Pengertian Tari dalam Arti Sempit dan Luas


Pengertian Tari dalam Arti Sempit dan Luas

•    Arti Sempit

Tari adalah gerakan tubuh sesuai dengan irama yang menyertainya. Tari juga berarti ekspresi jiwa manusia melalui gerakan ritmis sehingga dapat memicu rangsangan. Yang dimaksud dengan ekspresi jiwa adalah rangsangan emosional dan cetusan rasa disertai dengan kemauan. Menurut Soedarsono, tarian adalah ekspresi jiwa manusia melalui gerakan ritmis yang indah.
Karena tari adalah ekspresi jiwa yang diungkapkan dalam bentuk gerak maka dalam arti sempit, tari adalah gerak, sehingga siapapun yang bisa bergerak berarti bisa menari.

•    Arti Luas

Di dalam seni tari tentunya tidak hanya cukup dengan media gerak saja akan tetapi untuk menjadi sebuah tarian dibutuhkan pendukung lainya, antara lain:

Ragam Gerak

Elemen yang paling penting dalam tari adalah ragam gerakan. Karena apa yang Anda lihat dalam tarian adalah gerakan penari. Gerakan dalam tarian harus memiliki nilai estetika, keindahan, dibumbui dengan ekspresi, emosi jiwa manusia dan harus membangkitkan minat para pecinta tari.


Bagian tubuh yang sering digunakan adalah bagian atas, tengah dan bawah. Bagian atas terdiri atas mata, alis, kepala dan sebagainya. Dan bagian bawah adalah bahu, lengan, pinggul dan lainnya. Sedangkan di bagian bawah terdiri dari kaki, lutut dan lainnya.

Kostum Tari

Tampilan penari sangat penting dalam setiap aspek penari. Ini karena rasanya aneh ketika seorang penari memakai kostum yang tidak sesuai dengan tema nya. Pakaian si penari harus mengandung estetika untuk mendukung tarian yang akan mereka bawakan.

Iringan Tari

Iringan yang menyertai tarian tidak kalah penting dari elemen-elemen di atas. Iringan yang menyertainya adalah musik yang mengiringi tarian di setiap pertunjukan Tari. Iringan juga sangat membantu penari dalam menyampaikan pesan yang diinginkan penari, sehingga menambah harmoni dan nilai keindahan.



source modul PPPK Seni Budaya Aspek Seni Tari

Baca Juga

Bagikan Artikel



Komentar