Dampak Kesulitan Belajar terhadap Perkembangan Individu dan Kebutuhan Khususnya dalam Pendidikan



Anak berkesulitan belajar secara neuropsikologik menunjukkan gangguan pada kemampuan   daya   ingat,   penglihatan   maupun   pendengaran,   gangg uan pembentukan konsep, kesulitan membedakan bentuk objek dari latar belakangnya, gangguan orientasi spasial, kebingungan menentukan arah, gangguan perhatian dan persepsi.

Anak yang mengalami kesulitan belajar jika dilihat dari segi sosial, emosi dan akademik memiliki hasil belajar yang rendah, yaitu berada dibawah rata -rata nilai yang dicapai oleh kelompoknya atau berada dibawah potensi yang dimilikinya sehingga hasil belajarnya tidak seimbang dengan usaha yang dilakukannya. Kesulitan belajar akademik biasanya terjadi setelah individu yang mengalami kesulitan belajar memasuki sekolah. Hal ini disebabkan karena kesulitan belaja r tersebut  tidak  ditangani  secara  dini  sehingga  menghambat  perkembangan akademik yang bermanifestasi pada kesukaran dalam mempelajar i satu atau dua mata pelajaran, seperti sukar dalam mempelajari matematika atau sukar dalam mempelajari bahasa, baik lisan maupun tulisan.

Kesulitan belajar pada bahasa akan mempengaruhi perkembangan individu yang berkesulitan belajar karena semua mata pe lajaran disampaikan dan disajikan melalui bahasa, baik bahasa lisan maupun bahasa tulisan. Akibatnya prestasi individu tersebut akan mempengaruhi mata pelajaran lain, sehingga hasil belajarnya tidak sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya.


Sumber Utama : Suprihatin, Ed.D dan Leliana Lianty, M.Pd. 2019.  Modul 6

Pendidikan Anak Dengan Autisme Dan Kesulitan Belajar Spesifik . Kemdikbud


Baca Juga

Bagikan Artikel



Komentar