Teks Deskripsi : Pengertian, Ciri, Struktur, Kaidah Kebahasaan, dan Contoh Teks Deskripsi


Teks Deskripsi : Pengertian, Struktur, Kaidah Kebahasaan, dan Contoh Teks Deskripsi
Teks Deskripsi 

Pengertian Teks Deskripsi

Salah satu keterampilan pertama yang muncul oleh pengguna bahasa adalah menggambarkan atau mendeskripsikan sesuatu. Keterampilan ini paling banyak digunakan di semua di area pembelajaran. Deskripsi memungkinkan pengkategorian atau klasifikasi berbagai pengalaman, pengamatan, dan interaksi yang hampir tak terbatas (Knapp & Watkins, 2005: 97). 

Penjelasan juga digunakan secara luas dalam banyak jenis teks, seperti laporan informasi, deskripsi sastra, deskripsi deskriptif. Genre teks deskripsi kemudian banyak diartikan sebagai tulisan dimana gagasan utamanya itu disampaikan dengan cara menggambarkan dengan secara jelas objek, tempat, atau peristiwa yang sedang menjadi topik atau tema kepada pembaca sehingga si pembaca seolah-olah merasakan langsung apa yang sedang diungkapkan di dalam teks tersebut. Ada 3 (tiga) macam teks deskripsi yang sering dikenal, yakni subjektif (penggambaran objek oleh kesan penulis), spatial (penggamabaran objek yang berupa tempat, benda, atau ruang), dan objektif (penggambaran keadaan pada objek tanpa penambahan suatu opini penulis).

Teks deskripsi adalah teks yang memerinci suatu objek dengan sejelas-jelasnya. Untuk memerinci dengan sejelas-jelasnya, kalimat yang digunakan pada teks deskripsi melibatkan kesan indra, sehingga pembaca benar-benar merasakan, melihat, atau mendengar objek yang dideskripsikan. Selain itu, kata-kata yang digunakan pada teks deskripsi menggunakan kata-kata khusus yang mengkonkretkan objek dan bersifat personal dengan emosi yang kuat. 

Singkatnya, ini adalah teks yang menggambarkan sebuah peristiwa secara rinci seolah olah pembaca sedang merasakan peristiwa itu. Dengan kata lain, Teks deskipsi merupakan sebuah tulisan yang isinya bertujuan memberi gambaran suatu obyeka kepada pembaca secara rinci dan jelas. Atau lebih lengkap dari perincian tersebut, bahwa paragraf deskripsi adalah karangan yang menggambarkan sesuatu benda, tempat, suasana atau keadaan.

ciri ciri Teks Deskripsi

 Adapun ciri bagian teks yang disebut identifikasi dalam teks deskripsi adalah: 

  1. Berisi kalimat definisi yang memberikan gambaran secara umum objek yang akan dideskripsikan. 
  2. Berisi kalimat penjelas yang memberikan keterangan lebih lanjut mengenai objek tersebut yang dianggap memiliki kelebihan daripada objek lainnya. 
  3. Ciri bagian teks yang disebut deskripsi bagian adalah berisi penjelasan objek-objek yang terkait. Pada bagian ini terdapat pula kalimat definisi dan kalimat penjelas yang diuraikan per bab. 
  4. Ciri bagian simpulan teks deskripsi adalah berisi mengenai manfaat yang diperoleh dari objek yang dideskripsikan.

Ada beberapa tujuan yang ingin dicapai oleh penulis teks deskripsi, antara lain sebagai berikut.

1)  Agar orang yang membaca teks tersebut seolah-olah sedang merasakan apa yang sedang di jelaskan di dalam teks tersebut.

2)  untuk memberikan penjelasan kepada tiap-tiap pembaca mengenai/tentang suatu objek dengan secara utuh, hal ini dalam upaya agar mereka dapat dengan tepat dan cepat memahami tema yang disajikan didalam sebuah teks deskripsi.

3)  Karena teks deskripsi diperoleh dari hasil observasi, teks ini mempunyai tujuan untuk memberikan informasi yang jelas mengenai suatu benda atau juga objek sesuai dengan data serta fakta yang diperoleh oleh si penulis teks. 

Struktur Teks Deskripsi

Dalam menelaah teks deskripsi maka yang perlu dilatihkan oleh guru kepada siswa tentunya mengenai struktur teks deskripsi. Ada empat (4) struktur yang menyusun teks deskripsi agar menjadi satu keutuhan, yakni sebagai berikut.

a) Identifikasi.Penentu identitas seseorang, benda, dan sebagainya. 

b) Klasifikasi. Penyusunan secara bersistem dalam sebuah kelompok dengan menurut  kaidah atau standar yang sudah ditetapkan. 

c)   Deskripsi bagian. Bagian teks yang berisi mengenai gambaran-gambaran bagian didalam teks tersebut atau lebih mudahnya, deskripsi bagian ini adalah pengklasifikasian yang  dijelaskan secara lebih   rinci   dengan   memberikan  suatu   gambaran- gambaran yang jelas. 

d) Penutup. Kesimpulan atau penegasan hal-hal yang penting.

Kaidah Kebahasaan Teks Deskripsi

Kaidah Kebahasaan Teks Deskripsi. Berikut merupakan kaidah kebahasaan teks deskripsi.

1)  Menggunakan kata benda sesuai dengan topik yang dideskripsikan, misalnya: Buku-buku itu tertata rapi di rak.

2)  Menggunakan frasa yang mengandung kata benda, contohnya: Beliau ialah orang tua asuh yang baik hati, dll.

3)  Mengandung kata sifat yang menggambarkan sesuatu, misalnya: Siswa- siswa tampak serius mendengarkan penjelasan guru.

4)  Mengandung kata kerja transitif untuk dapat memberikan informasi subjek.

Seperti: Siswi itu mengenakan seragam pramuka.

5) Mengandung kata kerja (perasaan,  pendapat)  dengan  tujuan  ialah mengungkapkan sebuah  pandangan pribadi  si  penulis  mengenai/tentang sebuah subjek, contohnya: Saya pikir tulisan ini mengisnpirasi anak muda.

6)  Mengandung kata keterangan untuk memberikan sebuah informasi tambahan mengenai suatu objek, seperti: Dia berlari dengan kencang karena takut terlambat masuk kelas.

7)  Mengandung bahasa kiasan berupakan sebuah perumpamaan atau metafora.

Seperti: Kulitnya putih bersih seperti kapas putih. 

Contoh Teks Deskripsi

Contoh membelajarkan cara telaah struktur retorik teks deskripsi.

Teratai

Identifikasi 

Teratai adalah sekelompok dalam marga Plumeria. Bentuknya berupa pohon kecil dengan daun jarang namun tebal. Bunganya yang harum sangat khas, dengan mahkota berwarna putih hingga merah keunguan, biasanya lima helai.

Deskripsi 

Bunga dengan empat atau enam helai mahkota bunga oleh masyarakat tertentu dianggap memiliki kekuatan gaib. Ia berasal dari Amerika Tengah. sekarang ia merupakan pohon yang sangat populer di Pulau Bali karena ditanam di hampir setiap pura serta sudut kampung, dan memiliki fungsi penting dalam kebudayaan setempat. Di beberapa tempat di Nusantara, termasuk

Penutup 

Karena keindahannya yang begitu menawan, banyak orang suka menanam bunga teratai di taman rumah atau di taman gedung-gedung penting.

Baca Juga

Bagikan Artikel



Komentar