pengertian bilangan bulat, konsep nilai tempat dan contoh penerapannya pada pembelajaran,


pengertian bilangan bulat, konsep nilai tempat dan contoh penerapannya pada pembelajaran,


Pada materi ini membahas tentang: pengertian bilangan bulat, konsep nilai tempat dan contoh penerapannya pada pembelajaran

a.    Pengertian Bilangan Bulat

Pada bagian sebelumnya telah sedikit disinggung tentang definisi bilangan bulat. Himpunan bilangan bulat terdiri dari gabungan bilangan asli, bilangan nol, dan lawan dari bilangan asli. Bilangan asli tersebut dapat disebut juga bilangan bulat positif. Lawan dari bilangan asli tersebut dapat disebut bilangan bulat negatif.

Himpunan bilangan bulat dapat dituliskan sebagai berikut: Ζ = {…, -3, -2, -1, 0, 1, 2,  3,  …}. dalam garis bilangan tersebut terdiri dari:

•    Himpunan bilangan bulat positif: {1, 2, 3, … }

•    Himpunan Bilangan nol: { 0 }, dan

•    Bilangan bulat negatif: {…, -4, -3, -2, -1}

Setelah mengetahui tentang pengertian bilangan bulat, maka tahap selanjutnya adalah akan mempelajari bagaimana nilai tempat bilangan dan   operasi hitung pada bilangan bulat,  termasuk di dalamnya penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian bilangan bulat.

b.    Konsep Nilai Tempat dan Contoh Penerapan Pada Pembelajaran

Nilai tempat merupakan nilai yang diberikan untuk sebuah angka berdasarkan letak angka tersebut. Bilangan 1.234, kita akan menentukan nilai tempat dari masing-masing angka  tersebut.  Kita  tahu bahwa 1.234 dapat ditulis  menjadi bentuk penjumlahan seperti berikut ini.

1.234 = 1.000 + 200 + 30 + 4   atau  1.234 = 1 ribuan + 2ratusan + 3puluhan + 4satuan 

Dari bentuk penjumlahan tersebut, maka angka 1 memiliki nilai tempat ribuan, angka 2 memiliki nilai tempat ratusan, angka 3 memiliki nilai tempat puluhan, dan angka 4 memiliki nilai tempat satuan. Contoh yang lain adalah kita akan menentukan nilai tempat dari 35.034. Apabila kita perhatikan pada bilangan tersebut terdapat 2 angka 3 yang tentunya memiliki nilai tempat yang berbeda. Seperti pada contoh sebelumnya, 35.034 juga dapat kita tulis menjadi bentuk penjumlahan seperti ini.

35.034 = 30.000 + 5. 000 + 0 + 30 + 4, 

Dari bentuk tersebut, maka angka 3 yang pertama memiliki nilai tempat puluhan ribu, 5 memiliki nilai tempat ribuan, 0 memiliki nilai tempat ratusan, 3 yang kedua memiliki  nilai  tepat puluhan dan 4 memiliki nilai tempat satuan. Berdasarkan kedua contoh tersebut, misalkan kita  memiliki  bilangan  𝑎𝑏𝑐. 𝑑𝑒𝑓  maka  untuk menentukan  nilai  tempat  dari bilangan tersebut, dapat dirubah menjadi bentuk: 

𝑎𝑏𝑐. 𝑑𝑒𝑓 = 100.000𝑎 + 10.000𝑏 + 1000𝑐 + 100𝑑 + 10𝑒 + 𝑓,   

dengan kata lain nilai tempat 𝑎 adalah ratus ribuan, nilai tempat 𝑏 adalah puluh ribuan, nilai tempat 𝑐 adalah ribuan, nilai tempat 𝑑 adalah ratusan, nilai tempat 𝑒 adalah puluhan dan nilai tempat f adalah satuan. 



Sumber: Modul Pendidikan Profesi Guru Modul 2 Pendalaman Materi Matematika Penulis: Andhin Dyas Fioiani, M. Pd.Sumber: Modul Pendidikan Profesi Guru Modul 2 Pendalaman Materi Matematika Penulis: Andhin Dyas Fioiani, M. Pd.

Baca Juga

Bagikan Artikel



Komentar