Perbedaan Antara Makna Leksikal dan Makna Gramatikal


Perbedaan Antara Makna Leksikal dan Makna Gramatikal
Perbedaan Antara Makna Leksikal dan Makna Gramatikal

1)   Makna Leksikal

Dalam kajian semantik, analisis makna dimulai dari yang terkecil hingga yang paling besar. Satuan unit semantik terkecil dalam bahasa adalah leksem. Kedudukan leksem dalam semantik sama seperti kedudukan fonem dalam fonologi, dan morfem dalam morfologi yang bersifat abstrak sama seperti halnya leksem. 

Leksem inilah yang menjadi dasar pembentukkan kata (Wijana dan Rohmadi, 2008: 22). Leksem adalah satuan dari leksikon. Jika leksikon disamakan dengan disamakan dengan kata atau perbendaharaan kata, maka leksem juga dapat disamakan dengan kata (Chaer, 1995: 60). Dengan demikian, makna leksikal dapat diartikan sebagai makna yang bersifat leksikon, leksem, dan kata. Makna leksikal adalah makna yang makna sesungguhnya, sesuai dengan referennya, sesuai dengan penglihatan pancaindra. Perhatikan contoh berikut.

(3) Adik merapikan kursi tamu. 

(4) Semua kursi tertata rapi.

(5) Anggota dewan memperebutkan kursi.

Makna leksikal kursi pada contoh (3) dan (4) adalah tempat duduk yang berkaki dan bersandaran. Makna kursi pada kedua contoh tersebut merujuk pada tempat duduk, bukan yang lain. Sementara itu, makna kursi pada contoh (5) bukan merujuk pada referen tempat duduk, melainkan jabatan. Makna kursi pada contoh (5) bukan merujuk pada makna leksikal, melainkan makna yang lainnya, yaitu kedudukan atau jabatan. Dengan demikian, makna leksikal adalah makna sesungguhnya mengenai gambaran yang nyata tentang konsep yang dilambangkan.

2)   Makna Gramatikal

Berbeda dengan makna leksikal yang dapat diidentifikasi tanpa menggabungkan unsur lain, makna gramatikal baru dapat diidentifikasi setelah unsur kebahasaan yang satu digabungkan dengan unsur kebahasaan yang lainnya. Makna gramatikal muncul karena adanya proses gramatikal. Makna ini terjadi karena adanya hubungan antarunsur bahasa dalam satuan yang lebih besar, misalnya kata turunan, frasa, atau klausa. Pehatikan kalimat berikut.

(6) Mangga jatuh dari pohon. 

(7) Adik kejatuhan mangga.

Kata jatuh pada kalimat (6) bermakna ‘turun atau meluncur ke bawah dengan cepat karena gravitasi bumi’. Kata jatuh dapat menjadi kejatuhan (kalimat 7) yang bermakna ‘ketidaksengajaan’ (tertimpa sesuatu yang jatuh). Konfiks ke- an sebenarya tidak mempunyai makna. Konfiks ini atau konfiks yang lainnya baru mempunyai makna jika digabungkan dengan unsur yang lainnya. Variasi makna konfiks ke-an ini banyak bentuknya.

(8) Para pejabat punya kedudukan. 

(9) Mereka tahu kelemahan tim kita. 

(10) Baju ini kemahalan.

Seperti yang sudah dijelaskan pada bagian atas, konfiks ke-an selain bermakna ‘ketidaksengajaan’, konfiks ini juga dapat bermakna lain, misalnya kedudukan bermakna ‘tempat’, kelemahan bermakna ‘memiliki’, kemahalan bermakna ‘sifat’.

Makna gramatikal sangat beragam. Hampir setiap bahasa memiliki aturan gramatikal yang kadang berbeda-beda. Misalnya, dalam bahasa Indonesia untuk menyatakan makna jamak, bahasa Indonesia menggunakan bentuk ulang. Kata roti menyatakan jumlah satu, sedangkan kata roti-roti menyatakan jumlah yang jamak. Hal tersebut tentu berbeda dengan jika kita bandingkan bahasa Inggris. Dalam bahasa Inggris, untuk menyatakan bentuk jamak tidak menggunakan reduplikasi, tetapi dengan menambahkan morfem {s} atau menggunakan bentuk yang lainnya. Kata bird menyatakan jumlah satu, namun birds menyatakan jamak. Kata child menyatakan tunggal, namun children menyatakan jumlah jamak.  Kata wolf menyatakan tunggal, namun wolves menyatakan jamak. Dengan demikian, konstruksi bentuk jamak antara bahasa Indonesia dan bahasa Inggris berbeda.


sehingga perbedaan makna leksikal dan makna gramatikal adalah sebagai berikut :

1. Makna leksika adalah makna asli, sedangkan makna gramatikal mekna sesuai konteks

2. Makna leksikal bersifat tetap, sedangkan makna gramatikal bisa berubah-ubah sesuai proses gramatikal yang terjadi pada kata tersebut.

3. Makna leksikal berdiri sendiri, sedangkan makna gramatikal terikat dengan kata lain yang mengikutinya.


Baca Juga

Bagikan Artikel



Komentar