Peran Indonesia dalam Organisasi Regional : KAA ,GNB, & OKI


Peranan  dapat  juga   dikatakan  sebagai  seperangkat  perilaku  yang diharapkan   dari seseorang  atau  struktur tertentu  yang  menduduki  suatu posisi didalam suatu  sistem. Suatu  organisasi memiliki  struktur organisasi untuk  mencapai  tujuan  organisasi yang telah disepakati bersama. Apabila struktur-struktur   tersebut   telah     menjalankan    fungsi-fungsinya,    maka organisasi   itu   telah   menjalankan   peranan   tertentu.  Dengan  demikian peranan dapat dianggap sebagai fungsi dalam rangka  pencapaian  tujuan- tujuan  kemasyarakatan  (Kantaprawira,  1987:32).  Indonesia  sebagai suau negara  dan bangsa  memiliki peran  dalam pergauan  internasional,  peran tersebut diaktualisasikan dalam berbagai bidang baik itu ekonomi, sosial budaya, politik dan hankam juga  dalam berbagai wadah, baik itu kerjasama bilateral   maupun hubungan kerjasama multilateral dalam bentuk organisasi internasional.
Dalam tingkatan regional, khususnya region Asia  Tenggara dan Asia Pasifik,  Indonesia  ikut  berperan  aktif  dalam  berbagai  macam  kegiatan dan perjanjian internasional.  Seperti dalam organisasi ASEAN dan APEC.
Berikut kita   bahas peran  Indonesia dalam organisasi regional khususnya ASEAN dan APEC.

1.  Konferensi Asia Afrika

Konferensi Asia-Afrika  berlangsung  pada  tanggal  18-24 April  1955 bertempat di Gedung  Merdeka,  Bandung.  Konferensi  ini dihadiri oleh 29 negara (termasuk lima negara sponsor) dari 30 negara yang diundang. Satu negara yang tidak hadir yaitu Federasi Afrika Tengah (Rhodesia dan Nyasa) karena sedang terjadi pergolakan politik. Adapun negara yang hadir dalam Konferensi Asia Afrika adalah:
1. Indonesia                                                  16. Laos

2. India                                                         17. Libanon

3. Birma (Myanmar)                                     18. Liberia

4. Pakistan                                                    19. Libia

5. Srilangka                                                  20. Nepal

6. Afghanistan                                              21. Filipina

7. Kamboja (Kampuchea)                            22. Saudi Arabia

8. Republik Rakyat China                            23. Sudan

9. Mesir                                                        24. Syiria

10. Ethiopia                                                  25. Muang Thai

11. Ghana                                                     26. Turki

12. Iran                                                         27. Vietnam Utara

13. Irak                                                         28. Vietnam Selatan

14. Jepang                                                    29. Yaman

15. Yordania


Dalam KAA ini negara-negara peserta terdiri dari 3 kelompok dengan pandangan politik yang berbeda,  yang pertama  kelompok   yang pro Barat, seperti Filipina, Muang Thai, Pakistan, Iran, dan Turki, yang  kedua kelompok yang beraliran Komunis seperti Republik Rakyat China dan   Vietnam Utara; dan yang ketiga kelompok yang netral seperti Srilangka, India,   Burma, dan Indonesia, sisanya belum memperlihatkan pandangan politiknya.

Hasil Konferensi Asia Afrika

Konferensi  Asia  Afrika  menghasilkan  keputusan  yang  menyangkut kepentingan  negara-negara  Asia  Afrika  khususnya  dan  negara-negara  di dunia  pada umumnya, keputusan tersebut antara antara lain:
1)  Memajukan  kerja  sama bangsa-bangsa  Asia  Afrika  di bidang  sosial, ekonomi, dan kebudayaan;

2)  Menuntut kemerdekaan bagi Aljazair, Tunisia, dan Maroko;

3)  Mendukung tuntutan Indonesia atas Irian Barat dan tuntutan Yaman  atas Aden;

4)  Menentang diskriminasi ras dan kolonialisme dalam segala bentuk;

5)  Aktif mengusahakan perdamaian dunia.

Selain menetapkan  keputusan  tersebut,  Konferensi  Asia  Afrika juga mengajak setiap  bangsa  di  dunia  untuk  menjalankan  beberapa  prinsip bersama,  seperti:
1)  Menghormati hak-hak dasar manusia, tujuan, serta asas yang termuat dalam Piagam PBB;
2)  Menghormati kedaulatan dan integritas teritorial semua bangsa;
3)  Mengakui persamaan ras dan persamaan  semua bangsa, baik bangsa besar maupun bangsa kecil;
4)  Tidak melakukan  intervensi atau ikut campur tangan  dalam persoalan dalam negeri negara lain;
5)  Menghormati  hak-hak  tiap  bangsa  untuk  mempertahankan  diri,  baik secara sendirian maupun secara kolektif sesuai dengan Piagam PBB;
6)  Tidak menggunakan peraturan-peraturan dari pertahanan kolektif untuk bertindak bagi kepentingan khusus salah satu negara besar; dan   tidak melakukan tekanan terhadap negara lain;
7)  Tidak melakukan tindakan  atau ancaman  agresi ataupun penggunaan kekerasan terhadap  integritas teritorial atas kemerdekaan  politik  suatu negara;
8)  Menyelesaikan  segala perselisihan  internasional  secara  damai  sesuai dengan Piagam PBB;
9)  Memajukan kepentingan bersama dan kerja sama internasional;
10) Menghormati hukum dan kewajiban internasional lainnya.
Kesepuluh prinsip yang dinyatakan dalam Konferensi Asia Afrika itu dikenal dengan nama Dasasila Bandung atau Bandung Declaration.

