Identifikasi Makhluk Hidup


Dalam mengkaji keanekaragaman makhluk hidup, para ilmuwan telah membuat sistem klasifikasi yang biasa kita gunakan. Sebenarnya, untuk keperluan pribadi, kita juga dapat membuat sistem klasifikasi sederhana berdasarkan karakter yang kita inginkan. Hal lain yang tak kalah penting setelah pengklasifikasian makhluk hidup, Anda harus dapat melakukan proses identifikasi suatu organisme. Identifikasi merupakan suatu proses yang dapat kita lakukan untuk menentukan atau  mengetahui  identitas  dari  suatu  jenis  organisme.  Banyak  metode  yang dapat   kita   gunakan   untuk   mengetahui   identitas   suatu   jenis   organisme, diantaranya dengan konfirmasi langsung kepada ahlinya, mencocokkan dengan spesimen, atau dengan menggunakan suatu instrumen yaitu kunci identifikasi atau kunci determinasi. Kunci determinasi tersebut merupakan serangkaian pertanyaan yang dapat menggiring kita sehingga dapat mengetahui nama dari jenis organisme yang ingin kita ketahui identitasnya.

jadi dapat disimpulkan Identifikasi makhluk hidup adalah upaya mencocokkan suatu jenis makhluk hidup dengan kategori tertentu yang telah diklasifikasikan dan diberi nama secara ilmiah oleh para ahli.

Dalam skala kecil misalnya, Anda dapat merancang suatu kunci determinasi untuk jenis-jenis tumbuhan yang ada di sekitar sekolah. Kunci determinasi tersebut dibuat dengan menyusun serentetan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan karakter dari berbagai jenis tumbuhan tersebut. Untuk menguji kunci determinasi yang sudah Anda rancang, Anda dapat melakukannya dengan cara meminta kawan lain untuk mengidentifikasi jenis-jenis tumbuhan yang tercantum. Jika ia dapat mengidentifikasi suatu jenis tumbuhan dengan tepat, maka kunci determinasi tersebut sudah baik.

Model dari kunci determinasi bermacam-macam, namun yang paling sering digunakan adalah model dikotomi. Kunci dikotomi ini disusun atas dasar pengelompokkan ciri-ciri makhluk hidup menjadi dua kelompok yang berbeda. Dengan  menggunakan  dasar  persamaan  dan  perbedaan  sifat  ciri  (character state)  makhluk   hidup   tersebut,  selanjutnya   dilakukan   pengelompokkan lagi menjadi dua kelompok kembali hingga akhirnya diperoleh sifat ciri yang spesifik yang langsung merujuk pada identitas jenis suatu organisme. 

Oleh karena itu dalam ilmu klasifikasi, tidak terlepas dari pengetahuan kita terhadap karakter-karakter yang dijadikan acuan untuk pengelompokan. Misalnya jika kita akan mengelompokan berbagai jenis tumbuhan di lingkungan sekolah berdasarkan morfologi bunga, buah, daun, batang, dan akar, maka kita harus memahami berbagai tipe morfologi dari organ-organ tumbuhan tersebut. Agar dapat digunakan oleh orang lain, maka istilah yang digunakan harus istilah ilmiah yang umum.

Dalam perancangan kunci determinasi model dikotomi, pada setiap nomor selalu disusun dua pernyataan yang saling berkebalikan. Pada setiap pernyataan akan diteruskan menuju nomor baru yang akan mengarahkan pada dua pernyataan berikutnya, hingga pada akhirnya akan berhenti pada nama/identitas dari organisme tersebut. Untuk lebih jelasnya coba Anda perhatikan contoh kunci determinasi dibawah ini (dikutip dari Van Steenis, 1997)

1. Herba berakar banyak, menjalar.................................. 2
Perdu atau pohon ........................................................ 3
2 Bunga tunggal ............................................................. Dentella
Bunga dalam karangan ............................................... Geocardia
3 Beberapa bunga paling luar memiliki taju kelopak
membesar seperti daun, mahkota oranye ................... Mussaenda
Tidak terdapat taju kelopak yang menyerupai daun .... 4
4 Mahkota selalu rangkap............................................... Gardenia
Mahkota tidak rangkap ................................................ 5
5 Bunga dalam bongkol .................................................. Morinda
Bunga dalam anak payung menggarpu ....................... 6
6 Bunga duduk, panjang kelopak 5-7 mm, bertangkai
panjang, tumbuh di ketiak daun ................................... Guettarda
Bunga bertangkai pendek, panjang kelopak 1-2 mm .. 7
7 Karangan bunga di ketiak daun ................................... Coffea
                Karangan bunga di ujung (terminal) ............................ 8

8   a. Tangkai putik 2 kali panjang tabung mahkota ............. Pavetta

b. Tangkai putik sedikit lebih panjang dari tabung mahkota
……………………………………………………................ Ixora

Kunci determinasi tersebut merupakan kunci dikotomi karena selalu bercabang dua, jika dibuat bagannya maka akan seperti Gambar 


Gambar   Model kunci determinasi dikotom

Gambar   Model kunci determinasi dikotom

Biasanya untuk memudahkan dalam pembuatan kunci determinasi, pernyataan yang dibuat pertama kali adalah pernyataan mengenai sifat ciri morfologi yang paling umum terlebih dahulu, kemudian selanjutnya diikuti dengan sifat ciri yang semakin spesifik.




Sumber: Modul PKB (Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan) Biologi SMA Kelompok Kompetensi B, Bab Klasifikasi

Penulis: Zaenal Arifin, M. Si


Baca Juga

Bagikan Artikel



Komentar