Perbedaan antara asimilasi dan akulturasi beserta contohnya


 

Perbedaan antara asimilasi dan akulturasi adalah:
 Perbedaan antara asimilasi dan akulturasi 

Perbedaan antara asimilasi dan akulturasi adalah:

Asimilasi

Asimilasi: adalah proses dimana individu atau kelompok memodifikasi identitas dan budaya mereka untuk menyesuaikan diri dengan budaya mayoritas. Dalam asimilasi, individu atau kelompok meninggalkan budaya asal mereka dan mengadopsi budaya baru secara total.

Contoh: Seorang imigran dari Cina memodifikasi gaya hidup dan budayanya untuk menjadi lebih mirip dengan budaya Amerika.

Akulturasi

Akulturasi: adalah proses dimana dua budaya berinteraksi dan memengaruhi satu sama lain, membuat budaya baru. Dalam akulturasi, individu atau kelompok tidak meninggalkan budaya asal mereka, tetapi memodifikasi budaya mereka untuk mencakup aspek budaya baru.

Contoh: Campuran budaya antara budaya Amerika dan budaya Meksiko membuat budaya baru yang unik dalam komunitas Mexican-American.

Kedua proses memiliki dampak yang berbeda pada identitas budaya individu atau kelompok dan menunjukkan bagaimana budaya dapat berubah dan berkembang melalui interaksi dan pengaruh satu sama lain.

Dengan kata lain, asimilasi berfokus pada proses adaptasi dan penyesuaian diri dengan budaya mayoritas, sementara akulturasi berfokus pada proses interaksi dan pertukaran budaya antar dua atau lebih budaya.

Baca Juga

Bagikan Artikel



Komentar