Mikroskop : Mikroskop Cahaya dan Mikroskop Elektron



Mikroskop merupakan suatu alat yang digunakan untuk meneliti objek-objek yang ukurannya sangat  kecil  (disebut  mikroskopis), seperti  sel  misalnya. Ilmuwan Belanda bernama Antonie van Leeuwenhoek (1632–1723) merancang sebuah mikroskop kecil berlensa tunggal  . Mikroskop itu digunakan untuk mengamati air rendaman jerami. Ia menemukan organisme yang bergerak-gerak di dalam air, yang kemudian disebut Protozoa. Antonie van Leeuwenhoek merupakan orang pertama yang menemukan sel hidup. Ada dua jenis mikroskop yang umum digunakan saat ini yaitu mikroskop cahaya dan mikroskop elektron. 


Gambar  . Mikroskop Antonie van Leeuwenhoek

Sumber: https://micro.magnet.fsu.edu

a.   Mikroskop Cahaya

Jenis mikroskop ini merupakan mikroskop yang memanfaatkan cahaya sebagai sumber energi. Mikroskop cahaya contohnya adalah yang sering digunakan di sekolah. Sumber cahaya yang digunakan biasanya dari cahaya matahari, bisa juga dari cahaya lampu dengan sumber listrik. Benda dapat diperbesar dengan 40 kali, 100 kali, 400 kali, bahkan 1000 kali dengan bantuan mikroskop cahaya. Ilmu yang mempelajari tentang benda kecil yang diamati dengan mikroskop disebut mikroskopi.

b.   Bagian-Bagian Mikroskop Cahaya

Bagian mikroskop   dibagi menjadi dua bagian yaitu bagian optik dan bagian mekanik.

b.   Bagian-Bagian Mikroskop Cahaya


Gambar  . Mikroskop Cahaya

Sumber: https://www.berpendidikan.com 

c.   Bagian Optik

1)   Lensa Okuler

Lensa okuler yaitu ada di ujung paling atas, digunakan untuk melihat objek melalui lensa. Lensa okuler berfungsi memperbesar bayangan dengan perbesaran 6 kali, 10 kali, atau 12 kali.

2)   Lensa Objektif

Lensa objektif yaitu lensa yang paling dekat dengan objek. Terdapat tiga lensa objektif dengan perbesaran 10 kali, 40 kali, 100 kali atau juga ada yang 1000 kali pada jenis mikroskop terbaru. Saat menggunakan lensa objektif, perlu diberi minyak pelumas karena benda atau objek pada pembesaran 100 kali bisa sampai menempel atau bersentuhan dengan lensa. Untuk memperjelas gambaran benda, maka diberikanlah minyak pelumas atau minyak emersi.

3)   Kondensor

Kondensor merupakan bagian yang bisa diputar naik turun berfungsi untuk memusatkan objek atau benda serta memperjelas cahaya yang dipantulkan oleh cermin.

4)   Diafragma

Benda atau objek mikro biasanya diletakkan pada preparat atau lempengan kaca yang di jepitkan pada tatakan bawah lensa. Diafragma berfungsi mengatur seberapa banyak cahaya yang digunakan untuk melihat objek pada preparat.

5)   Cermin

Cermin berada pada posisi bawah berbentuk bulat dan berfungsi menerima dan memantulkan cahaya ke arah preparat agar objek yang sedang diamati bisa terlihat jelas. Cermin bisa diarahkan ke segala arah untuk mendapatkan pencahayaan yang cukup terang. 

d.   Bagian Mekanik

1)   Revolver

Revolver merupakan bagian yang digunakan untuk mengatur seberapa banyak perbesaran lensa yang diinginkan. Revolver bisa diatur dengan memutarnya sesuai dengan perbesaran yang tertera atau tertulis.

2)   Tabung Mikroskop

Tabung mikroskop ini yang berbentuk panjang karena merupakan penghubung antara lensa objektif dan lensa okuler pada mikroskop.

3)   Lengan Mikroskop

Lengan mikroskop merupakan tempat pegangan untuk pengamat. Lengan mikroskop ini untuk memberi kenyamanan bagi pengamat saat menggunakan mikroskop.

4)   Meja Benda

Meja benda merupakan tatakan tempat objek atau preparat diletakkan. Pada meja tersebut terdapat penjepit di kanan dan kiri meja benda yang berfungsi untuk menjaga agar preparat tidak bergeser.

5)   Makrometer

Makrometer merupakan bagian untuk menaikkan atau menurunkan tabung mikroskop secara cepat dengan tujuan memperjelas gambaran pada objek.

6)   Mikrometer

Makrometer merupakan bagian untuk menaikkan atau menurunkan tabung mikroskop secara lambat dengan tujuan memperjelas gambaran pada objek.

7)   Kaki Mikroskop

Kaki  mikroskop merupakan bagian dasar yang  menopang mikroskop secara keseluruhan, dan juga penyangga saat mikroskop akan dipindahkan. Pada umumnya kaki mikroskop ini berbentuk persegi empat. 

