Fungsi Otot dan 3 Jenis Jaringan Otot Sistem Gerak Manusia


a.   Fungsi Otot

Otot adalah penggerak bagian- bagian tubuh, sehingga otot disebut alat gerak aktif. Hampir 35 hingga 40 persen massa tubuh adalah jaringan otot seperti yang ditunjukkan pada Gambar   Otot adalah jaringan yang dapat berkontraksi menjadi lebih pendek. Proses kontraksi ini mengakibatkan bagian-bagian tubuhmu bergerak. Pada kontraksi ini diperlukan energi
Gambar  .Otot pada Manusia

Gambar  .Otot pada Manusia
Sumber: Marieb et al. 2012

Otot yang bekerja di bawah kesadaran adalah otot yang kerjanya dapat Andakendalikan. Prinsipkerja otot  iniadalah dapat  dikendalikan, artinya  Anda dapat mengendalikan apakah harus menggerakkan atau tidak menggerakkan otot- otot tersebut. Sebagai contohnya, kerja otot- otot pada saat Anda makan, menulis, berlari serta aktivitas-aktivitas lainnya yang Anda lakukan secara sadar. Selain otot yang bekerja di bawah kesadaran, ada juga otot yang bekerja di luar kesadaran. 

Otot yang bekerja di luar kesadaran adalah otot yang tidak dapat Anda kendalikan secara sadar. Prinsip kerja otot ini adalah tidak dapat dikendalikan, artinya Anda tidak    dapat    mengendalikan   apakah    harus    menggerakkan    atau    tidak menggerakkan otot-otot tersebut. Otot-otot tersebut bekerja sepanjang hari, sepanjang hidup di luar kesadaran Anda. Contoh dari aktivitas otot ini antara lain aktivitas jantung untuk selalu memompa darah ke seluruh tubuh, aktivitas otot-otot lambung untuk mencerna makanan secara mekanik.

apakah yang akan terjadi pada diameter otot lengan Anda ketika meluruskan atau membengkokkan tangan. Diameter lengan Anda akan membesar karena otot lengan dalam keadaan kontraksi. Pada saat melakukan kontraksi otot akan memadat dan memendek, sehingga pada saat diukur diameter otot akan membesar. Sebaliknya, pada saat otot dalam keadaan relaksasi, otot akan memanjang, sehingga pada saat diukur diameter otot akan mengecil.

Sekarang Anda  telah  mengetahui  prinsip  kerja  dari  otot.  Anda harus banyak bersyukur kepada Tuhan karena Tuhan telah menciptakan otot-otot tersebut sehingga seluruh aktivitas tubuh dapat bekerja terus tanpa harus Anda kendalikan. Bayangkan jika Tuhan tidak menciptakan otot-otot tersebut, maka Anda tidak akan dapat tidur dengan pulas karena Anda harus mengontrol otot jantung agar tetap dapat memompa darah ke seluruh tubuh selama Anda tidur.

b.    Tiga Jenis Jaringan Otot

Untuk mempelajari jaringan otot, simaklah penjelasan berikut ini!

1)        Otot Rangka

Otot Rangka adalah otot yang paling banyak terdapat di dalam tubuh. Jika diamati di bawah mikroskop, sel-sel otot rangka terlihat bergaris-garis melintang, sehingga otot ini juga disebut dengan otot lurik. Otot rangka melekat pada tulang dengan perantaraan tendon. 

Tendon adalah pita tebal, berserabut, dan liat yang melekatkan otot pada tulang. Otot rangka tergolong otot sadar. Anda dapat mengontrol penggunaan otot ini. Anda dapat menentukan kapan berjalan dan kapan tidak. Otot rangka cenderung cepat berkontraksi dan cepat lelah. Agar Anda mengetahui posisi otot rangka yang melekat pada tendon
Gambar  Tiga Jenis Otot pada Tubuh Manusia
Gambar  Tiga Jenis Otot pada Tubuh Manusia
Sumber: Reece et al. 2012

2)        Otot Polos

Otot polos terdapat pada dinding lambung usus halus, rahim, kantung empedu, dan pembuluh darah.  Otot  polos  berkontraksi  dan berelaksasi dengan lambat. Otot ini berbentuk gelendong serta memiliki sebuah inti pada tiap selnya. Berdasarkan cara kerjanya, otot polos tergolong dalam otot tak sadar.

3)        Otot Jantung

Otot jantung hanya ditemukan di jantung. Otot jantung mempunyai garis-garis seperti otot rangka. Sebaliknya, cara kerja otot jantung mirip otot polos karena tergolong otot tidak sadar. Otot jantung berkontraksi sekitar 70 kali per menit sepanjang hari selama hidupmu. Anda mengetahui bahwa otot jantung berkontraksi pada saat jantung berdenyut. Otot ini tidak dapat dikontrol oleh kemauan sadarmu.
Tahukah Anda bahwa ternyata otot kita juga ada yang bekerja secara berlawanan. Maksudnya pada saat melakukan   sebuah   gerakan meskipun gerakan itu dilakukan secara bersamaan tetapi proses kontraksi dan relaksasi antara otot satu dengan otot lainnya berlangsung secara berlawanan. Agar Anda lebih memahami maksud dari pernyataan di atas, perhatikan Gambar 

Gambar  .Mekanisme Kerja dari Otot Bisep dan Otot Trisep

Gambar  .Mekanisme Kerja dari Otot Bisep dan Otot Trisep
Sumber: Reece et al. 2012

Pada gambar tersebut terlihat jelas bahwa pada saat tangan dilipat, otot bisep berkontraksi sedangkan otot  trisep relaksasi. Sebaliknya, pada  saat  tangan  direntangkan, otot  bisep relaksasi sedangkan otot trisep berkontraksi.
Baca Juga

Bagikan Artikel



Komentar