Bahan, Teknik, dan Prosedur Berkarya Seni Lukis


Dalam proses berkarya seni lukis memerlukan pemahaman tentang jenis, bahan, alat, teknik, dan prosedur berkarya. Media berkarya seni lukis meliputi bahan dan alat untuk melukis. Beragam pilihan alat, bahan, dan media digunakan sesuai jenis dan gaya karya yang diinginkan. Media berkarya seni lukis sangat beragam tergantung dari teknik yang digunakan.

1)    Cat air (barbasis air)

Cat air, jenisnya ada 2 yaitu water colour yang bersifat transparan dan poster colour yang bersifat plakat. Bahan utama cat airberupa pigmen halus atau serbuk warna (dye) yang dicampur dengan gum arabic sebagai bahan baku, serta gliserin atau madu untuk menambah kekentalan dan daya rekat pigmen warna.

1)    Cat air (barbasis air)

2)    Cat Minyak

Cat minyak yaitu cat warna yang terbuat dari pigmen warna yang dicampur dengan media minyak. Berbeda dengan cat air yang mudah cepat mengering, namun cat minyak membutuhkan waktu untuk pengeringannya. Cat minyak ini memberi efek cerah serta memberikan tesktur yang sangat bagus, kelemahan cat minyak ini pada aroma yang menyengat. Cat minyak biasanya dikemas bentuk tube timah dalam bentuk pasta yang dalam pemakainya dicampur dengan lijn-olie sebagai pengencer.

Cat Minyak

3)    Cat Akrilik

Cat akrilik terbuat dari plastik berbasis polietilen yang akan mengeras ketika kering. Berbagai macam pigmen kem ditambahkan kedalam emulsi polimer akrilik untuk mendapatkan berbagai warna cat yang berbeda. Cat akrilik tersedia di toko dalam bentuk pasta dan dikemas dalam semacam tube. Berbagai bahan campuran ditambahkan ke cat akrilik sehingga diperoleh jenis cat dengan sifat berbeda. Cat akrilik menjadi lebih tebal, tipis dan cenderung kering dengan cepat.

Setelah kering, cat akrilik sulit dihapus kecuali dengan menggunakan larutan alkohol khusus. Agar tidak mengurangi kualitas warna, cat akrilik dapat dicampur dengan air hingga maksimum 30%. Campuran air pada cat akrilik akan membuat tampilan cat akrilik tampak lebih lembut dan transparan. Pastikan Anda mengaplikasikan cat akrilik secepat mungkin karena sifat cat cepat mengering dan susah untuk menghapus atau mengubah warnanya.

Cat Akrilik


source: modul pppk seni rupa
Baca Juga

Bagikan Artikel



Komentar