8)   Sendi Inklinasi

Pengatur sudut atau tegaknya mikroskop sesuai dengan kenyamanan pengamat. Sendi inklinasi ini bisa ditegakkan atau dibungkukkan tergantung kenyamanan pengamat dan disesuaikan dengan arah lensa okulernya.

e.   Cara Penggunaan Mikroskop

Ketika ingin mengangkat atau memindahkan mikroskop, peganglah lengan mikroskop dengan satu tangan dan tangan yang lain menopang bagian bawah mikroskop . Letakkan di tempat yang dekat dengan sumber cahaya. Pasanglah lensa okuler dan hadapkan tepat dengan kenyamanan Anda.

Untuk mendapatkan penglihatan yang baik, Anda bisa memperkecil gambaran lensa yang searah antara lensa objektif dan lensa okuler. Dapatkan gambaran objek  dengan  perbesaran paling  kecil  terlebih  dahulu  untuk  menilai  kualitas gambaran objek secara keseluruhan. Baru perbesarlah sedikit demi sedikit dan sesuaikan agar terlihat lebih jelas   

Putar-putar cermin untuk mendapatkan pencahayaan yang cerah. Lihatlah melalui lensa okuler apakah medan atau area pengamatan sudah tampak terang atau belum. Jika sangat terang maka area pengamatan akan tampak putih, dan tampak suram ketika cahaya yang didapatkan kurang. Pastikan Anda mendapatkan cahaya yang baik agar tidak mempengaruhi hasil pengamatan. Cahaya yang digunakan bisa pantulan dari cahaya matahari atau cahaya lampu, namun biasanya cahaya matahari lebih cerah dan membuat objek lebih jelas.

Letakkan preparat objek yang akan diamati di meja benda dan jepitlah sisi kiri dan kanannya agar tidak bergeser 

Lakukan secara tepat sehingga cahaya bisa menembus kaca benda dan tampak objek terlihat dengan jelas


Gambar  . Meletakan preparat

Sumber: https://www.wikihow.com 

Dua cara untuk mencari fokus objek :

(1) Perbesaran lemas : lensa okuler disetel pada perbesaran 5 kali dan lensa objektif 10 kali, hal ini menyatakan bahwa preparat diamati pada perbesaran 50 kali. Anda juga bisa memutar mutar makrometer untuk mendapatkan gambaran objek yang jelas.
(2) Perbesaran kuat : lensa okuler dengan perbesaran 12,5 ditambah lensa objektif 60 kali memiliki arti bahwa pengamatan yang dilakukan dengan perbesaran 750 kali. Perbesaran ini sangat besar sehingga lensa bisa mendekat atau menyentuh preparat. Sehingga, preparat terlebih dahulu perlu ditutup dengan kaca penutup lalu kondensor dinaikkan sampai menyentuh kaca. Kaca pelapis ini berfungsi agar preparat tidak rusak karena bersentuhan dengan lensa mikroskop. Kemudian, Diafragma dibuka selebar-lebarnya dan lensa objektif diturunkan sampai menyentuh kaca preparat. Untuk mendapatkan gambaran yang jelas, putar-putar makrometer sampai terlihat objek dengan jelas 
Gambar. Pengaturan makrometer untuk melihat objek lebih jelas

Sumber:https://www.wikihow.com

Setelah selesai menggunakan, bersihkan mikroskop sebelum disimpan dengan xylol. Simpan mikroskop di tempat yang kering dan bersih.

f.    Mikroskop Elektron

Mikroskop  elektron  memanfaatkan  elektron  sebagai  sumber  energi.  Jenis mikroskop ini menggunakan magnet sebagai pengganti lensa. Mikroskop elektron lebih unggul daripada mikroskop cahaya dalam hal memperbesar objek bisa hingga jutaan kali

Mikroskop Elektron
Gambar  . Mikroskop Elektron

Sumber: Inquiry into Life, Mader, S (1982)

Mikroskop elektron ada dua macam, yaitu mikroskop elektron skaning (SEM : Scanning Electron Microscope) dan mikroskop elektron transmisi (TEM : Transmission Electron Microscope). Mikroskop elektron skaning digunakan untuk mengamati secara detail permukaan sel, sedangkan mikroskop elektron transmisi digunakan untuk mengamati struktur internal sel. Perhatikan hasil pengamatan suatu objek menggunakan tiga jenis mikroskop yang berbeda  

Jenis  mikroskop  ini  jarang  digunakan sebagai  alat  pembelajaran di  sekolah sehingga jarang ditemui. Mikroskop semacam ini mungkin digunakan oleh para peneliti profesional untuk mendapatkan gambaran objek yang jelas hingga jutaan kali lipat pembesaran

Perbedaan hasil pembesaran mikrokop cahaya dan mikroskop electron

Gambar  . Perbedaan hasil pembesaran mikrokop cahaya dan mikroskop electron

Sumber: Inquiry into Life, Mader, S (1982)


modul belajar mandiri pppk ips biologi , Pembelajaran 1. Sel, Organ, dan Kelangsungan Hidup, Kemdikbud


Baca Juga

Bagikan Artikel



Komentar