Penggolongan periodik unsur


Dalam tabel periodik modern, periode dan golongan ditandai dengan angka biasa atau arab. Sistem penomoran yang selama ini dipakai di Amerika Serikat hamper sama dengan sistem Mendeleev, setiap golongan menggunakan angka Romawi dan huruf A atau B. (Brady, at.al., 2009).

Unsur-unsur di kolom yang lebih panjang (golongan A) dikenal sebagai unsur representatif atau unsur golongan utama. Yang termasuk dalam golongan B di tengah tabel disebut unsur transisi. Unsur dalam dua baris panjang di bawah badan utama tabel adalah unsur transisi bagian dalam, dan setiap baris diberi nama setelah unsur yang mengikuti di bagian utama tabel. 

Dengan demikian, unsur 58–71 disebut unsur lantanida karena mereka mengikuti lantanum (Z =57), dan unsur 90-103 disebut unsur aktinida karena mereka mengikuti actinium (Z = 89). Beberapa golongan telah memperoleh nama umum. Misalnya, kecuali untuk hidrogen, unsur-unsur Golongan 1A adalah logam. Mereka membentuk senyawa dengan oksigen yang larut dalam air untuk memberikan solusi yang sangat basa, atau kaustik. Akibatnya, mereka disebut logam alkali atau hanya alkali. Unsur-unsur Golongan 2A juga merupakan logam. 

Senyawa oksigennya juga bersifat basa, tetapi banyak senyawa dari unsur Golongan 2A yang tidak dapat  larut  dalam  air  dan  ditemukan  dalam  endapan  di  tanah.  Karena  sifat mereka dan di mana mereka terjadi di alam, unsur-unsur Golongan 2A dikenal sebagai logam alkali tanah.

Golongan  8A,  disebut  gas  mulia,  dulu  disebut  gas  inert  sampai  diketahui bahwa anggota yang lebih berat dari golongan tersebut menunjukkan tingkat reaktivitas kimia yang kecil. Istilah mulia digunakan ketika ahli ingin menyarankan tingkat reaktivitas kimia yang sangat terbatas. Emas, misalnya, sering disebut sebagai logam mulia karena sangat sedikit bahan kimia yang mampu bereaksi dengannya. Akhirnya, unsur-unsur Golongan 7A disebut halogen, berasal dari kata Yunani yang berarti "laut" atau "garam." Klorin (Cl), misalnya, ditemukan dalam garam meja yang dikenal, suatu senyawa yang bertanggung jawab besar dalam rasa air laut yang asin. Golongan lain dari unsur perwakilan memiliki nama yang jarang digunakan, dan kami akan menamai golongan tersebut berdasarkan unsur pertama dalam keluarga. Misalnya, golongan 5A adalah kelompok nitrogen.

Tabel   Nama Beberapa Golongan dalam Tabel Periodik

Golongan

Nama

Unsur

1A/1

Logam Alkali

Li,Na, K, Rb,Cs, Fr

2A/2

Logam Alkali Tanah

Be, Mg,Ca, Sr, Ba, Ra

6A/16

Chalcogens

O, SSe, Te, Po

7A/17

Halogen

F, ClBr, I, At

8A/18

Gas Mulia

He, Ne,Ar, Kr,Xe, Rn

(Brown, at. al., 2012; 51)

Untuk lebih memahami materi ini, silahkan lihat dan pahami video penggolongan periodikunsur lengkap pada link https://www.youtube.com/watch?v=C61fAcPXxCU



Sumber

Modul Pendidikan Profesi Guru, Modul 1. Struktur Atom   dan Sistem Periodik, Penulis : Dr. Yerimadesi, S.Pd., M.Si.

Modul  Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan,  Kelompok  Kompetensi  A  : Struktur Atom dan Tabel Periodik, Penulis : Dr. Poppy Kamalia Devi, M.Pd.


Baca Juga

Bagikan Artikel



Komentar