Peran Indonesia dalam Konferensi Asia Afrika

Terlaksananya  Konferensi  Asia  Afrika  tidak  bisa  lepas  dari  peran Indonesia, berikut peranan Indonesia dalam Konfernasi Asia Afrika:
1) Indonesia   ikut   memprakarsai   dan   sebagai  tempat   penyelenggaraan Konferensi    Pancanegara   II yang    berlangsung     tanggal    22-29 Desember   1954   di   Bogor   Jawa   Barat.   Konferensi   ini   sebagai pendahuluan dari Konferensi Asia Afrika.
2) Indonesia  ikut  memprakarsai   dan  sebagai  tempat  penyelenggaraan Konferensi Asia Afrika yang berlangsung pada tanggal 18-24 April 1955 di Gedung Merdeka Bandung Jawa Barat. Dalam konferensi ini   beberapa tokoh Indonesia menduduki peranan penting, di antaranya   adalah Ketua Konferensi Mr. Ali Sastroamidjoyo, Sekretaris Jenderal   Konferensi Ruslan Abdulgani, Ketua Komite Kebudayaan Mr. Muh.  Yamin, dan Ketua Komite Ekonomi Prof. Ir. Roseno.

2. Gerakan Non-Blok (GNB)

Gerakan Non-Blok  (GNB) atau Non-Align Movement  (NAM) adalah suatu  gerakan  yang   dipelopori   oleh  negara-negara   dunia  ketiga   yang beranggotakan lebih dari  100 negara-negara  yang berusaha menjalankan politik  luar  negeri  yang  tidak  memihak  dan  tidak  menganggap   dirinya beraliansi   dengan   Blok   Barat   atau   Blok   Timur.   Gerakan   Non-Blok dicetuskan antara lain oleh Ir. Soekarno. Konferensi Asia Afrika di Bandung merupakan      cikal      bakal      lahirnya      Gerakan      Non-Blok.      Tujuan diselenggarakannya  Konferensi  Asia  Afrika  adalah  mengidentifikasi  dan mendalami   masalah-masalah   dunia   pada   waktu   itu   dan   berusaha memformulasikan kebijakan  bersama  negara-negara  yang  baru  merdeka tersebut pada lingkup hubungan internasional.

a.  Latar Belakang berdirinya Gerakan Non-Blok

Berdirinya Gerakan No-Blok  di latar belakangi oleh hal-hal  sebagai berikut:

1)  Diilhami  Konferensi  Asia-Afrika  di  Bandung  (1955)  di  mana  negara- negara yang pernah dijajah perlu menggalang solidaritas untuk melenyapkan segala bentuk kolonialisme.
2)  Ketegangan    antara   Blok   Barat   dan   Blok   Timur   ini   mendorong terbentuknya GNB.

Adapun berdirinya Gerakan Non Blok diprakarsai oleh:
1)  Presiden Soekarno dari Indonesia,
2)  Presiden Gamal Abdul Nasser dari Republik Persatuan Arab-Mesir,
3)  Perdana Menteri Pandith Jawaharlal Nehru dari India,
4)  Presiden Josep Broz Tito dari Yugoslavia,
5)  Presiden Kwame Nkrumah dari Ghana.

b.  Asas dan Tujuan Gerakan Non-Blok

1)   Asas Gerakan No-Blok
a) Berusaha    untuk    mendukung    perjuangan    kemerdekaan    di berbagai tempat di dunia ini.
b) Memegang   teguh   perjuangan   dalam   melawan   kolonialisme, neokolonialisme, serta imperialisme.
2)  Tujuan Gerakan No-Blok
a) Mengembangkan       solidaritas      diantara      sesama      negara berkembang dalam mencapai persamaan, kemakmuran, serta kemerdekaan.
b) Turut serta dalam meredakan ketegangan dunia akibat pertikaian yang terjadi antara Blok Barat dan Blok Timur.
c)  Berusaha untuk membendung segala pengaruh buruk, baik itu yang berasal dari Blok Barat maupun Blok Timur

