Langkah-Langkah Dalam Menyusun Pembelajaran Tematik


   
Menyusun Pembelajaran Tematik
 Menyusun Pembelajaran Tematik



Pembelajaran tematik merupakan strategi pembelajaran yang memadukan beberapa mata pelajaran secara terpadu dengan memberikan pengalaman belajar yang bermakna kepada siswa. Keterpaduan dalam pembelajaran tematik meliputi aspek proses dan waktu, aspek kurikulum maupun aspek pembelajaran itu sendiri.

         Dalam strategi pembelajaran tematik dilakukan dalam suasana bersahabat dan menyenangkan serta bermakna bagi siswa. Dalam kegiatan pembelajaran tematik penekanannya bukan pada pemberian latihan/ dril tetapi bagaimana memberikan pengalaman belajar kepada siswa dengan menghubungkan konsep-konsep yang telah diketahui dan dipahami siswa. Dalam pembelajaran tematik kegiatan pembelajaran disesuaikan dengan kebutuhan dan tingkat perkembangan peserta didik.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Pembelajaran Tematik 

Agar kegiatan pembelajaran tematik dapat berlangsung efektif dan efisien serta lebih bermakna dan utuh, terdapat beberapa hal yang perlu mendapat perhatian dari guru dalam pelaksanaannya antara lain:

1. Mempertimbangkan alokasi waktu setiap tema, serta memperhitungkan sumber belajar yang tersedia dan dapat diusahakan.
2. Tema terpilih adalah tema yang paling dekat dengan kehidupan keseharian peserta didik.
3. Mengutamakan pencapaian kompetensi dasar dibandingkan tema yang dibahas.

Langkah-Langkah Dalam Menyusun Pembelajaran Tematik

Langkah-langkah dalam menyusun pembelajaran tematik sebagai berikut:
1. Melakukan analisis terhadap kompetensi dasar setiap mata pelajaran pada kelas yang sama.
2. Pilihlah salah satu tema yang dapat mempersatukan kompetensi-kompetensi dasar yang terdapat dalam beberapa mata pelajaran. Tema-tema yang dapat dipilih antara lain: Keluarga, Lingkungan, Pengalaman, Budi Pekerti, Hobi,  Tumbuhan, Binatang, Transportasi, Kesehatan, Pertanian, Pekerjaan, Pariwisata Negara dan sebagainya.  
3. Buatlah matrik hubungan Kompetensi Dasar dengan tema. Kegiatan ini adalah menghubungkan serta mencari tema yang tepat dengan kompetensi dasar beberapa/seluruh mata pelajaran.
4. Buatlah pemetaan pembelajaran tematis dalam bentuk jaringan matrik atau jaringan topik. Dari pemetaan yang dilakukan akan terlihat keterkaitan antara tema yang dipilih dengan kompetensi dasar beberapa/semua mata pelajaran pada jenjang kelas tertentu.
5. Buatlah silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran berdasarkan topik pembelajaran tema yang telah dibuat.


Trianto, 2010 , mengembangkan model pembelajaran tematik, Jakarta; prestasi pustakaraya
Supardi dkk, 2009, profesi keguruan, Jakarta; diadit media.

Baca Juga

Komentar