Perbedaan Antara Otobiografi dan Biografi


 
Perbedaan Antara Otobiografi dan Biografi
Perbedaan Antara Otobiografi dan Biografi

Sebelum mengetahui perbedaan antara Otobiografi dan biografi maka perlu terlebuh dahulu mengenal pengertian dari Otobiografi dan biografi

Pengertian Biografi

Biografi adalah tulisan mengenai seluk-beluk kehidupan seseorang yang ditulis oleh orang lain. Biografi berisi tentang kejadian-kejadian yang penting yang dialami seseorang dalam hidupnya yang mempengaruhi perkembangan dan pembentukan pribadi orang tersebut.

Biografi sangat dipengaruhi oleh sikap dan penilaian penulis terhadap orang yang ditulis biografinya. Karena itu dalam menganalisis dan menginteretasikan data biografi harus dilakukan secara hati-hati, tidak langsung menerima tulisan tersebut secara mutlak tanpa reserve.

Pengertian Autobiografi

Autobiografi atau disebut juga otobiografi secara harfiah berasal dari bahasa yunani, auto berarti sendiri, sementara bio dari bios yang berarti hidup dan graphien artinya tulisan. Sehingga autobiografi diartikan sebagai tulisan tentang kisah kehidupan yang ditulis oleh subjeknya langsung (ditulis sendiri oleh yang memiliki kisah)

Perbedaan antara Otobiografi dan biografi

Perbedaan antara otobiografi dan biografi terletak pada narator (pengisah, pencerita)-nya, yaitu siapa yang berkisah atau bercerita dalam wacana itu Narator dalam otobiografi adalah tokohnya sendiri, sedangkan narator dalam biografi adalah orang lain. Keduanya mempunyai kesamaan, yaitu menyampaikan kisah yang menarik mengenai kehidupan dan pengalaman pengalaman pribadi. Otobiografi dan biografi dapat ditulis secara ringkas untuk keperluan penerbitan dalam media massa cetak atau elektronik, seperti majalah, surat kabar, dan internet; ditulis sangat ringkas untuk lema ensiklopedia. Namun, dapat juga ditulis utuh tersendiri melalui penelitian yang panjang menjadi sebuah buku otobiografi atau biografi.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa perbedaan antara biografi dengan autobiografi adalah sebagai berikut:

1.   Biografi ditulis oleh orang lain yang menceritakan kehidupan seseorang mulai dari lahir sampai usia dimana seseorang tersebut. Dan yang terpenting ialah perjalanan prestasi seseorang, yakni pencapaian-pencapaian yang telah diraih serta perannya bagi orang lain.

2.   Autobiografi ditulis oleh subjek yang bersangkutan yang menceritakan kisah perjalananhidupnya serta prestasi yang telah diraihnya. Curriculum vitae merupakan salah satu contoh otobiografi, karena ditulis sendiri oleh yang bersangkutan.

3.   Sudut pandang yang digunakan dalam penulisan biografi menggunakan sudut pandang orang ketiga, artinya tidak melibatkan penulis dalam penulisan biografi. Sementara itu, autobiografi menggunakan sudut pandang orang pertama.


Baca Juga

Bagikan Artikel



Komentar