c.  Peran Indonesia dalam Gerakan Non-Blok

Negara Indonesia mempunyai peranan  yang cukup penting dalam Gerakan Non-Blok, diantaranya adalah sebagai berikut:
1)    Peranan    penting    Konferensi    Asia    Afrika    tahun    1955   bagi pembentukan      Gerakan      Non-Blok       menunjukan       keterlibatan Indonesia dalam Gerakan ini telah dilakukan sejak masih dalam  tataran ide.   Indonesia  pun   terlibat   aktif  dalam  persiapan penyelenggaraan KTT I Gerakan Non-Blok yang diselenggarakan di  Beograd,   Yugoslavia. Dengan   demikian,   Indonesia   termasuk  perintis   dan   pendiri    dari Gerakan  Non-Blok.   Keikutsertaan  Indonesia dalam Gerakan Non-Blok
sejak awal disebabkan oleh  kesesuaian prinsip gerakan dengan politik
luar negeri  Indonesia  yaitu bebas aktif.

2)  Indonesia menjadi tuan rumah KTT Gerakan Non Blok yang ke-110  di Jakarta  dan Bogor pada  tanggal  1 - 7 September  1992. Dalam  KTT tersebut berhasil merumuskan suatu kesepakatan bersama yang  dikenal dengan “Pesan Jakarta.” Yang di dalamnya terkandung visi  dari Gerakan Non-Blok, yaitu:

a)   Hilangnya keraguan dari anggota terkait relevansi Gerakan Non-  Blok setelah   berakhirnya   perang   dingin   dan   ketetapan   hati   untuk meningkatkan    kerja     sama    yang    konstruktif     serta    sebagai komponen integral dalam arus utama hubungan internasional.
b) Arah     Gerakan    Non-Blok     yang    lebih    menekankan     pada kerjasama ekonomi internasional dalam mengisi kemerdekaan  yang telah  berhasil  dicapai  melalui  cara-cara   politik  yang  menjadi ciri yang menonjol dari Gerakan No-Blok sebelumnya.
c) Adanya     kesadaran     untuk     semakin    meningkatkan     potensi ekonomi negara-negara anggota melalui peningkatan kerjasama Selatan-selatan.

3)   Pada masa kepemimpinannya di Gerakan Non-Blok, Indonesia telah mampu membawa  organisasi  tersebut  dalam  menentukan  arah  serta menyesuaikan diri terhadap  adanya perubahan-perubahan  yang terjadi secara   dinamis,   yaitu   dengan   cara   melakukan   penataan   kembali prioritas-prioritas  lama  organisasi  dan  menentukan  adanya    prioritas- prioritas baru  serta menetapkan  pendekatan  dan  orientasi   yang baru pula.  Indonesia  dianggap  telah  memberikan  warna  yang baru     bagi organisasi    tersebut,    diantaranya    adalah    dengan  menitikberatkan kerjasama  pada  pembangunan  ekonomi  yaitu  dengan menghidupkan
kembali dialog antara negara-negara selatan.

3. Organisasi Kerjasama Islam (OKI)

Pada  awal  pendirian  Organisasi  Kerjasama  Islam  difokuskan  untuk menemukan solusi konflik Timur Tengah, yang melibatkan Dunia Arab dan Israel. Akan  tetapi dalam perkembangannya,  OKI ikut mengurusi berbagai permasalahan  di  negara-negara  mayoritas  muslim  atau  pun  minoritas muslim.  Organisasi  Kerjasama  Islam  yang  semula  bernama  Organisasi Konferensi  Islam  ini  dibentuk  berdasarkan   KTT   Islam  pertama   yang diselenggarakan pada  tanggal 22-25  September  1969 di Rabat,  Maroko. KTT ini melahirkan Organisasi Konferensi Islam (OKI) atau Organization   of the Islamic Conference (OIC), yang secara resmi diproklamasikan pada bulan Mei  1971. OKI merupakan  satu-satunya organisasi antar pemerintah   yang mewakili umat Islam dunia. Organisasi ini beranggotakan 57 negara termasuk Indonesia, yang mencakup tiga kawasan yaitu Asia, Arab dan  Afrika. Pada awal pembentukannya, terdapat empat tujuan utama dari OKI,  yaitu: 
a) Untuk menggalang solidaritas Islam dikalangan para anggotanya, 
b) Konsolidasi dan kerjasama  dikalangan para  anggotanya di bidang-  bidang ekonomi, sosial, budaya, iptek, dan bidang-bidang lain yang  dianggap penting, 
c) Melakukan konsultasi  dan  kerja  sama  dikalangan  negara-negara anggota di berbagai organisasi internasional, dan 
d)     Mengeliminasi   diskriminasi   rasial   dan kolonialisme  dalam  segala  bentuknya.



source : Modul Belajar Mandiri PPPK IPS Geografi, Pembelajaran 5. Interaksi Antarwilayah. Kemdikbud

Baca Juga

Bagikan Artikel



Komentar