Pemerintahan BJ Habibie sampai Pemerintahan Joko Widodo ringkas



Sistem Pemerintahan BJ Habibie sampai Pemerintahan Joko Widodo ringkas

tentang sistem pemerintahan reformasi dari masa Habibie sampai pemerintahan Joko Widodo tidak dikupas secara panjang lebar. Hal ini disebabkan materi tersebut termasuk sejarah kontemporer dimana para pembaca telah mengalami era pemerintahan mereka masing masing, sehingga merasakan dan mengalami sendiri. Untuk itu, pembaca perlu secara kreatif mencari literatur dan referensi dari masa pemerintahan B.J. Habibie yang diawali dengan mundurnya Soeharto pada 21 Mei 1998 diikuti dengan pelantikan B.J. Habibie menjadi Presiden Republik Indonesia.

Selanjutnya pemerintahan Pemerintahan Abdurrahman Wahid (1999-2001). Di masa kepemimpinannya yang singkat, Gus Dur berhasil melakukan bebebrapa langkah strategis. Terdapat beberapa catatan tentang pemulihan perekonomian pada masa Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Satu capaian penting dalam hal sosial budaya ditorekhan oleh Abdurrahman Wahid. Ia dikenal sebagai sosok yang mendorong pluralisme dan keterbukaan.

Megawati Soekarnoputri yang memerintah tahun 2001- adalah presiden wanita pertama Indonesia. Dalam pembangunan stabilitas makro ekonomi, pemerintahan Megawati dinilai cukup berhasil. Hal ini disebabkan kebijakan pengembangan kelembagaan, independensi Bank Indonesia dalam mengambil kebijakan moneter, serta penataan ulang Kementerian Keuangan.

Selanjutnya masa Pemerintahan Susilo Bambang Yudoyono, sebagai pengganti Megawati. Presiden tersebut yang sering dipanggil SBY memimpin dalam dua periode pemerintahan, yakni tahun 2004-2009, dan 2009-2014. Pada periode kepemimpinannya yang pertama, SBY membentuk Kabinet Indonesia Bersatu yang merupakan kabinet pemerintahan Indonesia pimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bersama Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla. Pada periode kepemimpinannya yang kedua, SBY membentuk Kabinet Indonesia Bersatu II yang merupakan kabinet pemerintahan Indonesia pimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bersama Wakil Presiden Boediono.

Selanjutnya, pemerintahan SBY digantikan oleh Joko Widodo (dikenal dengan Bapak Jokowi) yang periode pertama pemerintahnanya berpasangan dengan wakilnya Jusuf Kalla (2014-2019). Selanjutnya periode kedua pemerintahannya saat ini, Joko Widodo berpasangan dengan Ma’ruf Amin yang sebelumnya menjabat Ketua Majelis Ulama Indonesia.

Pembaca modul diharapkan secara aktif dan kreatif dapat menemukan referensi terkait program kerja, permasalahan politik, ekonomi, keamanan, hukum, politik luar negeri, peran Indonesia dalam percaturan dunia dan hal-hal yang menonjol lainnya dari masa pemerintahan reformasi tersebut. Sebagai bagian dari Sejarah Kontemporer atau sejarah kekinian, tentunya para pembaca modul lebih mudah mendapatkannnya sumber sumber ilmiah mengenai hal yang dimaksud.
 
Baca Juga

Bagikan Artikel



Komentar