Komponen autotrofik (autotrophic) dan Komponen heterotrofik (heterotrofhic). yang menjadi pertanyaan adalah apa Perbedaan Antara Komponen Autotrofik dan Heterotrofik.  untuk memahami perbedaan keduanya maka perlu mendalami pengertian dari Komponen Autotrofik dan Heterotrofik

   > Komponen autotrofik (autotrophic). 

Kata autotrofik berasal dari kata autos artinya sendiri, dan trophikos artinya menyediakan makanan. Komponen autotrofik, yaitu organisme yang mampu menyediakan atau mensintesis makanannya sendiri berupa bahan organik berasal dari bahan-bahan anorganik dengan bantuan klorofil dan energi utama berupa radiasi matahari. Oleh karena itu, organisme yang mengandung klorofil termasuk ke dalam golongan autotrof dan pada umumnya adalah golongan tumbuh-tumbuhan. Pada komponen nutrofik terjadi pengikatan energi radiasi matahari dan sintesis bahan anorganik menjadi bahan organik kompleks.

   > Komponen heterotrofik (heterotrofhic). 

Kata heterotrof berasal dari kata hetero artinya berbeda atau lain, dan trophikos artinya menyediakan makanan. Komponen heterotrofik, yaitu organisme yang hidupnya selalu memanfaatkan bahan organik sebagai bahan makanannya, sedangkan bahan organik yang dimanfaatkan itu disediakan oleh organisme lain. Jadi, komponen heterotrofit memperoleh bahan makanan dari komponen autotrofik, kemudian sebagian anggota komponen ini menguraikan bahan organik kompleks ke dalam bentuk bahan anorganik yang sederhana dengan demikian, binatang, jamur, jasad renik termasuk ke dalam golongan komponen heterotrofik.

Apa Perbedaan Antara Komponen Autotrofik dan Heterotrofik

1.Komponen Autotrofik, yaitu

- organisme yang mampu menyediakan atau mensintesis makananya sendiri berupa bahan-bahan organik dari bahan-bahan anorganik dengan bantuan energi matahari atau klorofil

-makhluk hidup yang mampu menyediakan makanan sendiri dan dapat mengubah sendiri zat-zat anorganik menjadi zat organik dengan bantuan sinar matahari dan hijau daun atau chlorofil. 

Contoh nya adalah rumput, gandum, padi dan jagung.

2. Komponen Heterotrofik, yaitu

- organisme yang mampu memanfaatkan bahan-bahan organik sebagai bahan makanannya dan bahan tersebut disintesis dan disediakan oleh organisme lain. Yang termasuk kelompok ini yaitu hewan, jamur dan umumnya mikroorganisme.

-makhluk hidup memanfaatkan bahan-bahan organik yang telah tersedia sebagai bahan makanannya, karena ia tidak dapat membuat makanan sendiri. 

Contohnya adalah manusia, binatang, dan jasad renik.

Baca Juga

Bagikan Artikel



Komentar