Pengertian dan Macam-macam Gerak Etionom pada Tumbuhan


Pengertian dan Macam-macam Gerak Etionom

Pengertian Gerak Etionom

Apa itu Gerak etionom ?  Gerak etionom merupakan reaksi gerak tumbuhan yang disebabkan oleh adanya rangsangan dari luar. Berdasarkan hubungan antara arah respon gerakan dengan asal rangsangan, gerak etionom dapat dibedakan menjadi gerak taksis, tropisme, dan nasti. Jika yang bergerak hanya bagian dari tumbuhan maka disebut gerak tropisme. Jika yang bergerak seluruh bagian tumbuhan maka disebut gerak taksis. Jika gerakan itu tidak dipengaruhi oleh arah datangnya rangsangan disebut gerak nasti. 

Pembagian Gerak Etionom

Gerak Tropisme

Tropisme adalah gerak bagian tumbuhan yang arah geraknya dipengaruhi arah datangnya rangsangan. Bagian yang bergerak itu misalnya cabang , daun, kuncup bunga atau sulur. Gerak tropisme dapat dibedakan menjadi tropisme positif apabila gerak itu menuju sumber rangsang dan tropisme negatif apabila gerak itu menjauhi sumber rangsang. Ditinjau dari macam sumber rangsangannya, tropisme dapat dibedakan lagi menjadi fototropisme, geotropism, hidrotropisme, kemotropisme, dan tigmotropisme.

A. Fototropisme : Disebabkan oleh rangsangan cahaya.
Contoh : Ujung batang selalu tumbuh ke arah sumber cahaya.
B. Geotropisme : Disebabkan oleh rangsangan gaya tarik bumi (gravitasi bumi)
Contoh : Gerak akan menuju ke arah tanah (gravitasi bumi)
C. Hidrotropisme : Disebabkan oleh rangsangan air.
Contoh : Gerak akar menuju sumber air
D. Tigmotropisme : Disebabkan oleh rangsangan sentuhan.
Contoh : Anggur yang tumbuh membelit
E. Kemotropisme : Disebabkan oleh rangsangan bahan kimia.
 Contoh : Pertumbuhan pembuluh serbuk sari menuju bakal buah pada saat pembuahan tumbuhan berbunga. 

>> selengkapnya : tentang Gerak Tropisme

Gerak Nasti

Nasti, yaitu gerak bagian tumbuhan yang tidak dipengaruhi arah rangsang. Gerak ini disebabkan terjadinya perubahan tekanan turgor akibat pemberian rangsang. Beberapa bentuk nasti : niktinasti (rangsang berupa gelap), seismonasti rangsangan sentuhan atau mekanik), dan nasti kompleks (rangsang tidak hanya satu). Macam-macam gerak nasti :

A. Tigmonasti : Gerak nasti yang terjadi karena sentuhan. 
Contoh : Mengatupnya daun putri malu.
B. Fotonasti : Gerak nasti jyang disebabkan oleh rangsangan cahaya matahari.
Contoh : Mekarnya bunga, pukul empat pada sore hari.
C. Termonasti : Gerak nasti yang disebabkan oleh rangsangan suhu.
Contoh : Terbukanya bunga tulip terjadi pada hari-hari yang hangat yaitu pada musim semi. 

>> selengkapnya : tentang gerakan nasti

Gerak Taksis 

Taksis adalah gerak seluruh tubuh atau bagian dari tubuh tumbuhan yang berpindah tempat dan arah perpindahannya dipengaruhi rangsangan. Gerakan yang arahnya mendekati sumber rangsangan disebut taksis positif dan yang menjauhi sumber rangsangan disebut taksis negatif. Umumnya terjadi pada tumbuhan tingkat rendah.

(a) Kemotaksis
Kemotaksis  merupakan  gerak  taksis  yang  disebabkan  oleh  rangsangan  zat kimia. Contohnya : gerak gamet jantan berflagela (spermatozoid) yang dihasilkan oleh anteridium lumut ke arah gamet betina (sel telur) di dalam arkegonium. Spermatozoid   bergerak   karena   tertarik   oleh   sukrosa   atau   asam   malat. Pergerakan ini terjadi karena adanya zat kimia pada sel gamet betina.

(b) Fototaksis
Fototaksis merupakan gerak taksis yang disebabkan oleh rangsangan berupa cahaya. Contohnya pada ganggang hijau yang langsung menuju cahaya yang intensitasnya sedang. Tetapi bila intensitas cahaya meningkat, maka akan tercapai batas tertentu dan  ganggang hijau tiba-tiba  akan  berbalik  arah  dan berenang   menjauhi cahaya. Sehingga terjadi perubahan yang semula gerak fototaksis positif menjadi fototaksis negatif. 

>> selengkapnya : tentang gerakan taksis
Baca Juga

Bagikan Artikel



Komentar