Fungsi Tari : Seni Pertunjukan, Religi, Hiburan, dan Pendidikan


 

Fungsi Tari : Seni Pertunjukan, Religi, Hiburan, dan Pendidikan

Fungsi tari adalah sebagai ekspresi dan ungkapan penari. Ini karena manusia adalah makhluk sosial yang perlu berkomunikasi dengan makhluk lainnya. Berikut adalah fungsi dari tari:

•    Seni Pertunjukan

Artinya tari dipentaskan atau dipertunjukkan dengan persiapan yang matang baik dari segi artistik, koreografi, interpretasi, konsepsional dan tema yang menarik. Tari pertunjukkan biasanya memiliki peran untuk mengembangkan pariwisata suatu wilayah. Contoh tari pertunjukkan di Indonesia adalah tari Sendratari Ramayana yang dipertunjukkan untuk menarik para wisatawan yang datang ke Yogyakarta. Kehadiran sebagai seni pertunjukan maka dari sisi materi pentasnya disiapkan dengan baik dan dari sisi penonton pun disiapkan dengan baik pula, melalui tahapan roses yang matang.

•    Seni Religi

Tari-tarian upacara berfungsi sebagai sarana upacara agama atau upacara adat yang dilakukan oleh masyarakat. Tari-tarian tersebut sangat berperan dalam rangkaian upacara yang diadakan. Salah satu contohnya adalah tari Pendet yang berasal dari Bali. Tari Bedaya dari Yogyakarta, Tari pakarena dari Sulawesi

•    Seni Hiburan

Tari-tarian yang berperan sebagai sarana hiburan disebut tari hiburan. Tari hiburan disebut juga social dance. Tari ini disajikan dengan tujuan untuk menghibur para penonton. Tema tari biasanya berupa ungkapan rasa gembira. Sehingga penonton pun kadang-kadang dapat ikut berbaur dan menari secara spontanitas, yang intinya untuk dapat terhibur dan gembira saat menikmati tarian tersebut.

•    Seni Pendidikan

Artinya tari memiliki tujuan guna mendidik masyarakat terutama para anak muda agar bersikap dewasa dan terjaga dari pergaulan yang melanggar norma-norma yang telah menjadi aturan dan etika. Seni tari juga telah menjadi salah satu ilmu yang dapat dipelajari baik melalui bentuk pendidikan formal maupun non formal.



source modul PPPK Seni Budaya Aspek Seni Tari

Baca Juga

Bagikan Artikel



Komentar