Perbedaan DNA dan RNA : Pengertian, Struktur, dan Fungsi


sebelum membahas perbedaan DNA dan RNA, terlebih dahulu memahami secara singkat tentang Struktur dan Fungsi Kromosom, Gen, DNA, dan RNA

DNA 

DNA adalah suatu polimer yang dibangun dari empat jenis monomer yang berbeda yang dinamakan dengan nukleotida. Informasi yang dimiliki gen diwariskan dalam bentuk urutan nukelotida spesifik masing-masing gen. DNA (deoxyribo-nucleic  acid,  asam  deoksiribo-nukleat)  merupakan  persenyawaan kimia yang paling penting pada makhluk hidup, yang membawa keterangan genetik dari sel khususnya atau dari makhluk hidup dalam keseluruhannya dari satu generasi ke generasi berikutnya. (Suryo, 2004:57). DNA merupakan suatu polimer nukleotida berupa rantai ganda yang berpilin (double heliks).

Molekul nukleotida terbentuk dari gula ribosa/deoksiribosa, basa nitrogen, dan gugus phospat. Basa nitrogen terdiri atas purin (Adenin/A dan Guanin/G) dan Pirimidin (Sitosin/C dan Timin/T). A selalu berpasangan dengan T, C selalu berpasangan dengan G. Nukleotida diibaratkan sebuah tangga dimana: “Anak tangganya” adalah susunan basa nitrogen ( A – T dan C – G) dan Kedua “ibutangganya” adalah gula ribose/deoksiribosa. Model DNA pertama kali dibuat pada tahun 1953 oleh James D. Watson dari Amerika Serikat dan Francis Crick dari Inggris,
Gambar  . Nukleotida
Gambar  . Nukleotida
Sumber: Campbel, et al, 2009

DNA mempunyai fungsi sebagai berikut: 
(a) Menyampaikan informasi genetik kepada generasi berikutnya, karena DNA mampu melakukan proses replikasi. 
(b) sebagai  cetakan  (template)  untuk  kode  asam  amino  pada  DNA/kodon.  
(c) Sebagai pengatur seluruh metabolisme sel.

RNA

RNA merupakan polinukleotida, namun ukurannya jauh lebih pendek dari polinukleotida penyusun DNA. RNA hanya terdiri dari satu rantai. Gula  pentosa yang menyusun  RNA adalah gula  ribosa.  Basa  nitrogen  yang menyusun RNA adalah: a. Purin yang terdiri dari adenin (A) dan guanin (G), b. Pirimidin yang terdiri dari sitosin (C) dan urasil (U) RNA dibentuk oleh DNA di dalam inti sel.

a)   Macam-Macam RNA

1)        RNA messenger (RNA duta) berfungsi membawa informasi genetik dari DNA berupa pesan dari inti sel ke ribosom di sitoplasma. Pesan pesan ini berupa triplet basa nitrogen yang ada pada RNA duta yang disebut kodon. Kodon pada RNA duta merupakan komplemen dari kodogen, yaitu urutan basa- basa nitrogen/nukelotida pada DNA yang dipakai sebagai pola cetakan. Peristiwa pembentukan RNA duta oleh DNA di dalam inti sel, disebut transkripsi. Contoh:

Kodogen (DNA)                   =  ACG  TGG  ATA CCT 
Kodon (triplet basa RNA d)  =  UGC ACC  UAU GGA

2)        RNA  transfer  (RNA  pembawa  asam  amino  dalam  bentuk  aminoasil tRNA). RNA pembawa berfungsi mengenali kodon dan menerjemahkan menjadi asam amino di ribosom. Penerjemahan kode pada mRNA oleh tRNA dikenal dengan nama translasi. Urutan basa nitrogen pada RNA transfer disebut antikodon. Bentuk RNA transfer seperti daun semanggi dengan 4 ujung yang penting, yaitu: 
1) Ujung pengenal kodon yang berupa triplet basa yang disebut antikodon.  
2)  Ujung  perangkai  asam  amino  yang  berfungsi  mengikat  asam amino.  
3)  Ujung pengenal enzim  yang membantu mengikat asam amino.  
4) Ujung pengenal ribosom. Contoh: Apabila kodon dalam RNA duta mempunyai urutan UGC ACC UAU GGA maka antikodon yang sesuai pada RNA transfer adalah ACG UGG AUA CCU.

3)       Ribosom RNA (RNAr) berfungsi sebagai tempat pembentukan protein. Ribosom terdiri dari 2 sub unit, yaitu: 
1) Sub unit kecil yang berperan dalam mengikat  RNA  duta.  
2)  Sub unit  besar  yang berperan  untuk  mengikat  RNA transfer yang sesuai.


Sumber: Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Modul KK D dan F, Genetika dan Pewarisan Sifat
Penulis: Any Suhaeny, M. Si

Baca Juga

Bagikan Artikel



Komentar