Pasar Persaingan Monopolistik : Pengertian, Ciri-ciri, Kelebihan Dan Kekurangan


Pengertian Pasar Persaingan Monopolistik

pasar persaingan monopolistic adalah suatu bentuk pasar dimana terdapat banyak produsen yang menjual produk yang hampir sama tetapi dengan berbagi macam variasi atau berbeda corak (differentiated product). Pasar persaingan monopolistic merupakan pasar yang memiliki ciri-ciri persaingan sempurna dan monopoli. Pasar persaingan monopolistic memang hampir sama dengan pasar persaingan msempurna. Namun, dalam pasar persaingan sempurna hanya terdapat produk yang homogen, sedangkan pada pasar persaingan monopolistik terdapat diferensiasi produk. Diferensiasi produk ini mengakibatkan perusahaan bebas menaikkan atau menurunkan harga, dan melakukan persaingan non-harga.

Ciri-Ciri Pasar Persaingan Monopolistik

Pasar persaingan monopolistik memiliki ciri-ciri yang hampir sama dengan pasar persaingan sempurna, yaitu:

a. Terdapat banyak penjual namun tidak sebanyak dalam pasar persaingan sempurna.

b. Terdapat kemudahan untuk masuk atau keluar dari pasar.

c. Barang yang dihasilkan para produsen dalam pasar ini memiliki kesamaan (terutama fungsi utamanya) 

namun masih terdapat perbedaan-perbedaan. Misalnya sikat gigi, ada yang ujungnya lancip, ada yang batangnya agak melengkung, ada yang menggunakan baterai, ada yang menggunakan penutup, dan sebagainya namun fungsinya adalah tetap sebagai penyikat gigi. Oleh karenanya produk-produk dalam pasar ini dapat saling menggantikan (higly substitutable).

Karena ciri-ciri tersebut, terutama ciri ke-3, produsen dalam pasar ini memiliki sedikit kekuasaan atas pasar (small amount of market power). Seorang produsen masih mungkin menaikkan harga jual sedikit karena produknya memiliki sedikit perbedaan produk lain, namun jika harga-nya terlalu tinggi dibanding dengan produk lain yang sejenis, maka konsumen akan membeli produk merek yang lain.

Kurva permintaan yang dimiliki oleh produsen pada pasar monopolistik menurun dari kiri atas ke kanan bawah dan bersifat elastis, hal ini dikarenakan produsen dapat menentukan harga pasar. 
Gambar  Kurva pasar persaingan monopolistic


Gambar  Kurva pasar persaingan monopolistic

Kelebihan Dan Kekurangan Pasar Persaingan Monopolistik

Pasar Monopolistik memiliki kebaikan sebagai berikut :
1. Banyaknya produsen di pasar memberikan keuntungan bagi konsumen untuk dapat memilih produk yang terbaik baginya.
2. Kebebasan keluar masuk bagi produsen, mendorong produsen untuk selalu melakukaninovasi dalam menghasilkan produknya.
3. Diferensiasi produk mendorong konsumen untuk selektif dalam menentukan produkyang akan dibelinya, dan dapat membuat konsumen loyal terhadap produk yangdipilihnya
4. Pasar ini relatif mudah dijumpai oleh konsumen, karena sebagian besar kebutuhansehari-hari tersedia dalam pasar monopolistic.


Selain memiliki kebaikan, Pasar Monopolistik juga memiliki kelemahan sebagai berikut :

1.Pasar monopolistik memiliki tingkat persaingan yang tinggi, baik dari segi harga,kualitas maupun pelayanan. Sehingga produsen yang tidak memiliki modal danpengalaman yang cukup akan cepat keluar dari pasar.
2. Dibutuhkan modal yang cukup besar untuk masuk ke dalam pasar monopolistik, karenapemain pasar di dalamnya memiliki skala ekonomis yang cukup tinggi.
3. Pasar ini mendorong produsen untuk selalu berinovasi, sehingga akan meningkatkan biaya produksi yang akan berimbas pada harga produk yang harus dibayar olehkonsumen


Source: Modul belajar mandiri ppppk ekonomi Pembelajaran 3. Permintaan, Penawaran, dan Struktur Pasar, Kemdikbud
Baca Juga

Bagikan Artikel



Komentar